Jubun Artinya
cdn-cas.orami

Jubun Artinya Adalah? Yuk Temukan Jawabannya Disini!

Kuis Jubun Artinya

Jubun Artinya Adalah

Soal : Dibawah ini, Jubun artinya adalah…

A. Pemberani

B. Rendah Hati

C. Pemarah

D. Penakut

Pembahasan :

Lawan dari keberanian (syaja’ah) adalah (al Jubn), atau jubun artinya yaitu penakut. Takut kalah, takut gagal, takut perang, takut mati, takut dihukum, takut tidak dihakimi, takut berkata jujur, dan ketakutan lainnya.

Dengan demikian, maka Jubun artinya adalah… jawaban yang tepat yaitu opsi D. Penakut. Untuk lebih jelasnya mari kita simak pada artikel berikut ini.

Jubun Artinya
sindonews

Jubun Artinya Adalah

Lawan dari keberanian (syaja’ah) adalah (al Jubn), atau jubun artinya yaitu penakut. Takut kalah, takut kalah, takut gagal, takut perang, takut mati, takut dihukum, takut tidak dihakimi, takut berkata jujur, dan ketakutan lainnya.

Jubun adalah salah satu sifat tercela itu. Sifat seseorang yang ketakutannya didominasi oleh nafsu akan kesenangan duniawi. Meskipun Allah yang menciptakan dan memberinya banyak kesenangan tidak perlu ditakuti.

Kepengecutan seperti itu merupakan hambatan dan hambatan bagi kesuksesan dan kebahagiaan. Dan jika sifat ini dipupuk dan menjadi sifat, mau tidak mau akan menimbulkan kerusakan, bahkan kehancuran.

Banyak orang memiliki pikiran pengecut. Apalagi di zaman yang serba instan, pragmatis, dan materialistis ini. Keberanian seseorang, terutama para pejabat atau pemimpin, begitu mudahnya menyerang dari suasana kehidupan duniawi yang sembrono.

Terlebih lagi, ketika dia merasa berhutang, disuap, atau dibayar, keberaniannya untuk mengungkapkan kebenaran atau haknya hampir tidak ada atau hilang sama sekali. Karena dia penuh dengan kebingungan, situasinya tidak menentu dan dia merasa disandera. Merasa kesal, seperti kucing kehilangan kucing.

Padahal, dalam konteks kemerosotan moral atau kezaliman yang semakin kompleks dan meluas, bangsa dan negara ini selalu membutuhkan karakter orang-orang pemberani. Tanpa terkecuali, mereka yang diberi posisi kepemimpinan. Dengan cara ini, bangsa dan negara ini dapat dibebaskan dan dibebaskan dari belenggu ketidakadilan yang membawa kesulitan dan penderitaan.

Keberanian bukanlah kesediaan untuk berkorban dan kemudian tunduk pada siapa pun tanpa memandang baik dan jahat. Entah dia dalam posisi benar atau salah, seperti serangan teroris, pelaku bom bunuh diri, atau ikut perang tanpa arah dan tujuan yang jelas.

Keberanian juga tidak didramatisasi atau dipandu hanya oleh keinginan untuk marah, dendam, balas dendam, dan nafsu lainnya. Misalnya, berani menuduh tanpa bukti, berani memilih orang sembarangan, berani membuat pernyataan palsu di pengadilan, dll.

Tidak lain adalah sikap keberanian yang berani, yaitu keberanian yang dibangun di atas iman dan kebenaran, digunakan dengan penuh pertimbangan, akurat dan terukur. Potensi keberanian digunakan sebagai kekuatan dan amunisi untuk menyampaikan kebenaran, keadilan, dan kepentingan publik.

Berani mengatakan yang sebenarnya, bahkan di hadapan pemerintah atau penguasa yang melanggar hukum atau mengabaikan janji dan kewajibannya. Lebih baik lagi, berani mengakui kesalahan Anda, dengan penyesalan dan tekad untuk tidak mengulanginya. Atau berani bertobat.

Ciri utama seorang mukmin dan sumber keberanian adalah iman dan rasa hormat kepada Allah. Mentalitas dan pemikirannya begitu kuat sehingga dia tidak takut kepada siapa pun selain Allah. Cukuplah Allah sebagai seorang akuntan (QS Al Ahzab [33]: 39) dan cukuplah Allah sebagai Penolong karena Dialah sebaik-baik Pelindung. (Surat Ali Imran [3]: 173).

Selain itu, ketekunan atau sifat berada di jalan yang benar merupakan faktor penting dalam mengembangkan keberanian setiap orang percaya. Jadi dia tidak merasa malu dan tidak takut untuk mengatakan yang sebenarnya dan berpura-pura. Yang salah dikatakan salah, yang benar dikatakan benar.

Demikian juga dia tidak takut mati, apalagi mati di medan perang (jihad) di jalan Allah. Bahkan, kematian di medan perang membela Allah atau agama dalam negeri, seperti yang telah dilakukan Nabi Muhammad dan para sahabat sebagai contoh, sudah menjadi hal yang diharapkan. Seperti yang dikatakan Komandan Khalid Ibn Walid kepada tentara Romawi, “Kami memiliki tentara yang mencintai kematian seperti Anda mencintai kehidupan.”

Seringkali sulit untuk berkompromi pada puncak keberanian seperti itu. Artinya, keberaniannya telah mengkristal dan menjadi mentalitas yang tidak bisa ditawar-tawar atau disuap dengan objek material apapun, termasuk sejumlah ejekan. Ini adalah inti dari keberanian yang didasarkan pada nilai-nilai spiritual dan moral. Wallahu Al Musta’an.

Inilah penjelasan singkat dari kami, tentang Jubun artinya adalah.. sobat otobiez sekarang sudah tahu bukan apa arti dari jubun? Ya benar sekali, arti jubun adalah penakut. Terimakasih sobat otobiez semua yang telah dukung kami. Dukungan dari sobat otobiez semua meningkatkan semangat kami untuk memberikan artikel yang berkualitas dan bermanfaat. Terimakasih.

Saran Vidio Untuk Anda Yang Memiliki sifat Jubun :