Bantuan PIP Adalah
lawangpost

Bantuan PIP Adalah, Yuk Simak Penjelasannya Disini!

Apa itu dana bantuan PIP? Dana bantuan Program Indonesia Pintar atau dana bantuan PIP adalah Dana bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada kanak- kanak sekolah. Sasaran utamanya merupakan mereka yang berasal dari keluarga kurang sanggup.

PIP ialah salah satu program pemerintah selaku bantuan Siswa Miskin( BSM). Kemudian, berapa besaran dana bantuan PIP? Berikut data lengkapnya.

Bantuan PIP Adalah
news.schm

Bantuan Pip Adalah?

Apa itu dana bantuan PIP? Mengutip dari web formal Indonesia Pintar Kemdikbud, dana bantuan PIP merupakan salah satu program pemerintah dalam menunjang anak umur sekolah( 6- 21 tahun) yang berasal dari keluarga tidak sanggup. Di sisi lain, penerima dana bantuan PIP diperuntukan kepada:

  • Owner Kartu Keluarga Sejahtera( KKS)
  • Partisipan Program Keluarga Harapan( PKH)
  • Yatim piatu
  • Penyandang disabilitas
  • Korban musibah alam/ musibah

Siapakah Penyelenggara Dana Bantuan PIP?

Persoalan apa itu dana bantuan PIP telah terjawab. Kemudian, siapa penyelenggaranya? Pemberian dana bantuan PIP ialah kerja sama 3 departemen, ialah Departemen Pembelajaran serta Kebudayaan( Kemendikbud), Departemen Sosial( Kemensos) serta Departemen Agama( Kemenag).

Dana bantuan PIP Adalah? dan Tujuan Dana bantuan PIP

Dana bantuan PIP diberikan selaku sokongan kepada anak umur sekolah yang berasal dari keluarga tidak sanggup buat memperoleh layanan pembelajaran. Berikut tujuan pemberian dana bantuan PIP:

  • Menolong kanak- kanak umur sekolah dari keluarga tidak sanggup supaya memperoleh layanan pembelajaran hingga tamat pembelajaran menengah, baik lewat jalan pembelajaran resmi( mulai SD/ MI sampai anak Lulus SMA/ Sekolah Menengah Kejuruan(SMK)/ MA) ataupun pembelajaran non resmi( Paket A sampai Paket C dan kursus terstandar).
  • Menghindari partisipan didik yang berasal dari keluarga kurang sanggup terserang mungkin putus sekolah.
  • Menarik siswa putus sekolah buat kembali melanjutkan pendidikannya.
  • Meringankan bayaran pembelajaran tiap partisipan didik.

Berapa Besaran Dana Bantuan PIP?

Dana bantuan PIP diharapkan bisa kurangi jumlah siswa yang putus sekolah sebab minimnya bayaran pembelajaran. Besaran dan bantuan PIP adalah:

  1. Siswa/ siswi jenjang SD/ MI/ Paket A: Rp450. 000/ tahun
  2. Siswa/ siswi SMP/ MTs/ Paket B: Rp750. 000/ tahun
  3. Siswa/ siswi SMA/ Sekolah Menengah Kejuruan(SMK)/ MA/ Paket C: Rp1. 000. 000/ tahun

Data lain terpaut apa itu dana bantuan PIP ialah persyaratan serta kewajiban penerima dana bantuan PIP.

Persyaratan Registrasi Penerima Dana Bantuan PIP

Tiap anak penerima dana bantuan PIP cuma boleh mempunyai satu Kartu Indonesia Pintar( KIP). Buat mendaftar selaku penerima dana bantuan PIP, berikut syarat- syaratnya.

  1. Mempunyai Kartu Indonesia Pintar( KIP) selaku bukti diri penerima dana bantuan PIP.
  2. Bawa Kartu Keluarga Sejahtera( KKS) orang tua ke lembaga pembelajaran terdekat dikala mendaftar.
  3. Bila tidak mempunyai KKS, dapat ditukar dengan Pesan Penjelasan Tidak Sanggup( SKTM) dari RT/ RW serta Kelurahan/ Desa.

Kewajiban Penerima Dana bantuan PIP

Persoalan tentang apa itu dana bantuan PIP telah terjawab. Berikutnya, penerima dana bantuan PIP mempunyai beberapa kewajiban yang wajib dikenal. Ada pula kewajiban- kewajiban yang diartikan ialah:

1. Menjaga dan menyimpan KIP

2. Memakai dana bantuan PIP dengan sebaik bisa jadi buat keperluan sekolah selaku berikut:

  • Membeli peralatan sekolah/ kursus
  • Selaku duit saku serta bayaran transportasi
  • Buat membayar bayaran aplikasi bonus serta bayaran uji kompetensi.

3. Belajar serta bersekolah dengan giat serta disiplin.

Cukup mudah bukan untuk memperoleh dana bantuan PIP. Bantuan juga tidak terlepas setelah kamu duduk di bangku Sekolah Menengah. Dengan KIP kamu bahkan dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak menempuh pendidikan setinggi-tingginya.

Demikian artikel kami kali ini mengenai bantuan PIP adalah, Tujuan bantuan PIP, Besaran dana bantuan dan persyaratan bantuan dana PIP. Semoga bermanfaat. Terimakasih.