Rukun Umroh Ada Berapa Jenis
tokopedia

Rukun Umroh Ada Berapa Jenis? Simak Penjelasannya Disini!

Apakah sobat otobiez disini tahu, rukun umroh ada berapa jenis? Pengertian Umroh yang dimaksud adalah ziarah yaitu mengunjungi Ka’bah dan melakukan tawafia di sekitarnya. Dipinjam dari perpustakaan digital UIN Walisongo, dari buku Fiqih Praktis karya Al Habsi dkk., Makna umrah dilanjutkan dengan kata sa’i dan tahalul.

Anjuran untuk melaksanakan umrah disebutkan dalam beberapa ayat Al-Qur’an, salah satunya adalah surat Al Baqara ayat 158.

إِنَّ ٱلصَّفَا وَٱلْمَرْوَةَ مِن شَعَآئِرِ ٱللَّهِ ۖ فَمَنْ حَجَّ ٱلْبَيْتَ أَوِ ٱعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَن يَطَّوَّفَ بِهِمَا ۚ وَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَإِنَّ ٱللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ

Arab latin: Innaṣ-ṣafā wal-marwata min sya’ā`irillāh, fa man ḥajjal-baita awi’tamara fa lā junāḥa ‘alaihi ay yaṭṭawwafa bihimā, wa man taṭawwa’a khairan fa innallāha syākirun ‘alīm

Artinya: “Sesungguhnya Shafaa dan Marwa adalah sebahagian dari syi’ar Allah. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau ber’umrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa’i antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui.”

Dikutip dari kitab Fiqih Umroh karya Muhammad Ajib, Lc, MA, rukun umroh ada berapa jenis, hukum umroh berbeda-beda antar imam mahdzab. Mahdzab Syafi’i dan Hambali mengklaim bahwa umrah adalah wajib bagi mereka yang mampu. Umat Islam yang diharamkan tidak boleh menunda pelaksanaan umroh.

Meskipun mazhab Hanafi dan Maliki mengklaim bahwa umrah adalah hal yang besar bagi mereka yang mampu. Muslim bisa, tapi menunda umroh, itu tidak dosa. Bahkan mereka yang melakukannya akan diberi penghargaan. Aplikasi ini mirip dengan Hukum Minggu dalam fungsi ibadah lainnya.

Meskipun ada perbedaan-perbedaan ini, umrah cukup untuk satu kali pelaksanaan, meskipun tidak dilarang melakukannya lebih dari satu kali. Hal ini dijelaskan dalam kitab Imam An Nawawi Kartu Al Majmu Syarh Al Muhadzdzab.

Bagi yang ingin menunaikan umroh, berikut rukun, penjelasan, dan perbedaannya dengan haji

Rukun Umroh Ada Berapa Jenis?
umroh

A. Rukun Umroh Ada Berapa Jenis?

1. Ihram dan niat untuk memulai umrah

Ihram memakai pakaian pria yang menyanjung dan berkerudung. Bagi wanita, ihram boleh memakai pakaian apa saja yang menutupi aurat, masker dan kaos tidak diperbolehkan.

Setelah ihram, jamaah melakukan umrah dan miqat di tempat yang telah ditentukan. Miqas untuk jemaah haji Indonesia biasanya diperoleh dari Bir Al, Dzul Hulaifah dan Tan’im. Setelah Ihram, orang besar harus berpantang dari semua larangan yang dikonfirmasi.

2. Tawaf

Pilar kedua, hawaf, adalah memutar Ka’bah tujuh kali. Tur dimulai berlawanan arah jarum jam dari Hajar Aswad. Jadi selama turbulensi, Ka’bah selalu berada di sisi kiri gereja.

Doa yang dibaca selama Tawaf gratis, seperti yang diharapkan dari setiap Muslim. Setelah mengitari Ka’bah, shalat dilakukan di belakang Maqam Ibrahim. Selama Tawaf, jamaah tidak boleh mendorong atau mengganggu orang lain.

3. Sa’i

Di kolom ketiga ini, para peziarah umrah berlari sedikit di antara bukit Shafa dan Marwa. Sa’i harus dilakukan bersamaan tanpa mengobrol, ke toilet atau aktivitas lainnya.

4. Tahallul

Setelah Tawaf dan sa’i, gereja harus mengakhiri umrah dengan niat. Pada titik ini, jemaah mencukur sebagian rambutnya. Pria sering memilih untuk botak, sementara wanita mencukur rambut mereka di balik syal.

5. Tertib

Setiap jamaah harus menjalankan semua rukun umran dengan urutan yang benar, tanpa meninggalkan apa pun. Semua kegiatan berlangsung dengan tenang, berurutan, tanpa mengganggu ibadah dan kenyamanan jemaah lainnya.

B. Perbedaan Rukun Umrah dan Haji

Haji merupakan ibadah wajib bagi pemeluk agama Islam. Orang yang menunda-nunda, padahal mampu, dianggap berdosa, berbeda dengan umroh yang merupakan ibadah matahari.

Rukun haji berbeda dengan umrah, meski sekilas mirip. Perbedaannya adalah kewajiban berada di Padang Arafah pada waktu yang telah ditentukan. Dengan kata lain, matahari mulai terbenam pada hari ke-9 bulan haji hingga fajar hari ke-10 bulan haji.

Berikut adalah rukun haji yang sempurna:

1. Ihram

2. Hadir di Padang Arafah

3. Tawaf

4. Itu benar

5. Tahalul

6. Pesan.

Inilah penjelasan tentang rukun umroh dan perbedaannya dengan rukun haji. Sekarang sobat otobiez sudah tahu kan, rukun umroh ada berapa jenis? Semoga penjelasan kali ini membantu sobat otobiez dalam menemukan jawaban tentang rukun umroh ada berapa jenis. Terimakasih.