Hiu Kalimantan Berkembang Biak Dengan Cara
asset.kompas

Hiu Kalimantan Berkembang Biak Dengan Cara? Yuk Simak Disini!

Kuis Hiu Kalimantan Berkembang Biak Dengan Cara

Soal : Hiu kalimantan berkembang biak dengan cara, dibawah ini adalah…

A. Ovipar

B. Ovovivipar

C. Vivipar

D. Benar semua

Pembahasan :

Cara berkembang biak hiu cukup unik. Dari sekitar 450 spesies ikan hiu yang ada punya cara berkembang biak berbeda. Diketahui dari situs Sharktrust, hiu biasanya berkembang biak dengan tiga cara, yaitu bertelur (Ovipar), bertelur dan bertelur (Ovovivipar), melahirkan (Vivipar).

Jadi, jawaban dari soal Hiu kalimantan berkembang biak dengan cara, jawaban yang benar adalah D. Benar semua

Mari kita simak lebih lanjut mengenai cara hiu berkembang biak pada artikel di bawah ini.

Hiu Kalimantan Berkembang Biak Dengan Cara
blogspot

Hiu Kalimantan

Hiu Kalimantan (Carcharhinus borneensis) adalah spesies hiu yang sangat langka dari famili Carcharhinidae. Hiu langka ini berkembang biak dalam karnivora.

Pakar ikan Belanda Pieter Bleeker pertama kali mendeskripsikan hiu Borneo sebagai Carcharias (Prionodon) borneensis pada tahun 1858 dalam jurnal ilmiah Acta Societatis Regiae Scientiarum Indo-Neerlandicae. Ikan ini didasarkan pada tubuh hiu jantan sepanjang 24 cm yang ditangkap di dekat Singkawang di Kalimantan.

Hiu Kalimantan ditemukan di perairan pantai dangkal di barat laut Kalimantan dan mungkin di tempat lain di Asia Tenggara. Hiu kecil, yang tumbuh hingga 70 cm, adalah satu-satunya anggota genus yang memiliki pori-pori membesar di atas sudut mulutnya. Ikan ini memiliki tubuh yang ramping, berwarna putih keabu-abuan, moncong panjang yang tajam di bagian bawah dan atas.

Hiu Borneo telah diklasifikasikan oleh IUCN sebagai sangat terancam punah karena hanya beberapa penampakan yang dikonfirmasi dan penangkapan ikan yang diamati di daerah tersebut.

Hiu Kalimantan Berkembang Biak Dengan Cara 3 Proses Yang Berbeda

Penangkaran hiu cukup unik. Ada berbagai metode pemuliaan untuk sekitar 450 hiu. Diketahui dari situs Sharktrust, hiu biasanya berkembang biak dengan tiga cara, yaitu bertelur (Ovipar), bertelur dan bertelur (Ovovivipar), melahirkan (Vivipar).

1. Dengan pemijahan (Ovipar)

Jenis hiu tertentu berkembang biak dengan cara bertelur, yaitu hiu karper, hiu bambu, hiu kucing, hiu kucing, dan hiu tanduk. Betina menembak telur untuk waktu yang lama dan memastikan mereka berada di tempat yang aman. Mungkin diperlukan waktu 6 hingga 9 bulan sebelum mereka siap menetas.

Hiu bertelur di dalam cangkang keras. Tergantung pada spesiesnya, sifat-sifat seperti jumbai melengkung, tanduk, dan serat lendir lengket menempel pada cangkang telur ke terumbu karang atau rumput laut. Di sini embrio berkembang. (Baca juga; Hiu Macan Tutul Terjebak di Pangandaran Juli-Agustus, Ada Apa?)

The Guardian bertindak sebagai mesin pendukung kehidupan yang mencakup semua yang Anda butuhkan. Embrio menyerap nutrisi dari kantung kuning telur sebelum menetas. Karton telur kosong sering ditemukan hanyut dari pantai. Ini menunjukkan spesies dari mana hiu itu berasal, ukuran dan bentuknya.

2. Dengan bertelur dan melahirkan (Ovovivipar)

Hiu bersarang Ovovivipar termasuk hiu putih, hiu buaya, hiu kontinental, hiu gergaji, hiu macan pasir, hiu macan, dan pari dari tangkapan hiu.

Saat bertelur, hiu betina bertelur. Namun, telur tersebut tidak diletakkan di satu tempat, melainkan tetap berada di dalam tubuh. Jadi telur tetap aman dari pemangsa dan embrio hiu berkembang di dalam cangkang dengan selaput tipis.

Hiu bertanduk (spesies ikan Port Jackson) bertelur besar seperti spiral yang terletak di antara bebatuan di dasar laut. Tampilan / Ist / sharktrust.

Saat berkembang, hiu menetas di dalam ibu dan kemudian melahirkan anak laki-laki. Pada beberapa spesies, anak ayam tidak lahir segera setelah menetas. Sebaliknya, mereka hidup di dalam rahim dan memberi makan telur yang tidak subur. Ini disebut oophagia.

Bahkan hiu macan pasir tidak hanya memakan telur yang tidak subur tetapi juga saudara kandungnya yang tidak subur! Ini disebut kanibalisme di dalam rahim. (Baca selengkapnya; Saat nafsu makan hadir, ikan paus berperan penting sebagai sumber nutrisi laut)

3. Dengan melahirkan atau melahirkan (vivipar)

Beberapa hiu melahirkan atau memakan daging, yaitu hiu banteng, hiu biru, dan hiu palu. Vivipar adalah metode reproduksi yang paling canggih. Bayi hiu berkembang di dalam tubuh induknya dan menerima nutrisi dan oksigen melalui tali pusar.

Ini adalah metode yang sama yang digunakan oleh mamalia. Tetapi tidak seperti mamalia, setelah kelahiran keturunannya, mereka segera mandiri dan harus bertahan hidup sendiri.

Demikan jawaban dari Hiu kalimantan berkembang biak dengan cara? Semoga penjelasan dari kami ini membantu dan bermanfaat. Terimakasih.