Cara Membuat Channel Youtube Bisnis
info.populix.co

Pemula Wajib Tahu, Berikut Cara Membuat Channel Youtube Bisnis

Cara Membuat Channel Youtube Bisnis adalah sesuatu yang mungkin terdengar sulit bagi banyak orang. Namun seperti yang sudah umum diketahui, platform Youtube di era ini merupakan sarana untuk mempercepat kemajuan bisnis yang dijalankan.

Cara Membuat Channel Youtube Bisnis
fyh6jk7zypag.cdn.shift8web.com

Oleh karena itu, dengan mengetahui Cara Membuat Channel Youtube Bisnis Anda dapat memanfaatkan platform digital terpopuler ini untuk memperluas saluran pemasaran Anda dengan harapan dapat menjangkau banyak pelanggan di masa mendatang.

Cara Membuat Channel Youtube Bisnis

Tutorial cara memonetisasi channel YouTube adalah sebagai berikut:

  • Buka website youtube.com, lalu pilih Sign In di kanan atas.
  • Masukkan email dan kata sandi untuk akun Google Bisnis Anda.
  • Klik ikon Akun Google Anda lalu pilih “Buat Saluran”.
  • Setel logo, lalu masukkan nama channel YouTube Business Anda.

Dalam hal ini, Cara Membuat Channel Youtube Bisnis sangat disarankan untuk menggunakan logo yang menarik untuk menarik pengguna agar mengklik dan memasukkan nama yang sesuai dengan merek yang sesuai dengan industri bisnis.

Selain itu, tambahkan kata kunci yang banyak dicari orang. Misalnya: “Perawatan Kulit Bercahaya—Perawatan Kulit Terbaik”.

  • Anda dapat mengisi informasi perusahaan Anda di bagian “Informasi Dasar”.

Cara Membuat Channel Youtube Bisnis Anda bisa klik “Customize Channel”> pilih “Basic Info”> isi deskripsi (isikan detail yang jelas terkait bisnis Anda lalu sertakan kata kunci yang paling banyak dicari). Kemudian scroll ke bawah pada bagian “Links”, isi link terkait seperti link website, halaman Facebook Anda, Instagram Anda dan lain-lain (cukup pilih “+ TAMBAHKAN LINK”).

Kemudian, pada bagian “Informasi Kontak”, Anda dapat mengisinya dengan email perusahaan Anda, sehingga siapa saja yang ingin bekerja sama dapat menghubungi Anda secara langsung melalui email tersebut. Setelah semuanya terisi, cukup klik “PUBLISH” di kanan atas. Anda juga dapat melihat bagaimana setelan muncul di beranda saluran Anda, yang ada di bagian “Tentang”.

  • Cara Membuat Channel Youtube Bisnis Lengkapi merek visual Anda di bagian “Branding”.

Masih di halaman “Channel Customization”, Anda harus memiliki gambar yang menarik dan menjelaskan tentang saluran Anda sendiri. Ada tiga jenis visual yang harus disiapkan yaitu: Picture, Banner Gambar, Video Watermark

  • Cara Membuat Channel Youtube Bisnis Buatlah Trailer Channel

Channel Trailer adalah video berdurasi pendek yang berisi kumpulan beberapa video. Tujuannya adalah untuk menjelaskan secara singkat konten saluran dengan fitur yang hampir menyerupai cuplikan film.

Panduan cara menyetel cuplikan saluran adalah sebagai berikut:

  1. Pilih “Konten” lalu klik “UPLOAD VIDEO”.
  2. Isikan Judul atau “Title”> isi “Deskripsi” > Pilih thumbnail yang menarik > Atur “Batasan Usia” sesuai kebutuhan bisnis Anda > Di sebelah bagian “Visibilitas”.
  3. Pilih “Publik” dan kemudian “PUBLIKASIKAN”.
  4. Sekarang pilih “Kustomisasi” di sebelah kiri > pilih “TAMBAHKAN” di bagian Cuplikan Saluran > pilih video yang diunggah tadi.

Pembuatan Banner Online – Cara Membuat Channel YouTube Bisnis

Masih terkait dengan cara membuat akun bisnis YouTube, Anda tidak perlu khawatir dengan cara membuat visual brand yang mudah dan efektif. Saat ini, ada juga versi gratis dengan lebih banyak alat berbasis web, termasuk penggunaan Canva.com. Petunjuknya adalah sebagai berikut:

  1. Anda harus pergi ke situs Canva.com > pilih “Sign up” di kanan atas > pilih Sign up with Google (langsung dengan akun Google Anda) > pilih misalnya Small Business (gratis).
  2. Ketik “youtube” di kotak pencarian, lalu pilih “Sampul Saluran YouTube”.
  3. Pilih “Buat Seni Saluran Youtube Kosong”.
  4. Kamu tinggal drag (drag) template yang kamu inginkan, kemudian kamu juga bisa mengganti background sesuai dengan warna brand kamu.

Nantinya, Anda juga bisa mencoba berbagai modifikasi hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Selain menggunakan banner pada pilihan di atas, Anda juga dapat bekerja lebih bebas dengan template banner kustom Anda sendiri. Cara Membuat Channel Youtube Bisnis Caranya pilih “Upload” di sisi kiri dashboard lalu pilih “Upload Media”.

Cara Menghasilkan Uang di Youtube

Dengan kemajuan teknologi dan informasi saat ini, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan, bahkan penghasilan utama, melalui Youtube. Cara melakukannya:

1. Membuat saluran Anda sendiri

Dalam hal ini, Anda hanya perlu membuat akun YouTube dan kemudian memutuskan konten apa yang akan menjadi fokus saluran Anda. Tentunya penonton masa kini akan tertarik dengan konsep channel yang menarik dan tidak membosankan.

2. Monetisasi Akun Youtube

Anda perlu memonetisasi akun Anda untuk memonetisasi YouTube. Caranya adalah dengan memasukkan informasi akun lalu klik “Creator Studio” di menu sebelah kiri. Klik “Saluran” dan “Status dan Fitur”, lalu pilih “Aktifkan Monetisasi” dan terima perjanjian yang ada.

3. Terhubung dengan AdSense

Tidak hanya jumlah penonton, penghasilan Anda juga bisa berasal dari iklan. Caranya adalah dengan menautkan dan menyetujui akun AdSense Anda ke akun YouTube Anda.

Nantinya, jalur penghasilan Anda mungkin tersedia di alat analitik YouTube. Akun Anda dapat dibayar setelah Anda menyelesaikan dan memenuhi ambang pembayaran YouTube. Biasanya, iklan akan mulai muncul pada video yang diunggah setelah monetisasi diaktifkan dan YouTube telah melakukan verifikasi tambahan.

4. Kerja Sama Endorse

Dalam hal ini, Anda dapat bekerja dengan merek terkenal atau seseorang yang memiliki produk tertentu. Melalui video yang diunggah, Anda bisa melakukan soft promotion, bahkan dengan menyertakan link produk di kolom deskripsi.

5. Jual Video di Situs Jual Video

Sebagai YouTuber pemula, Anda harus tahu bahwa Anda sekarang dapat menggunakan akun situs penjualan video untuk mempromosikan saluran Anda. Caranya adalah dengan menyertakan formulir teaser yang akan diarahkan ke akun YouTube Anda untuk melihat video versi lengkapnya.

6. Perhatikan pembuatan video Cara

pertama mendapatkan uang dari youtube untuk pemula adalah dengan memperhatikan proses pembuatan video. Mulai dari persiapan konsep hingga editing dan upload harus dilakukan dengan maksimal. Dengan cara ini, kesan penonton pada saluran yang dibuat juga akan baik.

7. Konsistensi

Sekali lagi, cara mendapatkan uang dari YouTube tidak hanya dengan mengupload video kemudian mengharapkan uang yang banyak. Harus ada konsistensi dalam mengembangkan saluran agar berhasil menghasilkan pendapatan.

8. Peluang Monetisasi

Jika channel YouTube Anda stabil, baik dari segi konten maupun subscriber, maka mulailah mencari peluang monetisasi untuk memonetisasi channel yang telah Anda buat. Selain memanfaatkan monetisasi dari YouTube sendiri, Anda mungkin juga bisa menggunakan media sosial lain sebagai media pemasaran. Mudah bukan untuk menghasilkan uang dari youtube berikut ini?

9. Melakukan Live

Terakhir, jika Anda sudah memiliki basis penggemar dan banyak pengikut di Youtube, untuk meningkatkan kepercayaan penggemar, Anda dapat melakukan streaming langsung.

10. Pendapatan iklan (AdSense)

Layanan monetisasi ini adalah salah satu dengan persyaratan paling ringan. Syaratnya pemilik rekening minimal berusia 18 tahun atau bisa juga ada wali sebagai pendamping saat menangani pembayaran melalui AdSense.

Jadi, konten seperti apa yang memenuhi cara menghasilkan uang di YouTube dengan AdSense? YouTube tidak membatasi topik diskusi, tetapi video Anda tidak boleh mengandung kekerasan, konten ofensif, konten dewasa, narkoba, dan lainnya.

Itulah ulasan tentang Cara Membuat Channel Youtube Bisnis. Panduan di atas sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki bisnis atau sedang membangun saluran dan ingin kemitraan bisnis. Semoga beruntung!