Efek Samping Minum Rebusan Sambiloto Tiap Hari
rejekinomplok

Ketahuilah Efek Samping Minum Rebusan Sambiloto Tiap Hari

Selain mempunyai manfaat luar biasa dalam bidang kesehatan, ternyata sambiloto atau Andrographis Paniculata juga mempunyai efek samping minum rebusan sambiloto tiap hari.

Daun sambiloto telah lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional asal Cina. Herbal dengan nama latin Andrographis paniculata ini disinyalir punya banyak manfaat, yang bahkan mampu mengatasi berbagai penyakit berbahaya.

Sambiloto memiliki senyawa andrographolides, yang diduga memiliki sifat antiradang, antivirus, dan antioksidan. Oleh karena itu, daun berwarna hijau ini sering dikonsumsi untuk mengatasi gejala pilek.

Tidak hanya itu, sambiloto juga disinyalir dapat mengobati penyakit kanker, rheumatoid artritis, penyakit jantung, dan HIV/AIDS.

Namun, di balik manfaat yang ditawarkan, Anda juga mesti waspada terhadap efek samping daun sambiloto.

Efek samping ini dapat terjadi, khususnya jika Anda sembarangan mengonsumsi herbal tersebut. Berikut efek samping minum rebusan sambiloto tiap hari yang harus kita ketahui.

Efek Samping Minum Rebusan Sambiloto Tiap Hari
cdn

Efek Samping Minum Rebusan Sambiloto Tiap Hari

Walaupun sambiloto memiliki banyak khasiat buat kesehatan, bukan berarti tanaman ini bisa disantap begitu saja.

Perlu diketahui efek samping minum rebusan sambiloto tiap hari.

Sebagian dampak samping sambiloto bisa menimbulkan permasalahan sungguh- sungguh spesialnya untuk seorang yang sudah mengidap penyakit kronis.

Efek samping minum rebusan sambiloto tiap hari yang harus diwaspadai:

  1. Infertilitas ataupun kendala pada sistem reproduksi yang berisiko menimbulkan kegagalan kehamilan.
  2. Kendala pencernaan semacam mual ataupun muntah.
  3. Hipotensi ataupun keadaan tekanan darah menyusut.
  4. Sakit kepala.
  5. Timbul ruam pada kulit.
  6. Hidung berair.
  7. Tidak nafsu makan.
  8. Kelelahan.

Efek Samping Lainnya Seperti :

1. Gangguan Saluran Pencernaan

Menurut dr. Atika, salah satu efek samping daun sambiloto jika dikonsumsi berlebihan adalah menyebabkan gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, hingga kehilangan nafsu makan.

2. Ruam

“Karena berlebihan, makan sambiloto bisa menyebabkan reaksi alergi yang berat. Salah satu gejala yang muncul adalah ruam kemerahan di tubuh,” ungkap dr. Atika.

3. Meningkatkan Enzim Hati

Berdasarkan dr. Atika, efek samping daun sambiloto jika dikonsumsi berlebihan adalah dapat menyebabkan peningkatan enzim hati. Hal tersebut berisiko pada kerusakan organ hati (liver).

4. Berkaitan Dengan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Konsumsi daun sambiloto berlebihan sangat tidak disarankan, karena diduga berhubungan dengan pembengkakan kelenjar getah bening. Kondisi ini bisa menyebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman.

5. Sakit Kepala

Salah satu efek samping daun sambiloto yang banyak ditemukan adalah sakit kepala. Mekanisme terjadinya hal ini masih belum dapat dipastikan.

Namun, diduga bahwa sakit kepala akibat mengonsumsi sambiloto terlalu banyak berhubungan dengan efek kelelahan pada tubuh.

6. Menimbulkan Reaksi Anafilaksis

Ramuan sambiloto yang diberikan kepada penderita HIV/AIDS ternyata dapat menimbulkan reaksi anafilaksis.

Kondisi itu terjadi ketika dosis yang diberikan adalah 10 miligram per kilogram berat badan.

Reaksi anafilaksis adalah kondisi ketika tubuh mengalami syok karena alergi yang berat.

Itu dia beberapa efek samping minum sambiloto tiap hari yang bisa saja terjadi. Di samping masalah-masalah tersebut, konsumsi sambiloto secara sembarangan atau berlebihan juga dapat menyebabkan hipotensi alias tekanan darah sangat rendah.

Bahkan, terdapat pula dugaan bahwa konsumsi daun sambiloto sembarangan bisa meningkatkan gangguan kesuburan (infertilitas).

Kendati demikian, efek samping daun sambiloto tersebut mungkin tidak terjadi pada setiap orang. Keluhan yang dialami pun mungkin akan bervariasi.

Hal yang jelas, Anda tetap harus membatasi porsi daun sambiloto yang dikonsumsi. Jika ingin lebih aman, Anda sebaiknya berkonsultasi kepada dokter, apalagi jika sedari awal sudah mengalami gangguan kesehatan.

Selain itu, Anda pun harus berhati-hati dengan suplemen sambiloto yang diperjualbelikan secara bebas.

Pastikan hanya membeli yang telah berlabel BPOM. Jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, ya!

Sejatinya, manfaat daun sambiloto untuk kesehatan belum sepenuhnya terbukti oleh penelitian medis.

Tidak seluruh orang yang komsumsi sambiloto hendak hadapi efek samping semacam di atas.

Metode nyaman buat komsumsi sambiloto merupakan dengan menakar kebutuhan dosis yang diperlukan ataupun dalam kata lain tidak melebihi dosis.

Tidak hanya itu, jangan komsumsi sambiloto buat jangka panjang. Bila ragu ataupun tidak percaya, konsultasikan dengan dokter terlebih dulu saat sebelum komsumsi sambiloto.

Apabila Anda punya pertanyaan terkait efek samping minum rebusan sambiloto tiap hari, Anda sebaiknya melakukan konsultasi kepada dokter. Terimakasih, semoga membantu dan bermanfaat.