Cara Membuat Facebook Fanpage Untuk Bisnis Online
i0.wp.com

Cara Membuat Facebook Fanpage Untuk Bisnis Online

fan page masih dianggap sebagai salah satu fungsi yang paling efektif untuk mempromosikan produk, jasa organisasi atau komunitas. Siapa pun dapat membuat halaman penggemar di Facebook. Jika anda belum tahu cara membuatnya berikut mimin akan merangkum Cara Membuat Facebook Fanpage Untuk Bisnis Online

Cara Membuat Facebook Fanpage Untuk Bisnis Online
i0.wp.com

Fanpage Facebook berbeda dengan Facebook pribadi dan bisnis. Fanpage digunakan oleh banyak orang untuk membangun citra positif suatu produk atau jasa di dunia digital.

Fanpage memungkinkan pengguna untuk mengelola konten dengan cara yang ditargetkan dan ditargetkan. Jumlah orang yang bisa bergabung dalam sebuah fan page juga termasuk banyak, yaitu maksimal 5.000 orang.

Dengan jumlah informasi ini, mereka dapat lebih mudah dibagikan dengan jangkauan yang lebih luas. Anda juga dapat menanggapi secara langsung keluhan atau ide anggota.

Lebih bagusnya lagi, Facebook bisa memberikan verifikasi pada fan page yang dibuat, dengan syarat tertentu. Dengan demikian, akan memberikan dampak psikologis yang positif bagi anggota dan umat. Berikut panduannya.

Cara Membuat Facebook Fanpage Untuk Bisnis Online lewat PC atau Laptop

Berikut Cara Membuat Facebook Fanpage Untuk Bisnis Online melalui laptop atau PC :

  • Buka halaman Facebook dan masuk ke akun Anda atau klik tautan berikut Buat Halaman Penggemar Facebook.
  • Kemudian pilih halaman penggemar mana yang ingin Anda buat. Ada dua pilihan jenis Fanpage, yaitu Business atau Brand dan Community atau Community Leader.
  • Lihat kolom Buat Halaman di sebelah kiri, lengkapi setiap kolom, lalu klik Buat Halaman.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan gambar profil Fanpage dan gambar sampul Fanpage. Jika gambar Anda terlihat retak saat Anda mengunggahnya,
  • kemungkinan besar itu jauh dari ukuran standar.
  • Selanjutnya, Anda perlu mengisi data tentang Fanpage Anda, seperti profil Fanpage Anda dan sebagainya.
  • Selesai. Halaman penggemar Anda telah dibuat.

Cara Membuat Facebook Fanpage Untuk Bisnis Online melalui HP

Cara Membuat Facebook Fanpage Untuk Bisnis Online juga bisa dilakukan dari handphone atau aplikasi Facebook Lite. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat halaman penggemar Facebook dari ponsel atau ponsel Anda.

  • Buka aplikasi Facebook dan masuk.
  • Klik ikon bendera dengan kata Pages atau Pages.
  • Kemudian klik ikon tanda plus Buat.
  • Kemudian ikuti setiap perintah dan isi informasi yang diminta oleh Facebook.

Cara membuat halaman penggemar di Facebook. Karena tidak ada batasan permintaan pertemanan, manfaatkan fan page sebanyak-banyaknya untuk menambah jumlah followers.

5 Keuntungan Fanpage Facebook untuk Kepentingan Bisnis Anda

1. Banyaknya calon konsumen di Facebook Selama ini

Cara Membuat Facebook Fanpage Untuk Bisnis Online Facebook telah digunakan untuk berbagai keperluan. Mulailah dengan berbagi berita terbaru, memposting foto, mengunggah video, menulis tumpahan, melihat aktivitas teman, dan meninggalkan komentar. Namun kini Facebook juga menjadi media untuk mencari bisnis lokal, menemukan produk baru dan mendapatkan rekomendasi tentang berbagai hal.

Anda pasti sudah tahu bahwa Facebook adalah media sosial terbesar di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna. Lebih dari 100 juta pengguna adalah orang Indonesia. Banyak calon konsumen yang berpotensi untuk dijangkau melalui Facebook. Inilah sebabnya mengapa Anda harus membuat akun fanpage khusus untuk bisnis Anda.

2. Orang-orang menemukan bisnis Anda dengan mudah di Internet

Cara Membuat Facebook Fanpage Untuk Bisnis Online pada Facebook Anda dapat menentukan kategori bisnis Anda, menulis nama merek Anda, alamat lengkap, nomor telepon, tautan situs web dan deskripsi bisnis dan mengunggah gambar profil dengan logo bisnis Anda. Anda juga dapat memposting konten yang berbeda di halaman penggemar Anda untuk tujuan promosi.

Nah, ketika orang mencari nama bisnis Anda di kolom ‘search’ atau mencari kata kunci tertentu yang terdapat di profil halaman penggemar Anda, akun halaman penggemar Anda akan muncul di halaman pencarian. Ini akan memudahkan orang untuk menemukan bisnis Anda. Bahkan ketika mereka melakukan pencarian di Google, orang dapat menemukan akun Anda.

3. Bangun audiens yang tepat

Anda dapat mengundang teman Anda untuk mengikuti dan menyukai halaman penggemar Facebook Anda. Bahkan orang asing yang tidak Anda kenal dapat mengikuti dan menyukai halaman penggemar Anda. Anda dapat membangun audiens di mana pun Anda tertarik dengan bisnis Anda.

Dengan adanya fan page Facebook, Anda akan lebih leluasa dalam mempromosikan dan memasarkan bisnis Anda. Kemudian Anda juga mendapatkan umpan balik dari audiens Anda. Mereka akan merespon postingan Anda, bahkan melakukan pembelian pada produk Anda. Pemirsa yang tepat akan berduyun-duyun ke halaman penggemar Anda. Mereka adalah pelanggan potensial Anda.

4. Mengetahui Wawasan

Cara Membuat Facebook Fanpage Untuk Bisnis Online di facebook memberi Anda fitur ‘wawasan’ untuk mengetahui informasi tentang audiens yang terhubung ke halaman penggemar Anda. Anda dapat melacak efektivitas halaman penggemar Anda, jumlah pengguna aktif, jumlah audiens yang dicapai setiap minggu di setiap posting Anda, hingga demografi audiens Anda.

Data ‘wawasan’ akan berguna untuk bisnis Anda, terutama dari perspektif pemasaran. Sehingga Anda bisa membuat strategi bisnis yang lebih efektif. Anda dapat membuat konten yang tepat untuk audiens Anda dan menemukan lebih banyak orang yang mirip dengan audiens Anda saat ini.

5. Dapat memasang iklan

Anda dapat mengiklankan akun halaman penggemar Facebook Anda atau posting Anda di halaman penggemar. Facebook memberi Anda berbagai opsi periklanan untuk menjangkau audiens yang tidak tahu dan mengikuti bisnis Anda.

Yang terbaik dari semuanya, Anda dapat menargetkan audiens Anda berdasarkan demografi. Seperti jenis kelamin, usia, lokasi, tingkat pendidikan, pendapatan, hingga status hubungan. Sehingga iklan anda bisa tepat sasaran sesuai dengan target pasar anda. Anda dapat menemukan kelompok sasaran yang tepat dan meningkatkan penjualan perusahaan Anda.

4 Kelemahan Jualan Online di Facebook yang Harus Anda Ketahui

1. Penjualan hanya menjangkau pengguna Facebook

Artinya jika Anda berjualan melalui Facebook, konsumen Anda tentu hanya akan memiliki akses ke Facebook. Katakanlah Anda memiliki 3000 orang di teman fb, itu berarti hanya 3000 orang yang dapat menjangkau posting Anda.

Tetapi juga jika semua teman aktif, dan itu sepertinya tidak mungkin, karena selalu ada pengguna yang tidak aktif lagi. Jadi harapan untuk membuat orang membeli produk Anda relatif kecil.

2. Postingan penjualan Anda cepat tenggelam

Postingan tentang barang Anda mudah tenggelam karena ada postingan orang lain yang lebih baru. Misalnya, jika Anda mempromosikan produk di grup Facebook, tidak perlu sehari hingga postingan tersebut menghilang.

Akibat tertutup status baru teman lain, kamu harus berkomentar di postingan untuk mengatasi hal ini, tapi sampai kapan?

3. Mesin pencari Google sulit terindeks

Pada umumnya calon pembeli lebih memilih mencari produk melalui layanan mesin pencari seperti Google. Jika Anda hanya menjual melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, dll, ternyata lebih sulit untuk menemukan calon pelanggan di mesin pencari.

Alasannya karena lebih rendah dari konten yang dibuat menggunakan platform blogging, situs web resmi, dan forum. Jadi jangan berharap posting Facebook berada di halaman satu Google, terutama di posisi teratas pada kata kunci yang sangat kompetitif.

4. Tidak adanya fitur pencarian konten

Kemampuan menemukan produk yang diinginkan konsumen melalui kolom pencarian Facebook relatif sulit. Karena Facebook tidak menawarkan fungsi pencarian untuk konten kata kunci dan hanya menawarkan pencarian akun, grup, dan halaman penggemar.

Beberapa Cara Membuat Facebook Fanpage Untuk Bisnis Online di atas tidak sulit untuk dipraktikkan, bukan? Dalam pemasaran melalui media apapun, kita harus membangun hubungan dengan pelanggan kita. Semakin puas pelanggan atau pengunjung kita, semakin besar keinginan mereka untuk menjadi promotor bisnis kita.