Aplikasi Google Chat
play-lh.googleusercontent.com

Mengenal Aplikasi Google Chat dan Fiturnya yang Perlu Anda Ketahui

Google telah mengumumkan bahwa mereka memasuki tahap akhir migrasi dari Hangouts klasik ke Google Chat untuk pelanggan Google Workspace (sebelumnya G Suite). Mulai 22 Maret 2022, Aplikasi Google Chat akan menjadi platform chat default bagi pelanggan yang masih menggunakan aplikasi Hangouts untuk ponsel cerdas iPhone dan Android.

Aplikasi Google Chat
pemmzchannel.com

Sekarang, Aplikasi Google Chat tersedia dalam dua cara: langsung terintegrasi dengan Gmail yang harus diaktifkan secara manual dan ada aplikasi standalone di Google Play dan App Store. Transisi dari Hangouts ke Chat telah berlangsung selama beberapa waktu dan pengguna sudah dapat melihat perubahannya. Khususnya, pengguna juga dapat melihat peringatan cepat tentang perubahan yang akan datang. Simak ulasan lengkapnya.

Apa itu Aplikasi Google Chat?

Google Chat adalah Aplikasi Google Chat dengan berbagai fitur untuk melakukan percakapan melalui aplikasi dan akun yang terintegrasi dengan Gmail Anda. Google Chat banyak dibicarakan karena aplikasi ini menggantikan pendahulunya, Google Hangouts.

Google Chat adalah alat komunikasi aman yang dirancang untuk memfasilitasi komunikasi bisnis dalam ekosistem Google Workspace.

Dengan Google Chat, tim berkolaborasi melalui teks, membuat ruang obrolan kolaboratif, berbagi dokumen, memberikan presentasi, dan menyelenggarakan konferensi web.

Dalam posting blog, Google menjelaskan bahwa hangouts.google.com akan terus berfungsi. Tidak mungkin untuk menghindari perubahan ini. Namun, saat pengguna membuka Hangouts klasik di Gmail di web atau aplikasi seluler Hangouts klasik, mereka dialihkan ke Chat. Transisi terakhir akan memakan waktu sekitar tiga minggu dari 22 Maret 2022.

Apa yang terjadi dengan Google Hangouts? Jawaban atas pertanyaan ini sederhana, tetapi prosesnya agak rumit. Google telah sangat meningkatkan stasiun Workspace-nya yang mencakup Gmail, Dokumen, Spreadsheet, Meet, Chat, dan lainnya. Sebagai hub, Gmail bertujuan untuk menjadi hub utama yang menawarkan layanan terintegrasi seperti Chat dan Meet, yang berarti pengguna tidak perlu lagi mengunduh aplikasi mandiri. Namun, aplikasi mandiri akan memberikan akses ke lebih banyak pengaturan dan fitur.

Sebagai bagian dari pembaruan baru, Google Chat akan tersedia untuk semua pelanggan, baik reguler maupun berbayar. Sebelumnya, aplikasi Chat hanya tersedia untuk pelanggan berbayar (Google Workspace).

Fitur Aplikasi Google Chat

Chat memiliki beberapa fitur yang berguna. Perangkat lunak ini menggunakan opsi teks prediktif untuk mengotomatisasi respons. Misalnya, jika seorang kolega mengatakan “Selamat siang”, Google akan memberi Anda daftar tanggapan yang sesuai seperti “Hai, apa kabar?”

Setelah obrolan dibuat, bagikan spreadsheet dan dokumen dari Google Drive. Setiap peserta kemudian akan dapat mengakses file melalui Google Docs.

Selain itu, menambahkan hal-hal seperti tautan konferensi video dilakukan dengan sangat cepat melalui UI obrolan. Setelah ditempatkan dalam obrolan, Google Chat akan menyediakan rapat yang dapat diklik untuk digunakan rekan kerja.

Contoh pengaplikasian Google Chat

Cara membuka dan menggunakan Google Chat. Google Chat mudah diakses di Google Workspace. Untuk mengaksesnya, gunakan tombol Google App Launcher di aplikasi Workspace mana pun.

Apa perbedaan antara Google Chat dan Google Hangouts?

Aplikasi Google Chat adalah aplikasi komunikasi cerdas untuk tim yang mengambil pesan langsung dari Google Hangouts dan memperluasnya untuk mencerminkan cara tim modern berbicara tentang bisnis.

Hasilnya, Google Chat mirip dengan evolusi Hangouts. Ini menyediakan komunikasi satu-satu yang sama tetapi memperluasnya agar lebih efektif di lingkungan perusahaan.

Fitur penting yang tersedia di Hangouts, seperti tanda dibaca, konferensi video dan audio, serta berbagi gambar, semuanya tersedia melalui Chat.

Selain itu, fitur yang lebih kuat dan ramah pengguna juga standar. Ini termasuk:

Saluran obrolan tim – Percakapan diubah menjadi ruang virtual di Google Chat. Pengguna Slack akan menemukan ini mirip dengan fitur Saluran. Dengan ruangan, tim Anda akan memiliki tempat sentral untuk berbagi file, mendelegasikan tugas, dan berkomunikasi sepanjang siklus hidup proyek. Ada juga utas diskusi bagi mereka yang ingin mendelegasikan tugas individu kepada anggota tim tertentu.
Kemampuan obrolan video yang lebih besar: Dengan Hangouts, Anda dibatasi hingga 10 peserta, tetapi Chat memperluas fungsi tersebut dengan struktur berbayarnya. Dengan fitur berbayar, obrolan Google Anda akan memiliki maksimal 250 peserta untuk obrolan video apa pun.
Integrasi Google Meet: Ini mungkin salah satu fitur obrolan terbaik. Saat ingin menyelenggarakan rapat, Anda cukup menandai Google Meet dengan peserta rapat. Setelah itu, Anda hanya perlu menyebutkan tanggal janji temu yang diusulkan dan janji temu kalender secara otomatis dibuat.

Apakah Google Chat tepat untuk organisasi Anda?

Meskipun tidak dikenal sebagai solusi seperti Slack atau Microsoft Teams, Google Chat adalah perangkat lunak atau perangkat lunak yang menyederhanakan cara tim Anda berkomunikasi.

Berbagi informasi dan dokumen serta berkolaborasi dengan ratusan kolega sangatlah mudah. Ini adalah opsi yang murah, terutama jika Anda sudah menjadi pelanggan Google Workspace.

Perhatikan bahwa menggunakan opsi pengembang Aplikasi Google Chat akan meningkatkan harga bagi mereka yang ingin menambahkan integrasi. Google juga telah memperluas fitur untuk membuatnya lebih sebanding dengan para pemimpin industri.

Fitur seperti pratinjau tertaut antara berbagai aplikasi Workplace dan kolaborasi waktu nyata pada dokumen di ruang obrolan, yang baru-baru ini diumumkan, akan membantu mencapai tujuan ini.