Rotasi Bumi Mengakibatkan
ekosistem

Rotasi Bumi Mengakibatkan Apa Saja?

Sobat otobiez penasaran, rotasi bumi mengakibatkan apa saja? Simak penjelasan berikut ini. Negara tempat kita tinggal berputar pada porosnya dari barat ke timur. Waktu rotasi bumi adalah 23 jam 56 menit 4 detik atau sehari. Karena gravitasi, orang tidak bisa merasakan rotasi bumi secara langsung.

Karena perputaran bumi, kita mengenal apa yang disebut dengan pergantian siang dan malam. Namun, selain fakta bahwa pengacau berubah siang dan malam, mereka memiliki banyak konsekuensi lain. Penasaran, apa akibatnya?

Rotasi Bumi Mengakibatkan
cerdika

Rotasi Bumi Mengakibatkan Apa Saja?

1. Terjadinya siang dan malam

Seperti pada ulasan sebelumnya, rotasi bumi dapat menyebabkan siang dan malam. Hal ini dimungkinkan karena bumi memiliki dua bagian. Bagian bumi yang menghadap matahari menerima sinar matahari. Sedangkan bagian bumi yang menjauhi matahari mengalami malam.

2. Perbedaan Kecepatan Gravitasi di Bumi

Hasil rotasi bumi selanjutnya adalah perbedaan percepatan gravitasi bumi, seperti dikutip Ruangguru. Perbedaan percepatan gravitasi disebabkan oleh fakta bahwa bentuk bumi tidak standar di kedua kutub dan mengembang di khatulistiwa. Hal ini menyebabkan perbedaan diameter kutub bumi dan diameter khatulistiwa, sehingga menghasilkan percepatan gravitasi kutub yang lebih tinggi daripada di khatulistiwa.

3. Gerak Semu Matahari

Pergerakan nyata matahari Beberapa orang mungkin berpikir bahwa matahari mengorbit bumi. Padahal, anggapan tersebut salah, spoiler. Faktanya, bumilah yang bergerak mengelilingi matahari. Nah, karena rotasi ini, matahari membuat gerakan pseudo-harian yang membuat matahari seolah-olah mengorbit bumi.

4. Pembagian Zona Waktu

Tidak hanya pergantian siang dan malam, tetapi juga rotasi bumi menyebabkan pembagian zona waktu. Berbicara tentang zona waktu, ada 24 zona waktu di Bumi. Pusat waktu utama adalah di Greenwich, Inggris, pada garis bujur 00 derajat.

Perbedaan waktu satu jam terjadi untuk setiap 150 asteroid longitudinal. Planet di sebelah timur Greenwich memiliki waktu yang lebih cepat daripada Greenwich. Ada waktu yang lebih lambat di bagian barat.

5. Pembelokan Arah Arus Laut

Akibat dari rotasi bumi selanjutnya adalah pembelokan arus laut yang dikenal dengan fenomena Coriolis. Arah arus laut di belahan bumi selatan berputar searah jarum jam. Pada saat yang sama, arah arus laut di belahan bumi utara berlawanan arah jarum jam.

6. Perbedaan Ketebalan Atmosfer

Rotasi bumi menyebabkan perbedaan ketebalan atmosfer bumi. Perbedaan ini disebabkan oleh beberapa alasan, seperti kondisi iklim antara kutub dan khatulistiwa. Lapisan atmosfer bumi terdiri dari stratosfer, troposfer, mesosfer, ionosfer, atmosfer, dan eksosfer.

7. Efek Ketlag Saat Naik Pesawat Terbang

Siapa yang pernah telat naik pesawat? Menurut laporan Scientif, jet lag adalah kondisi psikologis yang disebabkan oleh perubahan ritme sirkadian di meridian dan perubahan waktu dalam sehari. Nah, alasan terbesar adalah rotasi negara, sehingga banyak orang mengalami penundaan setelah penerbangan jarak jauh yang perbedaan waktunya signifikan. Misalnya, saat bepergian dari Indonesia ke Amerika Serikat.

8. Adanya Kehidupan di Bumi

Ternyata rotasi bumi erat kaitannya dengan keberadaan kehidupan di bumi lho, spoiler. Selama bumi berputar, kehidupan di bumi akan terus berlanjut. Sebaliknya, jika tidak ada rotasi, bumi akan terkena panas siang hari selama 6 bulan. Hal yang sama berlaku untuk kedinginan di malam hari, yang berlangsung selama 6 bulan.

9. Bekerjanya Satelit Komunikasi Buatan Manusia

Sempatkah kalian bingung, gimana presenter kabar dapat mengenali ramalan cuaca yang hendak terjalin?

Nah, ramalan cuaca tersebut bisa diprediksi berkat hadirnya satelit buatan manusia yang diterbangkan ke atas bumi.

Ada pula satelit komunikasi yang sanggup menunjang sistem komunikasi jarak jauh, semacam telepon, pengiriman informasi, serta pula internet yang senantiasa kita pakai.

Akibat rotasi bumi yang terjalin, satelit buatan bisa mencakup zona yang terus berubah sehingga sanggup mengirimkan data ke sebagian wilayah.

Sekarang sobat otobiez sudah tahu kan? rotasi bumi mengakibatkan apa saja. Semoga penjelasan kali ini dapat membantu sobat otobiez semua. Tanpa rotasi, makhluk hidup dan tumbuhan sulit berkembang secara optimal.