sumber gambar : wethegeek.com

Mengenal Cloud Storage Penyimpan Tanpa Batas Gratis

Hai sob,,kali ini kita akan membahas tempat penyimpanan tanpa batas yaitu Cloud Storage.Apa kalian tahu apa itu Cloud Storage ?Kini bukan saatnya hanya mengandalkan harddisk dan flashdisk sebagai ruang penyimpanan. Sejak akselerasi internet, media penyimpanan telah menawarkan alternatif baru – penyimpanan cloud. Media berbasis cloud ini saling berhubungan erat dan sangat bergantung pada internet. Sebagai perangkat penyimpanan online, penyimpanan cloud menawarkan sejumlah manfaat yang akan memberi Anda manfaat besar. Lihat artikel berikut untuk informasi mendetail tentang penyimpanan cloud dan manfaatnya dibandingkan penyimpanan offline.

Mengulas Cloud Storage,cara Kerja,Dan Manfaatnya untuk Kalian

Cloud Storage
sumber gambar : tekno.sukabumiupdate.com

Apa itu penyimpanan Cloud Storage?

Cloud storage adalah media penyimpanan file online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk mengakses data. Cloud storage merupakan terobosan baru dalam dunia pengarsipan atau archiving yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan media penyimpanan offline seperti harddisk dan flashdisk. Kemudian data yang tersimpan di cloud tersebut disimpan pada rangkaian server yang dikelola oleh penyedia layanan atau biasa disebut dengan hosting.

Ada kebutuhan yang berkembang untuk mengarsipkan file dengan penyimpanan cloud karena berbagai alasan. Anda tidak perlu khawatir dengan serangan atau kerusakan virus, seperti apa yang bisa terjadi jika Anda menyimpan file ke hard drive atau flash drive Anda. Selain itu, karena semua data disimpan di server, keamanannya dijamin dan tidak akan hilang. Data yang disimpan juga tersedia setiap saat. Selain itu, Anda dapat mengakses data melalui formulir apa pun saat terhubung ke internet.

Anda bisa mendapatkan layanan penyimpanan secara gratis dengan menggunakan penyimpanan cloud dengan kapasitas yang telah ditentukan. Jika Anda menginginkan penyimpanan yang lebih besar, Anda dapat menggunakan layanan penyimpanan cloud berbayar sesuai kebutuhan. Perkembangan cloud storage saat ini berkembang sangat pesat. Contoh media berbasis cloud yang populer saat ini adalah Google Drive, iCloud, OneDrive, dan Dropbox.

Cara kerja penyimpanan Cloud Storage

Proses penyimpanan data pada perangkat penyimpanan berbasis cloud dapat diartikan sebagai pengiriman salinan ke penyedia cloud atau ke lokasi penyimpanan di internet. Server kemudian akan memberi Anda akses untuk mengunduh atau membuat perubahan saat Anda ingin membuka data Anda. Biasanya, layanan penyimpanan berbasis cloud ini tidak hanya mengandalkan satu server. Selain itu, sebagian besar aplikasi penyimpanan cloud tidak perlu diinstal karena sudah diinstal di media web seperti Google Drive. Yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan koneksi internet dan membuat akun untuk menggunakan Google Drive. Seperti yang kita ketahui, Google Drive diperkenalkan oleh salah satu perusahaan besar yaitu Google Inc, jadi Google sendiri adalah servernya.

Manfaat menggunakan penyimpanan Cloud Storage

Sekarang setelah Anda mempelajari apa yang dimaksud dengan penyimpanan berbasis cloud dan cara kerjanya, inilah saatnya untuk mencari tahu manfaat apa yang bisa Anda dapatkan dengan memilihnya. Dengan penyimpanan cloud, risiko kerusakan atau kehilangan data sangat rendah karena data disimpan di server. Plus, Anda tidak memerlukan perangkat keras apa pun untuk menggunakan penyimpanan berbasis cloud karena penyimpanan berbasis cloud hanya mengandalkan koneksi internet untuk mengaksesnya. Ada sejumlah media online gratis di luar sana saat ini, sehingga sangat membantu Anda menghemat uang. Penyimpanan cloud juga merupakan media penyimpanan ekologis karena tidak memerlukan perangkat dan karenanya tidak meninggalkan limbah.

Berikut ini ikhtisar singkat tentang informasi penyimpanan cloud. Media online ini menjadi pilihan yang tepat karena sederhana, gratis dan memiliki banyak manfaat lainnya. Namun, lebih banyak sumber daya diperlukan untuk mendapatkan layanan penyimpanan cloud berkapasitas sangat tinggi.

Nah itulah sahabat seluk beluk mengenai Cloud Storage layanan penyimpanan data maupun file yang bisa di sediakan oleh internet,yang bisa kalian nikmati bahkan secara gratis.