Macam-macam interaksi yang terjadi dalam suatu ekosistem

Halo sahabatku semua kali ini saya akan menjelaskan Macam-macam interaksi yang terjadi dalam suatu ekosistemUntu kalian yang masih sekolah di bangku kelas sepuluh pastinya tulisan ini sangat bermanfaat untuk kalian.
Dalam pelajaran biologi di bab Interaksi makhluk hidup dalam ekosistim, pertanya Macam-macam interaksi yang terjadi dalam suatu ekosistem
. seringkali keluar.Maka dari itu saya akan sedikin menjelaskan kepada kawan kawan, simak ya selengkapnya.

Inilah Macam-macam interaksi yang terjadi dalam suatu ekosistem

1. Simbiosis

Simbiosis komensal clownfish dan anemon laut (sumber: nationalgeographic.grid.id).

Jenis interaksi pertama dalam ekosistem adalah simbiosis. Simbiosis adalah hubungan yang terjalin antara dua organisasi. Simbiosis sendiri dibagi menjadi 3 bagian, yaitu simbiosis timbal balik, simbiosis komensal dan simbiosis parasit.

Timbal balik simbiosis adalah hubungan yang saling menguntungkan antara individu-individu yang terlibat. Contohnya adalah antara lebah dan bunga atau ikan badut dan anemon laut. Tidak seperti simbiosis timbal balik, simbiosis komensalisme adalah hubungan yang terjadi ketika satu individu diuntungkan tetapi yang lain tidak merasa dirugikan atau diuntungkan. Wah, ya, apakah ada simbiosis seperti itu? Ada dong seperti ikan remora dan hiu. Siapa yang bisa menebak seperti apa interaksinya?

Jenis simbiosis yang terakhir adalah simbiosis parasitisme. Dalam simbiosis jenis ini, satu pihak diuntungkan sedangkan pihak lain dirugikan. Contohnya termasuk parasit dan inangnya, serta kutu dan rambut manusia. Semoga tidak ada yang bisa merasakan simbiosis ini, ya!

2. Kompetisi

Kuda nil yang bersaing (Sumber: onekindplanet.org).

Jenis interaksi selanjutnya adalah kompetisi. Hayo, siapa yang suka mengikuti berbagai lomba di dalam dan di luar sekolah? Ada persaingan dalam suatu ekosistem, lho! Kompetisi adalah kompetisi antara dua spesies. Kompetisi dibagi menjadi 2 bagian, yaitu intraspesies dan interspesies. Wah, bedanya apa ya? Persaingan antar spesies adalah sama antara dua spesies, seperti kuda nil yang bersaing untuk mendapatkan pasangan.

3. Predasi

Rusa mengejar cheetah.

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan predasi? Predasi adalah interaksi antara killer dan mangsanya. Pernahkah Anda melihat cheetah mengejar rusa dan kemudian memakannya? Nah, ini adalah contoh predasi. Adakah yang bisa memberikan contoh lain?

4. Rantai makanan

interaksi yang terjadi dalam suatu ekosistem interaksi yang terjadi dalam suatu ekosistem
sumber gambar: materiipa.com Rantai makanan( sumber: pinterest.com). Jenis interaksi selanjutnya adalah rantai makanan. Pernahkah Anda mendengar tentang rantai makanan? Ya, rantai makanan adalah proses di mana energi makanan ditransmisikan melalui serangkaian organisme. Produsen, konsumen I, konsumen II, konsumen III dalam rantai makanan. Dalam rantai makanan, alirannya linier dari produsen ke konsumen remarkable.

5. Jaring makanan

Apa perbedaan antara rantai makanan dan rantai makanan? Jaring-jaring makanan merupakan gabungan dari beberapa rantai makanan yang saling berhubungan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa jaring-jaring makanan adalah rantai makanan yang jauh lebih kompleks. Organisme dalam rantai makanan juga memiliki lebih banyak pilihan makanan daripada organisme dalam rantai makanan.

6. Piramida makanan

Piramida makanan (sumber: cdn.britannica.com).

Piramida makanan adalah layout yang menggambarkan susunan kedua tingkat trofik berdasarkan kuantitas, biomassa, dan kapasitas penyimpanan energi pada setiap tingkat trofik. Seperti namanya, tata letaknya berbentuk piramida dan komposisinya semakin mengecil. Susunan piramida di bagian bawah adalah produsen, sedangkan di bagian atas adalah konsumen di bagian atas.

Oh! Telah ditunjukkan bahwa sejumlah interaksi juga dapat terjadi dalam piramida makanan. Jangan lupa untuk mengingat ini agar tidak bingung! Ingin tahu lebih banyak tentang rantai pasokan makanan? Masuk, lihat Ruangguru-On-The-Go! Anda dapat belajar dengan mudah menggunakan USB, cukup tancapkan ke ponsel Anda. Kuy, dapatkan USB Ruangguru-On-The-Go! dan bersiaplah menjadi juara, ya!

Itulah kawan Macam-macam interaksi yang terjadi dalam suatu ekosistem yang sering terjadi bahkan bisa di katakan pasti terjadi.Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi kalian ya. terimakasih.

Timbal balik simbiosis adalah hubungan yang saling menguntungkan antara individu-individu yang terlibat. Tidak seperti simbiosis timbal balik, simbiosis komensalisme adalah hubungan yang terjadi ketika satu individu diuntungkan tetapi yang lain tidak merasa dirugikan atau diuntungkan. Jaring-jaring makanan merupakan gabungan dari beberapa rantai makanan yang saling berhubungan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa jaring-jaring makanan adalah rantai makanan yang jauh lebih kompleks. Piramida makanan adalah diagram yang menggambarkan susunan kedua tingkat trofik berdasarkan kuantitas, biomassa, dan kapasitas penyimpanan energi pada setiap tingkat trofik.