IT Support: Pengertian, Tugas dan Skills yang Harus Dikuasai

Belakangan ini, pekerjaan di bidang IT menjadi incaran para pencari kerja. Salah satunya adalah pekerjaan IT sustain. Dunia electronic yang berkembang pesat membuat banyak perusahaan melamar lowongan untuk posisi ini.

Statistik menunjukkan bahwa permintaan pekerjaan di sektor TI, termasuk IT Support, akan tumbuh sekitar 13% dari tahun 2020 hingga 2030. Ini menunjukkan bahwa IT Support adalah tugas yang menjanjikan. Bukan hanya sekarang, tapi bertahun-tahun yang akan datang.

Nah, kali ini kita akan membahas pengertian IT sustain secara detail. Mulai dari pengetahuan, tugas hingga keterampilan harus dikuasai. Bagi Anda yang tertarik dengan profesi ini, simak artikel berikut ini.

IT Support

< img class=" aligncenter wp-image-1156 size-large" src=" https://otobiez.com/wp-content/uploads/2022/02/Pengertian-IT-Support-1024×640.jpg" alt=" IT Support

” width= “618” height=” 386″/ > Pengertian IT Support IT Support adalah ahli yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pengguna. Namun, praktik itu sendiri tergantung pada industri dan produk atau layanan perusahaan.

Jadi ketika pengguna memiliki masalah, mereka dapat menghubungi tim IT Support secara langsung. Hal yang sama berlaku untuk pertanyaan tentang produk atau layanan tertentu. Ini memungkinkan masalah pengguna diselesaikan dengan cepat.

Yah, seperti yang dikatakan di awal, pekerjaan IT Support sangat tergantung pada industri dan produk yang kami tawarkan. !? Penting untuk dipahami bahwa peran IT Support berbeda di setiap perusahaan. Tugas IT Support yang berbeda juga bergantung pada banyak hal.

Apa saja tugas TI? Berikut adalah beberapa tugas IT Support yang umum.

  • Ajukan pertanyaan kepada pengguna untuk mendiagnosis masalah.
  • Berkomunikasi dengan pengguna melalui layanan obrolan langsung.
  • Balas dan periksa penyalahgunaan layanan, seperti spam dan penipuan.
  • Sarankan solusi untuk masalah tersebut.
  • Mendidik pengguna tentang cara kerja produk atau layanan.
  • Instal dan konfigurasikan komponen jaringan.
  • Memantau dan memelihara sistem dan jaringan komputer.
  • Memecahkan masalah sistem dan jaringan.
  • Mendukung aplikasi sesuai kebutuhan pengguna.
  • Tambahkan pengguna dan verifikasi kredensial mereka.
  • Membangun hubungan kerja dengan pengguna akhir.

Keterampilan yang perlu Anda kuasai untuk menjadi IT Support

Tentu saja, tanpa keahlian, Anda tidak bisa mendapatkan deskripsi pekerjaan yang tepat untuk IT Support. Jadi apa yang diperlukan untuk memenuhi syarat untuk menjadi IT? Berikut penjelasannya.

1. Kemampuan teknis

Kemampuan teknis adalah keterampilan tangguh yang harus dimiliki oleh IT Support. Secara umum, keterampilan teknis mencakup pengetahuan mendalam tentang bagaimana komputer dan perangkat lunak digunakan, serta bagaimana menangani masalah yang muncul.

Namun, harus dipahami bahwa kemampuan teknis IT Support berbeda-beda di setiap industri. Berikut adalah beberapa contoh fitur desain IT Support dalam beberapa spesifikasi bidang.

  • Bidang jaringan net – dapat menginstal dan menggunakan program komputer dan fungsi program komputer.
  • Bidang technical support – Memelihara, mengelola, dan memperbaiki kesalahan IT.
  • Bidang desk assistance – Analisis proses help desk di perusahaan.

2. Trouble Solving

Pemecahan masalah adalah kemampuan untuk menganalisis dan memperbaiki semua jenis masalah. IT Support harus dapat mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi dengan cepat dan akurat.

Selain itu, Anda harus dapat mengevaluasi informasi yang diberikan oleh pengguna. Ini akan memungkinkan Anda untuk menyelesaikan masalah dengan benar. Keterampilan ini dapat meningkat dengan pengalaman Anda.

Sebagai IT Support, Anda dapat menyelesaikan masalah dengan pengguna dengan mengajukan pertanyaan berikut.

  • Apa masalah sebenarnya?
  • Kapan kejadian itu terjadi?
  • Apakah masalahnya intermiten atau terus menerus?
  • Apa yang berubah setelah masalah terjadi?
  • Apakah tolok ukur dan log tersedia?

Ingat, Anda membutuhkan jawaban yang akurat untuk semua pertanyaan ini. Akibatnya, IT Support harus meluangkan waktu untuk memvalidasi setiap respons.

Ini karena jawaban yang salah dan salah mengarah pada solusi yang salah. Akibatnya, proses pemecahan masalah menjadi lebih lama. Bahkan tidak menutup kemungkinan masalah akan semakin rumit.

3. Komunikasi

Ini akan memungkinkan Anda memberikan solusi yang tepat kepada pengguna yang benar-benar mereka butuhkan. Anda harus dapat mendengarkan dengan baik untuk memahami masalah yang dihadapi pengguna. Harus dipahami bahwa setiap informasi yang Anda berikan kepada pengguna harus legitimate.
Manajemen waktu adalah keterampilan utama dalam IT Support. Dengan keterampilan tersebut, Anda bisa menyelesaikan semua pekerjaan secara optimal dan tepat waktu.

Untuk mencapai hal tersebut, tentunya Anda perlu memprioritaskan tugas dan tanggung jawab. Sehingga waktu yang dihabiskan untuk proses kerja bisa lebih efisien.

IT Support adalah ahli yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pengguna. Yah, seperti yang dikatakan di awal, pekerjaan IT Support sangat tergantung pada industri dan produk yang kami tawarkan. Tentu saja, tanpa keahlian, Anda tidak bisa mendapatkan deskripsi pekerjaan yang tepat untuk IT Support. Ini karena jawaban yang salah dan salah mengarah pada solusi yang salah. Ini akan memungkinkan Anda memberikan solusi yang tepat kepada pengguna yang benar-benar mereka butuhkan.