Hal Yang Harus Dilakukan Saat Mengurai Teks Eksplanasi
asset-a.grid

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Mengurai Teks Eksplanasi Adalah

Kuis Hal Yang Harus Dilakukan Saat Mengurai Teks Eksplanasi

Soal : Hal yang harus dilakukan saat mengurai teks eksplanasi adalah ….

a. mendengar
b. menulis
c. membaca
d. merangkum

Pembahasan :

Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahas indonesia (KBBI), menguraikan adalah memaparkan dan menjelaskan sesuatu yang ringkas; menjabarkan; menganalisis. Dalam menjelaskan teks eksplanasi secara singkat, hal utama yang harus kita lakukan adalah membaca teks secara saksama. Hal ini bermaksud agar kita bisa mengetahui isi teks secara garis besar.

Dengan demikian, Hal yang harus dilakukan saat mengurai teks eksplanasi, jawaban yang tepat adalah pilihan C yaitu membaca. Mari kita simak penjelasannya lebih lanjut mengenai Hal yang harus dilakukan saat mengurai teks eksplanasi, pada artikel di bawah ini.

 

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Mengurai Teks Eksplanasi
dosenpendidikan

Pengertian Teks Eksplanasi

Jika dilihat secara etimologis atau linguistik, asal mula narrative text berasal dari bahasa Inggris yaitu “Liberation” yang artinya menjelaskan atau menjelaskan. Sedangkan dari segi terminologi, teks eksplanasi adalah paragraf yang berisi informasi langkah-langkah “mengapa” dan “bagaimana”. Ada beberapa rangkaian peristiwa dalam teks, yang kemudian diperlakukan sebagai teks yang lebih umum, sehingga fakta-fakta tersebut secara umum tampak seperti fakta budaya, alam, ilmiah, dan sosial.

Setiap peristiwa yang terjadi harus mencakup hubungan sebab akibat dan proses yang terjadi di dalamnya. Di sini Anda dapat membuat ringkasan acara dari awal hingga akhir. Jadi, setelah seluruh rangkaian acara menjadi perpanjangan teks yang lengkap, Anda dapat mencari dan menemukan template dan acara yang lebih mendetail.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Setiap jenis teks harus memiliki properti yang berbeda. Keistimewaan teks naratif ini hanya terdapat pada teksnya saja, sehingga memudahkan pembaca untuk membedakan dan mengetahui perbedaannya dibandingkan dengan teks lainnya. Teks eksplanasi ini, dalam bentuk teks eksplanasi, biasanya tidak berusaha membuat pembaca percaya semua penelitian yang tercakup dalam teks. Bahkan, lebih ditekankan pada penyajian informasi yang benar dan akurat dalam teks eksplanasi ini. Fitur-fiturnya adalah sebagai berikut:

  1. Teks naratif adalah jenis teks yang berisi informasi faktual dan faktual, sehingga jenis teks ini bukan fiksi atau fiksi belaka.
  2. Fakta dan informasi dalam teks eksplanasi sesuai dengan ilmu pengetahuan.
  3. Teks naratif memiliki tiga struktur, yaitu kalimat umum, kausal, dan interpretatif.
  4. Memahami karakter urutan seperti pertama, kedua, ketiga, bahkan menggunakan kata pertama, akhir, atau berikutnya.

Kaidah Dalam Pembahasan Teks Eksplanasi

Setiap jenis teks memiliki tesisnya sendiri. Sehingga seringkali pembahasan satu jenis teks dengan yang lain berbeda. Dengan menggunakan aturan diskusi ini, mudah bagi pembaca untuk menebak jenis teks apa yang sedang dibacanya. Aturan argumen yang digunakan dalam penulisan persuasif adalah:

  • Teks naratif sering mengandung bahasa atau istilah ilmiah.
  • Perdebatan bersifat umum dan tidak melibatkan partisipasi manusia.
  • Penulis membuat karangan narasi berdasarkan apa yang sebenarnya terjadi.
  • Kalimat pasif biasanya digunakan dalam teks persuasif.
  • Ada hubungan sebab akibat dan waktu dalam teks naratif.
  • Penggunaan verba dalam teks naratif seringkali bersifat relatif dan dokumenter.

Struktur Dalam Teks Eksplanasi

Teks naratif juga memiliki struktur tersendiri yang membedakan satu jenis teks dengan jenis teks lainnya. Karena struktur juga mempengaruhi teks yang disajikan, jika tidak ada struktur dalam teks, tentu saja teks sangat membingungkan dan tidak disarankan dengan benar. Struktur esai yang meyakinkan yang dapat Anda ketahui:

1. Pernyataan umum

Setiap struktur teks yang muncul pertama kali merupakan pernyataan umum. Teks eksplanasi itu sendiri adalah teks pengantar yang menjelaskan tema di balik teks dan proses yang berkembang dan terdiri dari fakta-fakta tertentu.

2. Urutan sebab akibat

Memahami sebuah cerita tentunya membutuhkan urutan atau kronologi cerita. Struktur kedua kemudian mencakup penjelasan langkah-langkah acara secara menaik dari awal hingga akhir.

3. Interpretasi

Bagian ketiga ini membahas pernyataan yang dibuat tentang topik yang dijelaskan dalam teks. Bahkan dapat dikatakan bahwa struktur ini merupakan kesimpulan dari teks naratif itu sendiri, sehingga pembaca dapat memaknai seluruh isi teks yang telah dibacanya.

Bagian- bagian Teks Eksplanasi

Bagian teks naratif ini digunakan untuk mendukung pengoperasian teks itu sendiri. Jadi menulis biasanya dilakukan dengan deskripsi yang mudah dipahami. Berikut adalah pengaturan atau panduan yang dapat Anda ikuti:

  • Pembuka

Biasanya dalam teks persuasif, pendahuluan berisi penjelasan penulis tentang topik yang dipilihnya dan argumen dalam teks secara umum.

  • Isi

Tubuh adalah bagian dari rangkaian penjelasan tentang fenomena yang ada dan mengapa mereka dibahas dalam teks.

  • Penutup

Kesimpulan ini lebih menekankan pada semua rangkuman atau rangkuman dari penjelasan inti yang dibahas dalam teks.

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Mengurai Teks Eksplanasi

1. Memastikan sesuatu peristiwa yang hendak dipaparkan

2. Mendaftar topik topik yang hendak dibesarkan jadi bacaan eksplansi

3. Menyusun kerangka karangan dengan struktur baku dari bacaan eksplanasi dengan lapisan paragraf secara sebab- akibat ataupun kronologis

4. Meningkatkan kerangka yang sudah disusun jadi bacaan eksplanasi yang lengkap serta utuh dengan mencermati struktur bakunya ialah identifikasi fenomena, proses peristiwa, serta ulasan

5. Menyunting bacaan eksplanasio paling utama yang berhubungan dengan:

  • Ketepatan tipe teks
  • Struktur teks
  • Kepanduan teks
  • Kaidah kaidah kebahasaan
  • Ketepatan penyusunan ejaan serta ciri baca

Contoh Teks Eksplanasi Dan Strukturnya

Untuk membuat teks lebih mudah dipahami dan dipahami, salah satu cara terbaik adalah dengan membaca contoh dan kemudian mencobanya sendiri. Berikut adalah contoh yang dapat Anda pelajari terlebih dahulu. Contoh karangan pengantar kali ini berkaitan dengan masalah sosial kemiskinan.

1. Pernyataan umum sebagai pembuka

Kemiskinan adalah tingkat pendapatan yang berlaku pada masyarakat berpenghasilan rendah yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar (perlindungan, pangan, pendidikan, dll). Biasanya orang miskin tinggal di bawah jembatan, gubuk, dan tepi sungai. Tidak jarang banyak orang miskin membangun rumah sendiri di atas tanah negara. Kemiskinan terjadi di seluruh dunia, dan sebagian besar negara berkembang memiliki masalah kemiskinan yang sama

2. Deretan penjelasan atau isi

Kemiskinan disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah kelangkaan pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan pendidikan. Perbudakan, kebangkrutan, bencana dan bahkan struktur sosial yang harus disalahkan. Adanya struktur dan perilaku sosial yang mendominasi masalah kemiskinan. Reputasi, perilaku konsumsi, dan pengeluaran yang tidak sama dengan pendapatan dimasukkan.

Faktor dalam struktur sosial berkaitan dengan masalah genetik (misalnya, mendapatkan pendidikan untuk orang miskin). Kemudian muncul gengsi, yaitu masyarakat yang mengutamakan keinginan daripada kebutuhan.

Misalnya, menaikkan upah minimum, meningkatkan kesempatan kerja, memberikan pendidikan gratis dan menyediakan perumahan yang terjangkau. Masyarakat juga harus mendukungnya dengan tidak hidup berlebihan, berhemat dan membantu sesama dengan bahagia. Dengan kerjasama yang baik dari kedua belah pihak, pengurangan kemiskinan bisa sangat efektif.

3. Penutup atau interpretasi

Seharusnya tidak ada kemiskinan di Indonesia jika berbagai pihak dapat menerima dan mensyukuri apa yang mereka miliki. Untuk itu sikap ini harus dihilangkan dan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat harus terus dilakukan agar pengentasan kemiskinan dan pemerataan dapat merata dari Indonesia.

Kesimpulan dan penutup

Jika Anda telah mengikuti petunjuk di atas dengan cermat, Anda tentu saja harus dapat membuat teks eksplanasi Anda sendiri. Anda juga dapat menentukan tema tulisan Anda sendiri. Kita hanya perlu terus menulis dari sudut pandang netral penulis dan menyajikan fakta-fakta terutama di atas milik Anda, seolah-olah tulisan semacam itu dibuat untuk menyajikan fakta-fakta.

Anda juga dapat mencari dan meringkas sumber teks yang ada dengan informasi yang Anda miliki. Selalu pastikan bahwa struktur, bagian dan isi artikel konsisten dengan semua yang telah Anda pelajari di atas. Edit dan Atur teks Anda untuk menghindari kesalahan ketik dan minta pihak lain untuk meninjau penjelasan yang baik dan akurat jika perlu. Demikian penjelasan kami tentang hal yang harus dilakukan saat mengurai teks eksplanasi. Terimakasih.