Manfaat Bisnis Digital
sennakreasi-prod.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

15 Manfaat Bisnis Digital Untuk Usaha dan Bisnis Anda

Di era serba digital, Manfaat Bisnis Digital cukup familiar bagi masyarakat, khususnya para pelaku bisnis saat ini. Mungkin Anda pernah melihat sebuah brand atau produk perusahaan melakukan kampanye online (digital campaign) melalui website perusahaan, blog dan media sosial.

Hal-hal ini disebut pemasaran digital. Hampir setiap perusahaan di dunia menggunakan strategi pemasaran ini. Pasalnya, cara ini lebih cepat, mudah, dan luas menjangkau konsumen.

Manfaat Bisnis Digital
www.tamasia.co.id

Jadi apa itu pemasaran digital? Menurut para ahli bernama Coviello, Milley dan Marcolin, pemasaran digital adalah penggunaan Internet dan penggunaan teknologi interaktif lainnya untuk menciptakan dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang teridentifikasi.

Jadi, secara umum, digital marketing adalah upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik berbasis internet dengan berbagai taktik pemasaran dan media digital di mana Anda dapat berkomunikasi dengan calon konsumen secara online untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

10 Manfaat Bisnis Digital Untuk Usaha dan Bisnis Anda

Manfaat Bisnis Digital untuk bisnis korporasi antara lain sebagai media penghubung, meningkatkan penjualan dan kreativitas, mengurangi anggaran dan jarak, meningkatkan layanan pelanggan, meluncurkan informasi untuk menjadi senjata kompetitif dengan pesaing.

Digital marketing merupakan salah satu alternatif pemasaran yang memanfaatkan media digital seperti website, media sosial dan lain-lain yang terbukti semakin diminati banyak orang. Bagi Anda yang masih ragu dengan strategi digital marketing, berikut 10 penjelasan tentang manfaat terbaik strategi marketing di era digital.

1. Penghubung media

Nah, dari sini bisa dilihat seberapa besar jaringan yang Anda dapatkan ketika Anda menggunakan internet sebagai link ke konsumen. Di masa yang sangat terbatas ini, Internet bisa menjadi media tanpa batas yang dapat menghubungkan Anda dengan konsumen di berbagai wilayah.

2. Meningkatkan angka penjualan

Manfaat Bisnis Digital selanjutnya dalam kebutuhan pemasaran adalah membantu mendongkrak angka penjualan. Ketika bisnis Anda dapat menjangkau konsumen lebih luas, berarti peluang untuk meningkatkan angka penjualan juga terbuka lebar. Hal ini didukung oleh kebiasaan masyarakat yang saat ini sangat senang berbelanja online.

3. Mengurangi anggaran

Hal hebat lainnya tentang pemasaran digital adalah kemungkinan perusahaan dapat mengurangi biaya pemasaran. Mulai dari pengurangan biaya transportasi, biaya promosi dan anggaran lainnya, karena semuanya bisa terintegrasi melalui internet. Tak heran mengapa saat ini banyak layanan digital marketing yang semakin gencar berpromosi.

4. Meningkatkan layanan pelanggan

Layanan pelanggan adalah salah satu hal terpenting dalam bisnis. Nah, penggunaan teknologi digital untuk pemasaran memungkinkan Anda terhubung secara instan dan terus menerus dengan pelanggan. Tentunya hal ini akan menjadi poin lebih untuk mendongkrak konsumen setia.

5. Lebih Mudah

Dalam sepersekian detik, Internet dapat menyajikan jutaan informasi. Bayangkan jika ini digunakan untuk tujuan pemasaran Anda, Anda akan sangat terbantu dalam bertukar informasi dengan konsumen. Informasi yang ada akan disebarluaskan dengan cepat, serta semua berita terbaru dari konsumen.

6. Layanan 24 jam

Semua cuplikan pemasaran di era digital ini memungkinkan bisnis Anda tetap melek huruf selama 24 jam tanpa henti. Pelanggan dapat berbelanja dan menelusuri toko kapan saja. Dan tentunya Anda tetap bisa menyapa dan mendengarkan keluhan mereka tanpa ada batasan waktu.

7. Tidak jauh

Manfaat Bisnis Digital memungkinkan pelanggan tetap berbelanja tanpa harus takut keluar rumah akibat pandemi. Ya, rasanya tidak jauh. Ini seperti memiliki toko virtual yang siap melayani di mana saja, tanpa perlu tenaga ekstra.

8. Katalog Kreatif

Tampilan produk yang menarik menjadi kunci untuk menarik perhatian konsumen. Hal ini dapat dilakukan melalui penggunaan katalog kreatif. Nah, dengan bantuan digital dan internet, Anda memiliki kesempatan untuk membuat berbagai gaya katalog bisnis dan mendapatkan inspirasi dari banyak sumber.

9. Penanganan komplain yang solid

Dunia digital memungkinkan Anda untuk merespon dengan cepat dan selengkap mungkin komplain dari konsumen. Ini akan mencegah bisnis Anda dari ketidakpercayaan dan mengecewakan konsumen. Penanganan komplain yang solid merupakan salah satu aspek penting dalam menciptakan pelanggan tetap.

10. Siap bersaing dengan kompetitor

Dalam strategi pemasaran di era digital, perusahaan Anda memiliki peluang yang sangat luas untuk menguji persaingan dengan banyak perusahaan lain. Anda bahkan dapat merasa aman bahkan jika Anda berurusan dengan perusahaan besar. Karena kreativitas dan fleksibilitas dalam media digital memungkinkan Anda memaksimalkan ekspansi virtual.

11. Meningkatkan penjualan dengan cepat

Manfaat Bisnis Digital adalah meningkatkan penjualan dengan cepat. Karena pelanggan hanya dapat menemukan informasi tentang suatu produk melalui internet, maka pelanggan dapat memperoleh informasi tentang produk tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.

12. Memperkenalkan produk dengan lebih baik

Digital marketing memudahkan Anda untuk mengenalkan produk dengan lebih baik dan efisien. Apalagi jika produk yang Anda jual adalah produk baru yang belum pernah ada sebelumnya.

13. Lebih membidik target pasar

Salah satu manfaat digital yang sayang untuk dilewatkan adalah Anda bisa langsung membidik target pasar. Misalnya, jika Anda menggunakan iklan Instagram, Anda dapat menuliskan target usia dan jenis kelamin konsumen yang ingin melihat produk tersebut.

14. Bisa Mendapatkan Pelanggan Loyal

Terkadang saat menjual suatu produk, Anda tidak hanya membutuhkan banyak pelanggan, tetapi juga pelanggan yang loyal. Karena sebenarnya pelanggan setialah yang bisa membuat produk yang Anda jual selalu laku dan bertahan lama di pasaran.

Untuk mendapatkan pelanggan setia Anda bisa menggunakan digital marketing, caranya tetap menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Misalnya, setelah pengguna membeli produk, Anda dapat meminta ulasan produk dan apakah pelanggan puas dengan produk yang dibeli. Jenis komunikasi inilah yang harus Anda terapkan, terutama jika bisnis yang Anda bangun masih tergolong baru.

15. Bisnis terlihat lebih profesional

Di era digital, banyak konsumen yang merasa jika suatu perusahaan tidak memiliki website atau media sosial sendiri, maka perusahaan tersebut belum profesional. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menggunakan salah satu bentuk pemasaran digital, yaitu pemasaran media sosial. Meskipun mungkin bisnis yang Anda jalankan masih tergolong baru.

16. Bisnis semakin berkembang

Tidak bisa dipungkiri di era digital seperti sekarang ini banyak sekali bisnis yang bisa berkembang pesat setelah branding di media sosial. Faktanya, banyak pengusaha sukses yang tidak menggunakan pemasaran offline sama sekali dan hanya mengandalkan media sosial atau e-commerce.

17. Memiliki Kemudahan Melihat Peluang Bisnis

Pemasaran media sosial atau e-commerce memungkinkan Anda untuk mengetahui minat dan kebutuhan konsumen. Kemudian Anda bisa mencoba berkreasi untuk memenuhi kebutuhan dan minat konsumen tersebut.

18. Jangkau pasar secara online

Internet saat ini menjadi andalan bagi konsumen untuk menemukan produk yang mereka cari. Dengan banyaknya pengguna internet tentunya memberikan peluang bagi para pelaku bisnis untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Internet memberi perusahaan Anda kesempatan untuk berhubungan dengan konsumen secara cepat dan luas.

Sebagian besar konsumen sekarang lebih memilih Internet sebagai sarana untuk menemukan produk yang mereka cari. Ketika konsumen mengetahui produk dan layanan yang Anda miliki, mereka cenderung dapat membeli atau berkonsultasi langsung melalui gadget mereka daripada harus pergi ke tempat-tempat yang berpotensi membuat mereka ragu.

Itulah artikel tentang 15 Manfaat Bisnis Digital Untuk Usaha dan Bisnis Anda, semoga bermanfaat yaa sobat!