10 Panduan Menggunakan VPS WHM, Lengkap dan Mudah Untuk Pemu…

Web Host Manager (WHM) adalah panel kontrol VPS yang memudahkan untuk mengelola berbagai situs internet berdasarkan cPanel. Dengan kata lain, WHM adalah alat manajemen server untuk cPanel.

Dengan WHM, Anda dapat membuat holding sendiri (manajemen reseller) dengan manajemen akun yang mudah dan aman. Selain itu, panel kontrol dirancang agar mudah digunakan, membuat Anda merasa nyaman.

Selain itu, panel Web Host Manager juga memiliki fitur web server surveillance yang memudahkan Anda dalam mengelola dan mengecek kondisi web server.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mencoba manfaat WHM atau ingin mengambil manajemen reseller, kami telah menyusun panduan menggunakan VPS WHM.

Dalam tutorial ini, Anda akan menginstal panel cPanel Web Host Manager di VPS Anda. Pada halaman Daftar Akun, Anda akan melihat tabel cPanel yang Anda miliki. Agar domain name Anda tersedia, Anda harus mengaitkan domain Anda dengan VPS.

5. Mengubah Port SSH pada cPanel WHM SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan Anda untuk masuk ke sistem operasi Linux dari jarak jauh dengan aman. Port standar untuk SSH adalah port 22. Namun, penggunaan port 22 sangat rentan terhadap brute force login. Jadi sebaiknya Anda tidak menggunakan port itu. Untuk mengubah port SSH WHM, Anda harus terlebih dahulu login ke web server melalui SSH pada port 22. Kemudian jalankan perintah untuk mengubah port SSH. 6. Tambahkan Addon Domain ke cPanel

WHM Domain Addon memungkinkan Anda untuk menambahkan beberapa domain ke satu akun holding. Add-on Menambahkan domain ke cPanel WHM sangat mudah. Dari cPanel WHM, masuk ke menu
Addon Domains. Kemudian masukkan domain name dan subdomain baru pada kolom yang tersedia, kemudian klik tombol Add Domain.

Buat data source di WHM dengan login ke akun organizing Anda di cPanel. Di WHM, Anda bisa membuat e-mail melalui menu Email Accounts. Jika berhasil, Anda dapat mulai menginstal WordPress di cPanel WHM.

Jika CSF sudah terinstal, Anda harus mengkonfigurasi CSF di WHM agar firewall berfungsi dengan baik. Apakah Anda menginginkan web server yang stabil, sumber daya yang besar, dan ketersediaan yang tinggi? Anda sudah belajar dari A sampai Z, bukan?

Dalam tutorial ini, Anda akan menginstal panel cPanel Web Host Manager di VPS Anda. Untuk membuat cPanel di

WHM, login ke akun WHM Anda dan masuk ke menu Account FunctionsFeatures Pada halaman Daftar Akun, Anda akan melihat tabel cPanel yang Anda miliki. Agar domain name Anda tersedia, Anda harus mengaitkan domain name Anda dengan VPS. Jika sudah, daftarkan name web server yang Anda buat di participant location Niagahoster dan arahkan name web server tersebut ke domain name Anda.