Aplikasi Google Calendar
4.bp.blogspot.com

Manfaat Aplikasi Google Calendar dan 7 Fitur Tersembunyi Google Calender

Meskipun merupakan perusahaan besar dan terkenal, orang-orang yang aktif di internet jarang mengetahui apa saja fitur tambahan yang berguna dari Aplikasi Google Calendar. Memang banyak sekali aplikasi reminder atau pengingat lain yang tersedia di internet.

Aplikasi Google Calendar
qwords.com

Selain menjadwalkan rapat atau janji temu, Google Kalender juga memiliki sejumlah fitur yang berguna untuk mempermudah kehidupan sehari-hari pengguna. Oleh karena itu, diharapkan pengguna yang sering online dapat menggunakan Google Calendar secara efektif untuk menghemat waktu.

Apa Itu Aplikasi Google Calendar

Google Kalender adalah aplikasi web manajemen waktu yang dikembangkan oleh Google, pertama kali dirilis pada 13 April 2006. Untuk menggunakan aplikasi Google Kalender ini, pengguna harus memiliki akun Google di smartphone atau komputer.

Aplikasi Google Calendar disediakan oleh Google secara gratis, pengguna Bisa bebas untuk mengatur berbagai aktivitas. Beberapa ponsel yang lebih baru menyertakan aplikasi Google Kalender sebagai aplikasi default. Oleh karena itu, saat Anda masih berada di email yang sama meskipun menggunakan perangkat yang berbeda, notifikasi Google Kalender mungkin tetap ditampilkan.

7 Fitur Keren Yang Dibuat Google Calendar

Dirangkum dari berbagai sumber berikut 7 fitur keren yang dibuat Aplikasi Google Calendar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

1. Bisa menjadwalkan ruang pertemuan.

Untuk mengakses fitur ini, ketuk tab Ruangan tempat Anda dapat menelusuri ruang rapat yang tersedia di perusahaan Anda. Sama seperti menambahkan tamu atau peserta, cukup ketik nama ruangan untuk melihat ruangan, lalu gunakan fitur filter untuk melihat ketersediaan ruangan kosong selama rapat.

2. Bisa menampilkan zona waktu sekunder atau kedua.

Indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu. Untuk itu, Aplikasi Google Calendar menyediakan fitur dimana warga negara Indonesia tidak perlu lagi bingung mencari waktu yang ingin dilihat. Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan, pilih Zona waktu dan pilih waktu kedua yang ingin Anda tampilkan di Google Kalender.

3. Tampilan kalender dalam setahun.

Banyak yang tahu bahwa Aplikasi Google Calendar dapat menampilkan tanggal hari, minggu atau bulan. Ternyata, Google Kalender juga bisa menampilkan tanggal hingga satu tahun. Untuk melihatnya, pengguna cukup mengetuk menu tampilan di kanan atas dan memilih Tahun atau Tahun.

4. Gunakan pencarian lanjutan untuk menemukan apa pun.

Setelah dikenal memiliki fungsi pencarian yang buruk, Kalender Google kini kembali dengan fungsi pencarian lanjutan. Untuk menggunakannya cukup sederhana, klik ikon pencarian dan ketik apa yang ingin Anda cari.

5. Dapat mengatur rapat atau durasi rapat.

Jika Anda sering menjadwalkan rapat dan bosan dengan prosedur yang berulang, coba ubah durasi yang biasa di pengaturan Google Kalender untuk mempercepat. Masuk ke pengaturan, klik Pengaturan Acara, Anda dapat melihat pengaturan yang disebut Rapat Cepat yang secara otomatis akan mengakhiri rapat 30 menit, dapat berakhir 5 menit lebih awal.

6. Ada tampilan program.

Sedikit terselubung, pengguna Aplikasi Google Calendar dapat berkonsultasi dengan jadwal. Biasanya, fitur ini berfungsi baik dengan Google Workspace di perusahaan yang berbagi Google Kalender dengan karyawannya. Untuk mengakses fitur ini, cukup tambahkan kalender rekan Anda dari sisi kiri dan kemudian tampilan Hari dari menu kiri atas Google Kalender. Selanjutnya, klik tanda centang di sebelah kalender rekan kerja. Anda dapat melihat jadwal mereka berdampingan dengan jadwal Anda untuk hari itu.

7. Dapat menampilkan jam dunia atau jam dunia.

Jika Anda diposting di luar Indonesia, terdapat fitur Google Calendar untuk mengetahui waktu di negara tempat Anda berada dan juga waktu di Indonesia. Di bawah kalender lunar di sebelah kiri, jam dunia menunjukkan waktu kota atau zona waktu, ikon matahari atau bulan saat ini.

Manfaat Aplikasi Google Calendar untuk Bisnis

Lebih dari sekadar Aplikasi Google Calendar, Google Kalender dapat menjadi platform manajemen waktu yang efektif. Penggunaannya tidak terbatas hanya untuk keperluan pribadi, tetapi juga untuk tujuan komersial. Beberapa fitur Google Calendar bahkan didesain untuk mempermudah aktivitas bisnis Anda. Salah satu keunggulan Google Calendar adalah kolaborasi dalam program perusahaan.

Terutama jika Anda menggunakan Google Kalender versi premium dengan langganan Google Workspace, bisnis Anda akan dapat menikmati manfaat tambahan. Memangnya apa sih kelebihan Google Calendar untuk bisnis? Simak daftarnya di bawah ini!

1. Penjadwalan Rapat yang Lebih Canggih

Biasanya, Aplikasi Google Calendar sebenarnya digunakan untuk membantu pengguna merencanakan atau menjadwalkan tugas harian. Ini juga dapat berfungsi sebagai pengingat untuk tenggat waktu kerja. Anda juga dapat menemukan fungsi dasar ini di Google Kalender. Namun, Google Kalender menawarkan manfaat yang membuat tugas penjadwalan lebih efisien.

Saat menjadwalkan rapat, misalnya, Google Kalender terlebih dahulu memeriksa apakah anggota tim dapat bergabung ke rapat pada waktu yang ditentukan. Jika tidak, Anda dapat menggunakan Cari Waktu atau Waktu yang Disarankan untuk menemukan tanggal dan waktu agar semua peserta rapat dapat bergabung secara permanen.

Dengan manfaat Google Kalender ini, Anda tidak perlu menghubungi setiap peserta rapat secara manual untuk menanyakan jadwal mereka dan mencocokkannya. Dengan kata lain, Google Kalender membantu Anda menghemat waktu dan tenaga.

2. Lampirkan dokumen untuk materi rapat

Sebelum rapat, idealnya Anda dan peserta lain mempelajari materi yang akan dibahas nanti. Bahan-bahan ini juga biasanya akan dibawa ke pertemuan. Namun, tidak jarang peserta rapat mengalami kesulitan menemukan materi karena terkubur di kotak surat atau tersembunyi di folder.

Sebagai solusinya, Google Kalender menawarkan fitur lampiran yang memungkinkan Anda melampirkan dokumen ke kalender Anda. Oleh karena itu, Anda dan seluruh peserta rapat dapat langsung mengunduh dokumen materi dari kalender masing-masing. Meninjau materi sebelum rapat juga dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus menghabiskan banyak waktu untuk mencari dokumen yang dimaksud.

3. Temukan jadwal rekan kerja lain dengan fungsi Bagikan

Anda juga dapat mencoba keunggulan Google Kalender dengan fungsi Bagikan. Selama Anda berdua menggunakan aplikasi Google Kalender, Anda dan anggota tim lainnya dapat saling berbagi kalender kerja. Dengan cara ini, sebelum mengundang mereka ke rapat atau menghadiri acara perusahaan pada tanggal tertentu, Anda dapat memeriksa kalender mereka terlebih dahulu untuk memastikan jadwal mereka kosong.

Jangan khawatir, meskipun fitur Bagikan memungkinkan Anda dan anggota tim Anda untuk melihat jam kerja semua orang, pemegang kontrol akses tetap bersama Anda. Ini berarti bahwa sebagai pemilik akun Google Kalender, Anda mengontrol siapa yang dapat melihat kalender Anda dan konten apa yang dapat mereka lihat.

Namun, saat Anda ingin melihat konten Google Kalender rekan kerja, Anda harus terlebih dahulu mengirimkan permintaan akses melalui aplikasi. Setelah disetujui, jadwal mereka akan muncul di bagian Jadwal Lainnya. Jika mereka menghapus akses Anda, Anda tidak dapat lagi melihat konten Google Kalender mereka.

4. Dapat dilihat di website

Mungkin sedikit orang yang mengetahui kelebihan dari Google Calendar ini. Bahkan, bagi pemilik website untuk keperluan bisnis, dapat memudahkan pengunjung website untuk menjangkau atau menghubungi Anda.

Dengan menampilkan Google Kalender di situs web Anda, Anda dapat memberi tahu pelanggan tentang acara khusus. Jadi, bagi Anda yang menawarkan layanan sebagai layanan, fitur ini tidak kalah bermanfaat. Berdasarkan Kalender Google yang Anda lihat di situs web, pengunjung juga tahu kapan mereka dapat menghubungi Anda untuk konsultasi atau kebutuhan lainnya.

Setelah mengetahui seberapa efektif Google Kalender untuk bisnis, inilah saatnya Anda dan tim Anda mulai menggunakan aplikasi. Maksimalkan dengan meningkatkan ke Google Kalender premium dan mendaftar ke Google Workspace.

Google Workspace memungkinkan Anda mengintegrasikan kalender Google Anda dengan berbagai produk Google premium lainnya seperti Gmail dan Meet. Cara mendaftarnya juga sangat sederhana, Anda hanya perlu menghubungi EIKON Technology sebagai reseller resmi produk Google di Indonesia. Tim teknologi EIKON siap menjawab semua pertanyaan Anda tentang Google Kalender dan Google Workspace.

Itulah artikel tentang Manfaat Aplikasi Google Calendar dan 7 Fitur Tersembunyi Google Calender, semoga bermanfaat ya sobat!