Charger Laptop Asus Rusak

Kenapa Charger Laptop Asus Rusak, Ini Penyebabnya

Mengetahui penyebab utama Charger Laptop Asus Rusak dan cara pencegahannya sangatlah penting. Karena adaptor charger merupakan aksesori terpenting untuk laptop atau notebook yang Anda gunakan.

Fungsi charger sangat penting. Tanpa adaptor pengisi daya, laptop tidak akan dapat mengisi daya, dan tentu saja juga tidak dapat menggunakannya.

Charger Laptop Asus Rusak

Hal yang bisa kita anggap remeh sebenarnya bisa menjadi penyebab kerusakan charger laptop. Kebiasaan buruk ketika menggunakan charger mungkin tidak akan terasa dalam waktu singkat.

Namun lambat laun sepertinya penyebabnya adalah adaptor charger laptop yang rusak. Karena itu, Anda perlu tahu apa yang dapat menyebabkan kerusakan.

Selanjutnya tim Telset akan memberikan informasi, apa penyebab adaptor charger laptop rusak dan juga bagaimana cara mencegahnya.

Ada 11 penyebab Charger Laptop Asus Rusak. Penyebab-penyebab ini harus dipelajari dan dihindari agar laptop awet dan dapat digunakan selama bertahun-tahun yang akan datang. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Asal Cabut Charger

Penyebab pertama charger laptop mudah rusak adalah kesalahan saat mencabut colokan. Kita sering terburu-buru atau karena sudah menjadi kebiasaan, ketika kita mencabut steker dari stop kontak, kita justru mencabutnya.

Hal ini akan merusak charger dan merusak colokan charger laptop seperti saat Anda menarik kabel, serat tembaga di dalamnya juga bisa terputus.

Untuk mengatasinya, kita perlu berhati-hati saat mencabut steker. Pegang kepala pengisi daya saat ingin mencabutnya dari soket, agar serat kabel tidak terlepas.

2. Menggunakan charger non-standar

suka menggunakan charger tidak resmi atau non-standar saat mengisi baterai laptop? Kebiasaan buruk ini bisa jadi penyebab charger laptop tidak berfungsi.

Tidak seperti smartphone, charger notebook biasanya memiliki port yang berbeda untuk setiap merek atau bahkan model. Menyambungkan adaptor pengisi daya ke laptop yang tidak dicolokkan dapat menyebabkan konektor putus.

Jelas, adaptor yang dihasilkan tidak dapat berfungsi dengan baik. Parahnya, tidak hanya adaptor charger yang rusak, laptop juga bisa rusak.

Untuk mengetahui apakah charger Asus yang ingin Anda beli itu asli atau KW alias palsu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu spesifikasi dari charger Asus yang asli. Jadi Anda bisa membedakan kedua hal tersebut.

  • 1. Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah box atau kemasan boxnya,

karena saat pertama kali membelinya kamu harus melihat boxnya terlebih dahulu.

Box atau case charger asus original memiliki kemasan yang kokoh, warna, font atau font tercetak dengan rapi dan tidak asal-asalan. Bahan dasar box biasanya tebal dan kuat

  • 2. Perhatikan berat chargernya.

Setelah meraih kotak, hal kedua adalah membukanya. Ya sobat bisa coba lihat dan pegang charger Asus. Nah, yang harus Anda lakukan adalah menimbangnya (masuk akal saja…) dan membandingkannya dengan pengisi daya yang ingin Anda beli dengan pengisi daya asli Anda sebelumnya. Jika Anda perlu membawa pengisi daya asli Anda.

Pengisi daya Asus asli harus lebih berat daripada pengisi daya Asus palsu atau KW. Hal ini dikarenakan material housing adaptor yang lebih tebal dan komponen yang lebih banyak dibandingkan dengan charger KW.

  • 3. Lihat deskripsi revisi pengisi daya.

Kalian pasti tahu, setiap produk charger original asus memiliki spesifikasi ‘REV:A02’ atau bisa dikatakan ‘REV:A03’ atau bisa juga ‘REV:A04’. Pada dasarnya, pengisi daya Asus Ori harus memiliki kata ‘REV:XXX’.

Revisi ini berarti revisi atau pengembangan charger untuk teknologi baru. Umumnya semakin baru pengisi daya, semakin tinggi nilai REV.

  • 4. Perhatikan bentuk adaptor dan kabelnya,

hal ini juga harus Anda perhatikan. Mengapa? Karena adaptor Asus palsu atau KW juga memiliki bentuk yang hampir mirip tetapi tidak sama dengan adaptor Asus asli. Karena itu, teman saya harus memperhatikan.

Maka sobat harus memperhatikan kabel yang disertakan. Kabel aslinya memiliki bentuk (kulit kabel) yang lentur dan tidak berat.

  • 5. Garansi Garansi

adalah indikasi dari charger asli. Umumnya charger asli Asus pasti akan bergaransi dengan durasi 6-12 bulan. Tanyakan kepada penjual tentang garansi untuk memastikan.Untuk charger Asus KW, biasanya jarang berani memberikan garansi garansi. Paling lama garansi seller cuma 1 minggu. Bahkan terkadang mereka berpura-pura melupakan seseorang.

  • 6. Harga

Harga tidak bisa bohong. Ada kualitas dan ada harga.

Kata-kata di atas sudah lengkap. Charger asli Asus ini pasti dibandrol dengan harga yang relatif mahal. Perhatikan bahwa bahan dan kontrol kualitas dijamin oleh standar Asus.

Sedangkan charger palsu atau KW biasanya dijual dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan charger asli. Jadi sebelum membeli sebaiknya lihat dulu quotesnya ya sob. Mari kita hindari kecurangan.

3. Memasang konektor charger sembarangan

Walaupun menggunakan adaptor charger standar, Anda juga perlu berhati-hati saat menyambungkannya ke laptop. Jangan biarkan diri Anda merusak pin tembaga di ujung konektor.

Pasang konektor dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan tersebut. Jangan kasar saat memasang adaptor pengisi daya. Selain itu, pastikan konektor terpasang erat dan tidak bengkok, yang dapat merusaknya.

4. Kabel yang sering melilit atau lepas Kabel

yang sering berliku-liku juga bisa menjadi penyebab charger laptop tidak berfungsi. Karena ketika dililit atau dilepas, kabel secara alami berubah dengan cara yang mungkin tidak langsung terlihat dari luar.

Untuk menghindari kerusakan ini, jangan terlalu sering . Letakkan laptop di tempat yang tepat agar Anda tidak perlu sering-sering mengganti koil kabel adaptor charger.

5. Long in

Penyebab lain kerusakan charger laptop adalah terlalu lama di stopkontak . Kami sering membiarkan adaptor tetap terpasang saat tidak digunakan.

Ini akan menyebabkan adaptor menjadi terlalu panas dan akhirnya gagal. Untuk menghindari hal tersebut tentunya dengan tidak membiarkan adaptor tetap dicolokkan ke listrik saat tidak digunakan.

Toh, ini bukan hanya penyebab charger laptop cepat rusak, membiarkan adaptor charger dicolokkan saat tidak dibutuhkan akan membuang-buang konsumsi listrik.

6. Baterai Rusak

Baterai Laptop Rusak Tunggu, apakah baterai laptop yang rusak juga bisa menjadi penyebab adaptor charger rusak? Ada klaim bahwa baterai yang rusak tidak akan dapat menguras adaptor pengisi daya secara maksimal.

Akibatnya, pengisi daya rusak bersama dengan baterai. Untuk itu, disarankan untuk rutin mengecek kondisi baterai laptop Anda untuk mengetahui kondisi baterai laptop Anda.

7. Laptop terlalu panas

Penyebab lainnya adalah kondisi laptop yang terlalu panas. Biasanya temperatur perangkat laptop bisa menjadi panas karena digunakan dalam waktu lama atau digunakan di luar ruangan terutama saat cuaca panas.

Masalah laptop panas ini tidak boleh dianggap remeh karena dapat merusak berbagai komponen laptop lainnya termasuk charger. Jadi, cara mengatasi charger laptop yang tidak berfungsi saat suhu laptop naik atau panas adalah dengan menghentikannya sementara.

Tujuannya untuk menjaga kondisi laptop dan perangkat pendukungnya seperti charger agar tidak rusak dan tetap awet.

8. Gangguan pada Port

Charger Laptop Asus Rusak bisa jadi Gangguan pada port atau lubang yang menghubungkan charger ke laptop juga bisa menjadi penyebab adaptor rusak. Masalah dengan paparan debu atau percikan air dapat menjadi beberapa alasan mengapa port charger laptop Anda rusak.

9. Menggunakan Charger Palsu atau Tidak Resmi

Penyebab selanjutnya dari adaptor charger rusak adalah karena anda menggunakan charger tidak resmi alias KW. Pengisi daya KW memiliki kualitas yang lebih rendah dari produk aslinya.

Sebaiknya beli charger laptop asli dari toko resmi untuk mendapatkan perangkat charger yang lebih awet.

10. Masalah Driver Laptop Driver

juga merupakan aspek penting. Sebaiknya Anda selalu mengupdate software driver laptop Anda untuk menghindari kerusakan hardware, termasuk yang berhubungan dengan proses charging.

Kemungkinan kerusakan pada driver membuat adaptor charger tidak bisa mengisi daya laptop dengan stabil dan maksimal.

11. charger rusak

Kabel charger rusak Terakhir, kabel charger rusak. Hal ini perlu Anda perhatikan karena kerusakan pada kabel dapat mengganggu proses pengisian baterai laptop. Untuk itu, disarankan untuk menjaga kondisi kabel atau menggantinya jika lepas.

Nah, itulah tadi informasi lengkap tentang 11 penyebab Charger Laptop Asus Rusak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda untuk lebih bijak dan menjaga perangkat sehari-hari Anda.