layar laptop tiba tiba hitam

Cara Mengatasi Layar Laptop Tiba Tiba Hitam

Layar laptop tiba tiba hitam biasanya terjadi ketika ada driver grafis yang rusak atau juga masalah dengan latar belakang layar LCD. Untuk menguji apakah layar desktop Anda rusak atau tidak, Anda dapat mencolokkan monitor eksternal dan memulai ulang komputer.

Jika gambar dapat ditampilkan di monitor eksternal, mungkin ada konflik driver grafis dengan layar LCD laptop yang menyebabkan layar laptop menjadi hitam, tetapi terus berjalan. Untuk masalah ini kami akan membagikan cara memperbaiki layar laptop Anda tiba-tiba hitam.

Layar laptop yang hitam seperti warna mati tanpa tampilan, tanpa pilihan, tidak ada yang sebenarnya menjadi masalah umum. Biasanya ada beberapa indikasi, seperti lampu LED menyala, harddisk berputar, tapi tidak ada tampilan sama sekali.

Masalah ini sering terjadi pada semua pengguna, terutama ketika Microsoft mengancam akan melakukan pembaruan sistem operasi Windows. Hal ini biasanya juga menjadi penyebab lain, sehingga diperlukan cara untuk memperbaiki laptop tergantung jika baru dihidupkan.

Penyebab layar laptop tiba tiba hitam

layar laptop tiba tiba hitam

Masalah OS

Jika komputer menyala, tetapi layar menjadi hitam atau kosong setelah memasuki proses login, kemungkinan besar ada masalah dengan sistem operasi. Salah satu penyebab utama masalah ini adalah file sistem yang rusak atau korup yang mencegah sistem operasi memuat, menghasilkan layar hitam atau kosong.

Pengaturan kecerahan terlalu rendah

Jika gambar tampak sebagian atau redup, kemungkinan kecerahan laptop diatur ke rendah atau dinonaktifkan oleh pengaturan daya. Pastikan laptop Anda tidak dalam mode hemat daya dengan menghubungkan laptop ke sumber listrik. Kemudian coba tingkatkan kecerahan pada laptop untuk memeriksa apakah masalahnya memang disebabkan oleh kecerahan atau tidak.

Ada masalah dengan komponen laptop atau komputer

Jika masalah kosong laptop masih ada, kemungkinan disebabkan oleh komponen yang rusak pada laptop yang sudah saatnya untuk diganti. Komponen utama yang terpengaruh biasanya adalah layar, VGA, motherboard atau komponen kabel yang sudah usang. Beruntung bagi Anda jika masih memiliki garansi, karena biasanya biaya penggantian komponen tersebut tidaklah murah. Siapkan kantong yang lebih dalam untuk menampung laptop Anda.

Cara Memperbaiki layar laptop tiba tiba hitam Menggunakan

Safe Mode

Layar laptop yang berubah menjadi hitam bisa disebabkan oleh cacat pada software sistem operasi. Ada beberapa alasan mengapa sistem operasi pada laptop menjadi tidak stabil. Salah satunya adalah laptop terjatuh, sambungan kabel optik pada monitor rusak, software terinfeksi virus, dll. Analisis kerusakan bisa dilakukan karena perangkat laptop sudah dilengkapi dengan safe mode. Safe mode berguna untuk membangunkan laptop yang rusak dan memperbaiki kerusakan yang mungkin telah dilakukan.

Cara mengaktifkan safe mode ini memaksa laptop mati dengan menekan tombol selama beberapa detik. Kemudian tunggu beberapa saat, kemudian hidupkan kembali laptop dan tekan tombol windows pada keyboard dan tekan ctrl+shift+B atau bisa juga dengan menekan F8 berkali-kali hingga muncul layar safe mode.

Gosok lapisan tembaga Ram dengan kain

Memang mengejutkan jika laptop memiliki layar hitam. Banyak yang mengira laptop tiba-tiba hitam/mati, padahal laptop masih hidup. Hal yang menyebabkan layar menjadi hitam adalah adanya debu yang terkumpul pada lapisan tembaga dan slot RAM. Sebenarnya cara mengatasi laptop layar hitam mudah dilakukan yaitu dengan membersihkan lapisan tembaga pada RAM dan kuncinya.

Caranya, buka motherboard laptop untuk membongkarnya, Anda harus berhati-hati agar tidak merusak komponen lain, lalu komponen RAM. Kemudian keluarkan RAM dari slot dan gunakan kain lembut untuk membersihkan slot.

Cara menggosoknya juga harus Anda perhatikan, yaitu lakukan secara perlahan dan pastikan juga arah gosokannya sama. Jangan menggosok terlalu keras untuk menghindari kerusakan lapisan dan slot tembaga. Jika laptop memiliki slot RAM yang berbeda, coba gunakan slot yang berbeda. Ram dapat dikatakan masih berfungsi jika bisa ditempatkan di slot lain.

Restart Explorer.Exe di Task Manager

Jika cara sebelumnya masih tidak berhasil, restart explorer.exe mungkin bisa menjadi solusinya. Biasanya cara ini bisa digunakan saat software crash atau crash. Solusinya buka task manager dengan menekan Ctrl+Alt+Del. Kemudian cari Windows Explorer di menu proses, pilih restart/refresh untuk me-refresh kembali.

Aktifkan Pembaruan Driver Adaptor Tampilan

Seringkali komponen driver yang diinstal melakukan penginstalan otomatis yang melakukan pembaruan tanpa verifikasi manual oleh pengguna. Instalasi otomatis ini sebenarnya bagus, tetapi juga bisa membuat laptop tidak kompatibel. Cara yang bisa dilakukan adalah masuk ke safe mode dengan cara yang sudah dijelaskan tadi. Kemudian setelah itu cari device manager, ada banyak pilihan, tinggal pilih display adapter. Selanjutnya klik kanan dan pilih properties lalu tab driver dan pilih driver back. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Menggunakan Pengaturan Recovery di Bios

Ada banyak pengaturan yang bisa dilakukan di BIOS ini, termasuk perbaikan layar hitam. Caranya adalah pengguna masuk dulu ke pengaturan BIOS lalu pilih reset. Tunggu sampai proses selesai dan mulai ulang.

Demikian sekilas tentang 5 cara mengatasi layar laptop tiba tiba hitam. Semoga Bisa berguna.