cara install laptop

Cara Install Laptop Yang Benar dan Tepat

Menginstal ulang bisa mengembalikan performa laptop Kamu ke keadaan baru. Perihal ini berarti kala laptop Kamu di serbu oleh malware ataupun virus. Terkadang kesalahan sistem pula membutuhkan penginstalan ulang. Menginstal ulang laptop dapat di coba sendiri, serta tidak butuh memakai jasa reparasi pc. Saat sebelum melaksanakan instal ulang laptop, hendaknya perhatikan cara install laptop berikut ini:

Persiapan

Buat proses instal ulang, Kamu tidak bisa menginstal ulang secara seketika. Terdapat banyak persiapan yang wajib dicoba saat sebelum mengawali instalasi ulang. Buat hal- hal semacam backup, catat serial number serta siapkan pula drivernya.

Langkah awal cara install laptop: Cadangkan file penting

cara install laptop

Sepanjang penginstalan ulang, seluruh file bisa jadi terbawa- bawa ataupun apalagi dihapus. Keputusan instal ulang yang baik pula mewajibkan penghapusan seluruh file di hard drive terlebih dulu. Buat membenarkan file Kamu masih bisa di akses kembali, buat cadangan file Kamu terlebih dulu.

Metode termudah merupakan dengan membuat kopian dokumen serta file yang tidak mau Kamu hilangkan. Kamu bisa memakai flash drive USB ataupun hard drive eksternal. Metode lain merupakan dengan memakai media penyimpanan cloud. Kamu bisa mengunggah seluruh file yang mau Kamu simpan ke media penyimpanan cloud Kamu serta mengunduhnya ke laptop Kamu kala penginstalan ulang berakhir. Salah satu Contoh media penyimpanan cloud merupakan Google Drive.

Langkah 2: Catat no seri

Nyaris tiap program yang Kamu instal di laptop Kamu mempunyai no seri. Paling utama dalam program berbayar. Serial number ini berarti supaya program dapat di restore buat di gunakan nanti di kala install ulang laptop berakhir.

Kamu bisa jadi tidak butuh mencadangkan file program, namun no seri lebih berarti. Pemasang bisa mengunduh sebagian program, namun tanpa no seri, program tidak hendak ada. Buat membenarkan no seri Kamu nyaman, Kamu bisa membuat catatan secara manual ataupun memakai perlengkapan semacam Belarc Advisor. Perlengkapan ini hendak menciptakan seluruh program yang Kamu pakai di laptop Kamu serta mendaftarkan seluruh no seri. Aplikasi ini free maksudnya free. Jadi yang wajib Kamu jalani merupakan mengunduh, menginstal, serta memakai.

Langkah Ketiga: Mempersiapkan Driver

Supaya hardware laptop bisa bekerja dengan baik, pastinya di perlukan driver. Ini sesungguhnya tidak lagi di butuhkan di Windows 10 sebab fitur ini secara otomatis mengetahui fitur keras serta menginstal driver. Tetapi, untuk Kamu yang tidak mempunyai Windows 10 ataupun koneksi internet yang mudah, ini merupakan sesuatu keharusan.

Kamu dapat memperoleh driver dengan terlebih dulu mencari di Internet ataupun menyalinnya dari sahabat. Sebagian titik layanan pula menawarkan layanan instalasi driver. Bisa jadi butuh sebagian di kala buat mengunduh seluruh driver ini. Tetapi paling tidak Kamu tidak butuh takut laptop Kamu tidak berperan sebab tidak mempunyai driver.

Proses Instal Laptop

Sehabis seluruh persiapan di coba, saat ini saatnya mengenali langkah- langkah serta metode menginstal ulang laptop. Sesungguhnya terdapat 2 metode buat memilah. Metode awal merupakan dengan mereset laptop. Opsi ini cuma ada di Windows 10. Fitur ini menghapus seluruh file di laptop kecuali yang terdapat di pengaturan pabrik.

Opsi lain merupakan melaksanakan pemformatan manual. Ini sedikit lebih rumit daripada opsi awal, namun di pastikan lebih bersih buat menghapus file. Buat menjauhi kesalahan, ikuti langkah- langkah buat tiap opsi berikut dengan teliti:

Opsi 1: Instal ulang dengan memilah Pulihkan ke kondisi baru

  • Saat ini buat mengawali proses pemulihan ke kondisi baru, jalani perihal berikut:
  • Buka menu” Mulai” serta klik ikon roda gigi. Sehabis itu, Kamu masuk ke menu” Pengaturan”.
  • menu ini, cari opsi” Pembaharuan and security”
  • Di menu ini, klik tulisan” Recovery”
  • Sehabis mengklik, Kamu hendak memandang opsi” Reset this Komputer” serta” Advance start- up”
  • Tekan lik tombol” Start” di dasar” Reset this Komputer”
  • Suatu jendela opsi hendak timbul di mana Kamu bisa melaksanakan reset bersih dengan menghapus seluruh file kecuali Windows ataupun melindungi file individu. Pada opsi kedua, file yang dihapus merupakan program, aplikasi, serta file terpaut. Jadi file dan dokumen lainnya, gambar, serta video individu Kamu senantiasa aman.
  • Klik pada apa yang mau Kamu instal ulang. Instruksi Windows timbul serta Kamu mengikutinya.
  • Mengembalikan ke” kondisi baru” umumnya memakan waktu lama, bergantung pada dimensi file yang hendak di bersihkan. Sehabis proses berakhir, laptop hendak kembali ke keadaan semula kala Kamu membeli laptop ini serta melaksanakan booting.

Opsi 2: Instal ulang dalam format manual

Tata cara ini umumnya di gunakan buat menginstal ulang laptop yang sangat universal. Tata cara ini tidak cuma ada buat sistem pembedahan tidak hanya Windows 10, namun pula bisa menghapus file yang terinfeksi malware serta virus. Meninggalkan file cuma hendak menyebarkan malware kesekian kali.

Saat sebelum mengawali metode ini, Kamu wajib mempunyai file instalasi Windows 10 berbentuk disk ataupun CD dengan serial number. Bila demikian, saat ini saatnya buat mensterilkan file Kamu! Proses pembersihan ini lebih baik bila Kamu memakai program pembersihan semacam DBAN. DBAN( Darik Boot And Nuke) merupakan program yang mensterilkan seluruh file sampai betul- betul bersih dari hard drive. Yang wajib Kamu jalani merupakan mengunduhnya secara free serta membakar file ini ke CD.

Nah, sehabis berakhir, masukkan CD ke laptop Kamu serta mulai. Selesaikan proses boot selaku berikut

  • Mulai ulang laptopnya. Di tengah proses boot, klik Esc, F1, F2, F8 ataupun F10. Tombol ini bergantung pada tipe laptop.
  • Hendak timbul opsi serta seleksi” Bus Setup”.
  • Buka tab” Startup” di menu bios.
  • Buat sorotan boot di
  • opsi perekaman drive CD serta keluar.
  • Saat ini proses boot membaca CD DBAN serta bisa digunakan buat menghapus file dari laptop. Langkah- langkahnya selaku berikut:
  • Klik Enter buat membuka DBAN
  • Kala menu DBAN timbul, klik[J] serta[K] buat memilah drive yang mau Kamu wipe.
  • Tekan spasi pada keyboard Kamu buat memilah driver.
  • Sehabis seluruhnya di seleksi, klik F10 buat mengawali proses uninstall.
  • Sehabis proses berjalan, Kamu tidak bisa menghentikannya. Yakinkan pula dikala proses lagi berjalan, laptop di charge supaya baterai tidak habis, sebab prosesnya dapat memakan waktu lama.
  • Sehabis proses berakhir, laptop Kamu saat ini hendak kosong. Saat ini saatnya install ulang laptop dengan file Windows yang telah di siapkan lebih dahulu. Ikuti langkah- langkah ini
  • Masukkan CD Windows yang sudah disiapkan lebih dahulu ke dalam drive.Laptop hendak mengidentifikasi CD ini serta boot dari CD.Langkah- langkah instalasi Windows hendak timbul serta Kamu bisa menjajaki petunjuknya.

Pada langkah terakhir saat sebelum instalasi, Kamu umumnya di mohon buat memasukkan serial number buat Windows. Masukkan no seri serta instalasi hendak di awali.

Tunggu sampai proses instalasi berakhir serta laptop Kamu siap dalam keadaan semacam baru.Mudah- mudahan postingan ini menolong Kamu buat menginstal ulang laptop Kamu.

Nah begitulah sob cara install laptop yang bisa saya sampaikan kepada kalian semoga bermanfaat ya.