cara mengatasi laptop black screen

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Black Screen

Biasanya, orang mulai mencari cara mengatasi laptop black screen ketika perangkat favorit mereka bermasalah. Tentu menjadi hal yang tidak menyenangkan saat kita sedang bekerja namun layar laptop tiba-tiba menjadi gelap. Ada juga yang hiburannya terganggu karena masalah yang satu ini.

Black screen adalah suatu kondisi di mana laptop tetap menyala tetapi hanya muncul black screen saja, biasanya itu merupakan gejala kerusakan yang membuat kita panik. Berbeda dengan layar biru yang masih bisa menampilkan informasi error, black screen tidak menampilkan apapun, baik itu gambar, kode atau hanya teks.

Apa penyebab laptop mengalami black screen saat di gunakan?

cara mengatasi laptop black screen

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang penyebab black screen. Ini juga dapat membantu Anda ketika datang ke black screen di laptop Anda.

Berikut adalah beberapa penyebab umum black screen

1. Masalah RAM

laptop black screen juga bisa terjadi pada posisi RAM yang tidak pas, apalagi jika sudah dihapus. Karena itu, proses booting terpengaruh, yang dapat membuat layar laptop menjadi gelap. Tidak hanya posisi RAM, masalah ini juga muncul karena penggunaan yang lama.

2. Masalah pada

kabel sambungan layar Mungkin juga terdapat masalah pada kabel yang menghubungkan layar ke main board laptop, seperti terputus atau tidak terpasang dengan benar. Pantas saja layar laptop tiba-tiba gelap karena kabel koneksinya rusak.

3. Masalah VGA

Penyebab lainnya adalah masalah pada graphics array (VGA) yang rusak. Kerusakan ini biasanya di tandai dengan munculnya garis-garis berwarna pada layar laptop, bahkan bisa membuat laptop hang. Ujung-ujungnya laptop juga mengalami black screen setelah di nyalakan.

4. Masalah sistem

Pernahkah Anda mengunduh atau menginstal perangkat lunak atau aplikasi tanpa prosedur yang benar? Hal ini bisa menjadi penyebab laptop mengalami black screen karena ada virus yang menyerang sistem. Oleh karena itu, kinerja laptop terganggu dan layar laptop tiba-tiba menjadi gelap.

5.Mengganti Layar

Masalah Hardware Penyebab terakhir yang harus disadari adalah masalah pada hardware atau perangkat keras pada laptop, seperti motherboard atau layar laptop itu sendiri. Masalah ini bisa menyebabkan monitor laptop tiba-tiba menjadi gelap dan mengganggu pekerjaan.

Cara mengatasi laptop black screen yuk simak

Jika Anda sudah mengetahui beberapa penyebab black screen, Anda bisa mulai memperbaikinya sekarang. Anda bisa menggunakan laptop black screen ini di berbagai jenis sistem operasi Windows mulai dari Windows 10, 8, 7 dan lainnya.

Beberapa langkah mungkin berbeda tergantung pada versi sistem operasi yang Anda gunakan, tetapi langkah-langkah utamanya akan kurang lebih sama.

Berikut cara mengatasi black screen pada laptop yang bisa anda coba.

1. Memeriksa

kondisi layar laptop merupakan langkah utama efektif mengatasi black screen. Jika ternyata layar laptop Anda rusak parah, akan lebih efektif dan efisien jika Anda segera menggantinya.

Untuk memeriksa kondisi layar, Anda dapat laptop ke layar eksternal seperti TV atau proyektor dengan kabel HDMI.

Jika gambar muncul di layar eksternal, itu berarti masalahnya ada di layar Anda. Jika tidak, penyebabnya ada di bagian lain, seperti VGA atau driver yang perlu di perbarui.

 

2. Pembersihan RAM

Cara ini di lakukan kalau masalahnya terletak pada posisi RAM yang tidak pas. Untuk mengatasinya, coba lepas RAM dengan melepasnya dari motherboard. Ingat, laptop harus di matikan dan semua perangkat yang terhubung harus di matikan terlebih dahulu.

Buka bagian belakang laptop kemudian keluarkan RAM dari slotnya. Bersihkan RAM dengan kuas atau penghapus pensil. Jika sudah bersih, pasang RAM pada posisi yang benar.

3. Penghapusan software dan aplikasi yang mencurigakan

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, masalah black screen laptop dapat di sebabkan oleh virus. Jika demikian, coba anda hapus perangkat lunak dan aplikasi yang tidak perlu dan mencurigakan.

Meskipun perangkat lunak ini sangat berguna dan memudahkan pekerjaan Anda, lebih baik untuk menghapusnya sekarang daripada masalah muncul lagi di masa mendatang. Jika laptop memiliki black screen, coba masuk Safe Mode terlebih dahulu.

laptop Anda seperti biasa, lalu tekan tombol F8 hingga muncul layar dengan daftar aplikasi dan sistem yang dapat di pilih. Kemudian pilih Safe Mode dan lalu  tekan Enter.

Setelah memasuki mode aman, Anda dapat menghapus instalan perangkat lunak yang mencurigakan. Coba restart komputer, jika layar kembali normal berarti masalah black screen laptop sudah teratasi

4.Install Ulang

Melakukan Install Ulang Windows
Cara yang tak kalah mudah dengan cara sebelumnya untuk mengatasi laptop black screen yaitu dengan melakukan install ulang Windows.
Install ulang Windows ini merupakan langkah untuk memperbaiki bagian software di laptop yang dimiliki.
Jika anda ingin menggunakan cara ini, maka alangkah baiknya jika melakukan back up data penting yang tersimpan terlebih dahulu.

Pasalnya, dalam melakukan install ulang Windows ini, ada berbagai kemungkinan file atau dokumen penting yang dimiliki akan terhapus seluruhnya.
Demikianlah penyebab dan cara mengatasi laptop mendadak black screen yang dapat anda ketahui. Perawatan dan penggunaan yang baik tentunya membantu laptop lebih awet dan tahan lama serta terhindar dari berbagai macam

Install Ulang Cara keempat yang bisa di lakukan adalah install ulang. Pastikan untuk membackup data di laptop terlebih dahulu, karena proses ini dapat menghapus semua data di komputer.

5. Penggantian layar

Jika beberapa langkah di atas tidak menyelesaikan masalah black screen laptop, Anda mutlak harus mengganti layar laptop dengan yang baru. Pilih layar yang benar-benar baru, bukan yang kedua atau dari laptop lama untuk menghindari masalah ini datang kedua kalinya.

6. Update driver Driver

bisa menjadi salah satu penyebab layar laptop anda menjadi black screen. Untuk memperbarui driver, Anda dapat membuka pengelola perangkat, pilih ‘Display Adapter’, pilih adaptor layar laptop Anda dan klik kanan. Pilih ‘Perbarui Drive’ dari menu yang terbuka.

7. Menghentikan Proses RunOnce

Salah satu penyebab layar laptop anda menjadi hitam adalah karena proses aplikasi sedang berjalan saat anda menyalakan laptop.

Untuk memperbaikinya, Anda dapat membuka pengelola tugas untuk mematikan proses. Untuk melakukan ini, tekan CTRL + ALT + DEL atau CTRL + SHIFT + ESC untuk membuka Task Manager.

Lihatlah proses bernama ‘RunOnce.exe’. Klik kanan dan pilih ‘Berhenti’. restar laptop Anda agar perubahan di terapkan.

Inilah alasan dan cara mengatasi laptop black screen, sehingga Anda tidak perlu panik jika terjadi masalah serupa di kemudian hari. Jika langkah terakhir, mengganti layar laptop, perlu di lakukan meski pekerjaan atau tugas menumpuk, jangan khawatir. Sementara itu, Anda laptop dari Indorental, dan kami menawarkan laptop yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan di kolom komentar ya sob, semoga artikel ini bisa bermanfaat.