Cara Mendaftarkan Bisnis di Google
statics.indozone.news

Cara Mendaftarkan Bisnis di Google Bisnisku Agar Dilihat Banyak Orang

Cara Mendaftarkan Bisnis di Google adalah layanan gratis bagi para pebisnis yang ingin menampilkan entitas bisnisnya di berbagai produk Google seperti Maps dan hasil pencarian.

Cara Mendaftarkan Bisnis di Google
merchant.id

Hal ini akan memudahkan calon pelanggan untuk mendapatkan informasi lengkap tentang bisnis dari pengusaha. Konsumen tentunya membutuhkan informasi mengenai nama, alamat, nomor telepon, jam operasional, website perusahaan, alamat lengkap dan lainnya.

Bagi para pebisnis, hal ini tentu sangat bermanfaat. Selain menampilkan informasi tentang bisnis, para pelaku bisnis juga dapat berinteraksi dengan konsumen melalui bagian review dan tanya jawab.

Cara Mendaftarkan Bisnis di Google Bisnisku

Yang menarik bagi para pebisnis adalah gratis untuk mendaftar Google Bisnisku atau gratis. Cara Mendaftarkan Bisnis di Google Bisnis,

1. Buka situs Google Bisnisku

Cara Mendaftarkan Bisnis di Google Menggunakan browser di laptop atau PC, buka situs resmi Google Bisnisku . Klik Masuk di sudut kanan atas dan masuk dengan akun Google Anda. Setelah login, masukkan nama perusahaan.

2. Masukkan Alamat Bisnis

Kemudian masukkan alamat bisnis lengkap. Calon pengguna Google Bisnisku juga akan diminta untuk menempatkan penanda lokasi bisnis di Google Maps untuk memudahkan konsumen mengunjungi lokasi bisnis perusahaan.

Jika bisnis Anda tidak memiliki lokasi fisik tetapi beroperasi di area layanan, Anda dapat memasukkan area layanan sebagai gantinya. Klik berikutnya setelah selesai.

3. Masukkan Kategori Bisnis

Cara Mendaftarkan Bisnis di Google Tentukan kategori yang paling sesuai dengan perusahaan yang dipilih. Misalnya, kelola salon di Jakarta, lalu pilih kategori ‘Salon’.

Kategori ini akan memudahkan Google untuk mengelompokkan bisnis berdasarkan kategori. Jadi jika seseorang mencari ‘Salon di Jakarta’ di Google, informasi tentang bisnis akan muncul di hasil pencarian.

4. Masukkan informasi kontak

Masukkan informasi kontak yang ingin Anda tunjukkan kepada pelanggan. Data kontak ini bisa berupa nomor telepon atau handphone yang bisa dihubungi.

Bisnis juga akan diminta untuk memasukkan URL halaman bisnis yang terdaftar. Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mengklik opsi ‘Saya tidak memerlukan situs web’. Tetapi jika Anda ingin membuat website gratis, Google akan menyediakan layanannya.

5. Pilih opsi Verifikasi

Verifikasi penting untuk mencegah pihak yang tidak bertanggung jawab menyalahgunakan informasi terkait bisnis Anda. Selain itu, perusahaan yang telah diverifikasi juga dianggap memiliki reputasi baik dibandingkan dengan yang belum.

Memverifikasi Google Bisnisku itu mudah. Setelah Anda mengisi semua informasi dengan lengkap dan benar, segera pilih opsi konfirmasi dengan mengisi nama penerima surat. Kemudian klik Kirim Kartu Pos.

Tunggu surat dari Google sampai ke alamat yang Anda masukkan. Ingatlah bahwa selama proses verifikasi Anda tidak dapat mengedit informasi yang telah ditulis sebelumnya.

Jika ada informasi yang salah, Anda dapat mengeditnya sebelum mengonfirmasi. Caranya adalah dari akun Google Bisnisku Anda, buka menu dan klik Kelola Lokasi.

Cara Mendaftarkan Bisnis di Google selanjutnya klik Info di sisi kiri layar. Klik edit di bagian yang ingin Anda ubah, lalu masukkan informasi yang sesuai.

6. Verifikasi Google Bisnisku

Setelah menerima surat dari Google, Anda dapat melanjutkan proses verifikasi dengan menggunakan kode verifikasi yang disertakan dalam surat tersebut. Caranya buka akun Google Bisnisku dan pilih menu Verifikasi Lokasi.

Masukkan kode verifikasi dalam surat yang dikirim oleh Google. Proses verifikasi selesai.

7. Edit Google Bisnisku

Setelah proses verifikasi selesai, pemilik bisnis akun dapat mengedit dan memasukkan informasi tambahan tentang bisnis mereka melalui akun Google Bisnisku. Beberapa informasi yang dapat ditambahkan antara lain deskripsi bisnis, foto, jam operasional, fasilitas, dan menu.

5 Tips Menjaga Keamanan Lokasi

Jika Anda telah mendaftarkan lokasi rumah dan bisnis Anda di Google Maps, langkah selanjutnya adalah selalu menjaga sistem keamanan.

Rumah atau pusat bisnis yang sudah terdaftar di Google Maps dapat digunakan atau dicari oleh orang yang berniat jahat.

1. Pemasangan CCTV

Pemasangan CCTV sangat penting untuk sebuah pusat bisnis.

Alat ini membantu Anda memantau kondisi di sekitar bisnis dan rumah Anda.

Jika ada orang yang tidak bertanggung jawab, bukti yang terekam bisa dilacak.

Selain itu, cara memasang CCTV di rumah cukup mudah dilakukan sendiri, sehingga harganya pun sebenarnya lebih murah.

2. Pasang alarm

Alarm juga merupakan cara untuk menjaga keamanan rumah dengan model manual atau yang lebih canggih.

Alarm akan mengirimkan peringatan ketika seseorang mendobrak pintu atau jendela.

Dengan memasang alarm rumah, rumah menjadi lebih aman.

3. Alat Detektor Gerak

Langkah lainnya adalah memasang alat yang menggunakan sensor gerak dan suara.

Alat ini mengirimkan sinyal ketika ada suara atau gerakan yang mencurigakan.

Termasuk sinyal aneh yang dikirim dari seluruh rumah.

4. Teralis jendela dan

pintu Teralis adalah salah satu alat yang digunakan untuk mengamankan pintu dan jendela.

Keberadaan teralis sangat penting untuk menjaga keamanan rumah karena sulit dibuka maling.

Seorang pencuri atau orang asing akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk membuka teralis.

Layar pintu dan jendela ini juga sangat tahan lama.

5. Pasang kunci ganda dan gantungan kunci

Langkah lain untuk menjaga keamanan adalah dengan memasang kunci pintu dan gantungan kunci yang sudah teruji.

Pastikan ukuran kunci dan gantungan kunci pas untuk ukuran daun pintu atau daun pintu.

Meskipun ini adalah alat manual, ini dapat membantu menjaga keamanan rumah Anda.

6. Jangan biarkan rumah dalam keadaan kosong

Salah satu cara untuk mencegah kebobolan di dalam rumah adalah dengan tidak membiarkan rumah dalam keadaan kosong.

Jika Anda harus meninggalkan rumah dalam beberapa hari, usahakan untuk tidak memberikan tanda-tanda khusus.

Anda bisa menyalakan lampu di salah satu ruangan yang terlihat dari luar.

Atur radio yang diatur untuk menyala hanya pada waktu-waktu tertentu.

Jangan menyalakan lampu luar rumah dan hanya menyalakan lampu sudut di teras rumah.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Google Bisnisku

Selain calon pelanggan mengetahui informasi alamat Anda. Sebenarnya ada beberapa keuntungan lain jika Anda mendaftarkan bisnis Anda di Google Bisnisku, antara lain:

1. Bisnis Anda akan dipromosikan di Google Maps.

Jika Anda telah mendaftar, Anda mendapatkan kesempatan untuk dipromosikan melalui Google Maps secara gratis. Berdasarkan survei, setidaknya 77% pengguna internet menggunakan Google Maps. Sebagian besar dari mereka mengakses Google Maps dengan frekuensi yang cukup tinggi setiap bulannya.

Fakta yang mengejutkan, bukan? Artinya jika lokasi bisnis Anda terdaftar, Google Bisnisku akan secara otomatis mempromosikannya melalui Google Map. Apalagi jika Anda juga memiliki toko fisik. Konsumen yang penasaran atau calon konsumen akan datang langsung kepada Anda untuk membeli produk.

2. Mendapatkan review dari banyak pelanggan

Selain dipromosikan melalui Google Maps, Anda juga bisa mendapatkan kesempatan untuk direview oleh pelanggan atau pengunjung yang pernah melakukan transaksi di toko online atau di toko fisik. Review dari pelanggan sangat berguna untuk meningkatkan penjualan dan memperkenalkan brand Anda. Menariknya, Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan dengan menanggapi review yang mereka tinggalkan.

3. Layanan Website Gratis

Selain mendapatkan promosi dari Google Bisnisku, Anda juga mendapatkan website gratis. Jadi jika Anda tidak memiliki website penjualan, Anda bisa menggunakan website dari Google.

Dengan cara ini, pencuri akan mengira bahwa rumah tersebut berpenghuni dan tidak mau masuk ke dalam rumah.

Semoga artikel Cara Mendaftarkan Bisnis di Google membantu sobat yang ingin mendaftarkan usaha di Google Maps dan bagaimana cara mengamankan lokasi.