Sebutkan Jenis-Jenis Simbiosis
blogspot

Sebutkan Jenis-Jenis Simbiosis Berikut Ini Adalah?

Kuis Sebutkan Jenis-Jenis Simbiosis

Soal : Sebutkan jenis-jenis simbiosis dibawah ini adalah…

A. Simbiosis Mutualisme

B. Simbiosis Parasitisme

C. Simbios Komensalisme

D. Benar Semua

Pembahasan :

Simbiosis adalah hubungan ataupun interaksi antara dua organisme makhluk hidup yang berbeda. Ada enam macam-macam simbiosis yang bisa dipahami. Mulai dari simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme, amensalisme, netralisme, dan kompetisi.

Dengan demikian jawaban yang benar mengenai soal sebutkan jenis-jenis simbiosis adalah D. Benar Semua Mari kita simak pembahasan lebih lanjut pada artikel berikut ini.

Memahami pengertian simbiosis, sebutkan jenis-jenis simbiosis dan contohnya sangat penting untuk memahami lebih jauh tentang alam. Simbiosis adalah koeksistensi organisme yang berbeda.

National Geographic menjelaskan simbiosis sebagai hubungan atau interaksi antara dua organisme hidup yang berbeda. Ada enam kemungkinan jenis simbiosis.

Mulai dari simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme, amensalisme, netralisme, dan kompetisi.

Sebutkan Jenis-Jenis Simbiosis
blue.kumparan

Sebutkan Jenis-Jenis Simbiosis dan Contohnya

1. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis timbal balik adalah bagian dari berbagai bentuk simbiosis yang mewakili hubungan yang saling menguntungkan. Simbiosis mutualisme yang dicanangkan dari kemdikbud.go.id ini sangat positif karena kedua belah pihak akan diuntungkan.

Contoh simbiosis semacam itu adalah antara kupu-kupu dan bunga. Kupu-kupu menyerap nektar dari bunga. Kebalikannya adalah bunga mendapat bantuan dari pergerakan kupu-kupu menuju penyerbukan.

Kedua, kemdikbud.go.id memberikan contoh simbiosis simbiosis yaitu manusia dan bakteri. Kehadiran E. coli membantu orang mengurangi pertumbuhan bakteri jahat dan mempercepat proses pembusukan kolon.

Manfaat E.coli adalah mendapatkan makanan dari sisa proses buangan di usus besar manusia.

2. Simbiosis Komensalisme

Sebutkan jenis-jenis simbiosis yang kedua adalah simbiosis komensalisme. Simbiosis adalah bagian dari simbiosis berbeda yang mewakili hubungan antara dua organisme yang mendukung satu organisme. Kemdikbud.go.id menjelaskan bahwa dalam hubungan simbiosis ini, organisme lain tidak merugikan atau menguntungkan atau lebih netral.

Contoh paling umum dari jenis simbiosis ini terjadi pada ikan remora dan hiu. Saat hiu makan, seringkali sisa makanannya jatuh. Ketika sisa makanan jatuh, ikan remora menangkap hiu untuk mencium sisa makanan. Tidak ada bahaya atau manfaat bagi hiu.

Selain ikan dan hiu, kemdikbud.go.id memberikan contoh tanaman anggrek dan pohon mangga. Anggrek mendapat manfaat dari interaksi anggrek dan mangga dalam simbiosis yang beragam ini.

Berkat batang pohon mangga, anggrek memiliki tempat tumbuh, mendapatkan sinar matahari, air dan zat-zat untuk proses fotosintesis. Padahal pohon mangga itu tidak rusak atau hanya dikebiri.

3. Simbiosis Parasitisme

Sebutkan jenis-jenis simbiosis selanjutnya adalah simbiosis parasit yang merupakan bagian dari berbagai bentuk simbiosis yang menunjukkan hubungan yang menguntungkan dan merugikan antara kedua belah pihak. Berbeda dengan simbiosis timbal balik, kemdikbud.go.id menjelaskan bahwa simbiosis parasit adalah kecanduan yang muncul ketika satu pihak diuntungkan tetapi merugikan pihak lain.

Contoh hubungan simbiosis jenis ini terjadi pada nyamuk dan manusia. Nyamuk diuntungkan dengan menghisap darah manusia, sedangkan manusia dirugikan karena bisa terkena penyakit berbahaya seperti malaria atau demam berdarah.

Kemdikbud.go.id mencontohkan simbiosis yang terdapat pada lalat buah, lebih dari sekedar win-loss ratio antara nyamuk dan manusia. Lalat bisa mendapatkan makanan langsung dari buahnya serta berkembang biak di dalam buah tempat mereka tinggal. Pada saat yang sama, buah dengan lalat buah akan kehilangan hasil panennya karena lebih cepat membusuk.

4. Simbiosis Amensalisme

Simbiosis Amensalisme adalah bagian dari berbagai simbion dengan hubungan yang merugikan dan organisme lain yang netral atau tidak untung atau rugi. Simbiosis-amensalisme yang digagas dari Itb.ac.id merupakan kebalikan dari simbiosis-komensalisme.

“Simbiosis amensalisme juga berarti hubungan antara dua makhluk hidup yang merugikan satu, sedangkan yang lain tidak terpengaruh oleh apa pun,” jelasnya.

Contoh simbiosis jenis ini antara pohon kenari dan pohon sekitarnya. Pohon kenari dapat mengeluarkan senyawa yang disebut alelopati, yang dapat mencegah pohon terdekat lainnya untuk bertahan hidup. Dengan melepaskan senyawa ini, kenari bisa mendapatkan lebih banyak nutrisi dari tanah daripada pohon lain.

Contoh lain dari amensalisme dijelaskan oleh itb.ac.id, yang terjadi pada brokoli dan kubis. Brokoli mengandung senyawa resin yang biasanya mencegah brokoli mengering dengan cepat. Namun, senyawa ini dapat menyebabkan penyakit pada kubis. Kubis lebih cepat rusak. Kemudian cara menyimpan kedua sayuran tersebut terpisah.

5. Simbiosis Netralisme

Sebutkan jenis-jenis simbiosis yang ke 5 adalah Simbiosis netral yang merupakan bagian dari berbagai macam simbiosis yang hubungannya tidak menguntungkan atau merugikan organisme yang bersangkutan. Buka bola.com, tidak ada pihak yang berdampak pada untung atau rugi.

Jenis simbiosis ini, misalnya antara kambing dan ayam, tidak saling mempengaruhi karena memiliki jenis nutrisi yang berbeda. Kemudian katak dan ikan, katak biasanya makan di dalam air, tetapi katak tidak makan ikan. Interaksi antara keduanya tidak saling mempengaruhi.

Selain itu, bola.com menjelaskan hubungan antara sapi dan burung hantu, meskipun mereka hidup dalam ekosistem yang sama, mereka tidak saling menguntungkan atau merugikan karena sapi mencari makan di siang hari sedangkan burung hantu mencari makan di malam hari.

6. Simbiosis Kompetisi

Simbiosis kompetitif adalah bagian dari berbagai proses simbiosis yang mewakili hubungan dengan sumber daya kompetisi yang terbatas. Rilis luonto.com, biasanya makhluk yang lebih kuat memenangkan sumber daya.

Pada saat yang sama, makhluk yang lebih lemah dipaksa untuk mencari sumber daya lain dengan berubah. Contoh simbiosis jenis ini, seperti yang dijelaskan nature.com, adalah hubungan antara serigala dan beruang yang bersaing memperebutkan mangsa serupa di habitatnya.

Kemudian tanaman hutan bersaing untuk mendapatkan sinar matahari dan air. Tanaman dengan akar besar dan kuat menyerap lebih banyak air. Gorila jantan yang dominan melarang gorila lain kawin dengan betina.

Demikin penjelasan dari kami mengenai sebutkan jenis-jenis simbiosis, dan contohnya. Semoga pembahasan kami kali ini dapat membantu dan bermanfaat. Jangan lupa untuk terus dukung kami dalam memberikan artikel lain yang berkualitas dan bermanfaat. Terimakasih.