4 Alasan Putin Disebut Pemenang Konflik Rusia-Ukraina-Barat
news.image

4 Alasan Putin Disebut Pemenang Konflik Rusia-Ukraina-Barat

Inilah 4 Alasan Putin disebut pemenang konflik Rusia-Ukraina-Barat. Presiden Rusia Vladimir Putin dinilai sebagai pemenang dari konflik antara Rusia dan Ukraina yang melibatkan Amerika Serikat (AS) dan NATO.

Demikian dikatakan ilmuwan politik Italia Lucio Caracciolo dalam wawancara dengan surat kabar lokal La Stampam, dikutip TASS, Jumat (18 Februari 2022).

Meskipun dia mengatakan terlalu dini untuk menilai, dia yakin Putin telah menang secara taktis. Inilah alasannya:

4 Alasan Putin Disebut Pemenang Konflik Rusia-Ukraina-Barat
newsweek

4 Alasan Putin Disebut Pemenang Konflik Rusia-Ukraina-Barat

1. Rusia kembali diperhitungkan AS

Hal ini tercermin dalam kembalinya Rusia ke peran yang dimaksudkan di Amerika Serikat. Rusia bahkan bernegosiasi untuk memastikan Ukraina tidak bergabung dengan NATO.

“Dia memulai pembicaraan antara Rusia dan Amerika Serikat tentang senjata strategis global, kemudian tentang arsitektur keamanan Eropa, dan memastikan Ukraina tidak bergabung dengan NATO,” katanya.

“Dia (Putin) pada dasarnya mengklaim bahwa Rusia adalah kekuatan besar.”

Peran Rusia juga terlihat dalam menyelesaikan konflik lain, seperti Kazakhstan. Belum lagi pengaruh Moskow yang berkembang di Afrika, katanya.

2. Tidak benar-benar menyerang, hanya mempertahankan ketegangan

Adapun serangan Rusia sendiri di Ukraina, yang diprediksi Barat, Caracciolo mengatakan kemungkinan itu tidak dapat dikesampingkan. Tapi itu akan menjadi kekalahan bagi Putin sendiri.

“Putin menghadapi perselisihan dari Rusia sendiri. Ini akan bertentangan dengan tesis persaudaraan antara Rusia dan Ukraina,” jelasnya dan mencurigai serangan itu.

“Dengan menjaga ketegangan, dia (Putin) mencapai semua tujuannya, dimulai dengan perdebatan tentang keamanan global.”

3. Mengalahkan Ukraina tanpa serangan militer

Dia juga mengatakan bahwa Ukraina tentu bukan prioritas bagi AS. Sehingga hanya bisa mengandalkan dukungan terbatas dari Amerika Serikat dan Eropa.

Dia menambahkan: “Tidak ada yang mengira mereka bergabung dengan NATO (Ukraina) mereka yang sebenarnya.

Tanpa serangan senjata, dia mengatakan Putin akan “memerintah” Ukraina.

“Putin juga telah mendorong Ukraina ke titik di mana itu akan menjadi tidak menarik bagi investasi asing.”

4. Gas tidak begitu penting, hanya strategi dan geopolitik

Masalah gas, di mana Rusia adalah pengekspor gas terbesar di Eropa, kurang penting.

“Saya tidak berpikir ini perang terhadap gas. Ini adalah permainan strategis dan geopolitik. Bahkan Amerika Serikat tidak tertarik untuk sepenuhnya menghilangkan ketergantungan energi Eropa pada Rusia,” katanya.

Rusia adalah salah satu pengekspor terbesar sumber energi ini. Menurut Eurostat, Rusia akan menyumbang sekitar 38% dari total impor gas alam Uni Eropa hampir 153 miliar meter kubik pada tahun 2020.

Kontribusi Negeri Beruang Es meningkat di Eropa sejak produksi gas di Belanda menurun akibat penutupan ladang gas. Belum lagi penutupan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Prancis dan Pembangkit Listrik Tenaga Batubara (PLTU) Jerman.