Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Ekonomi Masyarakat
i0.wp

Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Tentu saja ada faktor yang mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat yang sering mempengaruhi kegiatan ekonomi tersebut. Tentunya agar kegiatan ekonomi Indonesia dapat berkembang, kita perlu mengetahui faktor yang mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarkat. Dengan mengetahui faktor-faktor kegiatan ekonomi, kita dapat mengetahui apakah yang telah kita lakukan sudah optimal atau sebaliknya, karena faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat ini dapat menentukan seperti apa perekonomian kita di masa depan?

Perkembangan kegiatan ekonomi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perekonomian suatu negara, baik negara maju maupun negara berkembang memiliki faktor yang sama. Faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan ekonomi tersebut antara lain sumber daya alam, sumber daya manusia, modal dan perkembangan teknologi:

 

Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Ekonomi Masyarakat
blogspot

Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Ekonomi Masyarakat

1. Sumber daya alam

Faktor sumber daya alam merupakan faktor penentu dalam kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi dapat dilakukan pada semua sumber daya alam seperti tanah, udara, mineral, air, tumbuhan, hewan, dll. Dari segi sumber daya alam, Indonesia kaya akan sumber daya alam. Peranan sumber daya alam merupakan bahan dasar dari semua produksi, dimana sumber daya alam tersebut adalah sebagai berikut:

  • Dengan adanya sumber daya alam memungkinkan terciptanya suatu produk yang nantinya dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. (baca lebih lanjut: berbagai sosiopat)
  • Jenis sumber daya alam dapat dikelompokkan menjadi sumber daya hutan, sumber daya pertanian, mineral, non-mineral, perikanan, dll.
  • Dalam pemanfaatan sumber daya alam tentunya harus memperhatikan berbagai dampak yang akan terjadi di masa yang akan datang, karena banyak dari dampak tersebut akan menimbulkan kerusakan lingkungan.
  • Dan ingat bahwa ada sumber daya alam yang tidak terbarukan, sehingga perlu untuk menghitung penggunaan sumber daya alam. (Baca juga: Contoh pengendalian sosial preventif)

Oleh karena itu, terdapat hubungan antara jumlah sumber daya alam dengan laju pertumbuhan kegiatan ekonomi. Semakin banyak sumber daya alam maka semakin meningkat pula kegiatan ekonomi, tetapi sebaliknya semakin berkembang kegiatan ekonomi maka semakin berkurang sumber daya alam. Oleh karena itu, pemanfaatan sumber daya alam harus diatur secara bijaksana agar tidak menjadi langka di masa depan.

2. Sumber Daya Manusia

Selain sumber daya alam, faktor lain yang mempengaruhi kegiatan ekonomi adalah sumber daya manusia. Sumber daya manusia merupakan faktor penting dalam kegiatan ekonomi. Sumber daya manusia memegang peranan penting, yaitu masyarakat menciptakan kegiatan ekonomi dan masyarakat mengembangkan kegiatan ekonomi. Orang-orang dalam bisnis dapat bekerja sebagai karyawan dan pengusaha, dan beberapa peran lainnya adalah:

  • Tentunya dalam kegiatan ekonomi, sumber daya manusia harus selalu profesional dan meningkatkan kualitas.
  • Hal ini karena kompetensi sumber daya manusia memiliki dampak yang besar terhadap pembangunan ekonomi suatu negara.
  • Indonesia adalah salah satu negara terpadat, tetapi Indonesia masih tertinggal dari negara lain dalam hal pengetahuan.
  • Oleh karena itu, sangat dibutuhkan tenaga ahli di bidang tertentu untuk dapat memajukan kegiatan perekonomian negara.
  • Sumber daya alam yang berkualitas sangat berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi.
  • Dampak positifnya menguntungkan diri sendiri, masyarakat dan tentunya negara.

Dalam hal produksi yang berkualitas, masyarakat perlu menyadari pentingnya pendidikan. Setidaknya kita harus bersekolah di SMA atau SMK. Peran pemerintah dicanangkan untuk memberikan pendidikan gratis kepada masyarakat hingga SMA. atau memberikan dukungan fisik dan infrastruktur kepada sekolah-sekolah di daerah terpencil. Sumber daya manusia yang berkualitas memiliki dampak besar pada pembangunan ekonomi negara.

3. Sumber Daya Modal

Faktor ketiga yang mempengaruhi kegiatan ekonomi adalah modal. Ada atau tidaknya modal sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Bagi negara maju, modalnya tentu sangat mencukupi untuk kegiatan ekonomi. Di sisi lain, negara berkembang sangat membutuhkan modal yang besar untuk menjalankan kegiatan ekonominya. Salah satu upaya untuk meningkatkan modal bagi negara berkembang adalah dengan mendirikan dan mengembangkan investasi. Dengan investasi yang dibentuk dan dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan return. Modal adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa, sedangkan modal dapat berupa uang, peralatan, teknologi, dll.

4. Perkembangan Teknologi

Faktor terakhir adalah perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan kegiatan ekonomi. Dengan bantuan teknologi, semua proses manufaktur dapat dilakukan dengan cepat dan diperoleh hasil yang berkualitas tinggi. Teknologi yang terus berkembang sangat mempengaruhi efisiensi dan efektivitas produk. (Baca juga: Contoh Perubahan Sosial Budaya)

Teknologi memiliki dampak besar pada pertumbuhan ekonomi negara. Masih perlunya peningkatan penggunaan teknologi di berbagai sektor perekonomian di negara berkembang, karena hal ini akan menyebabkan pertumbuhan ekonomi di negara berkembang lebih lambat dibandingkan di negara maju. Teknologi sangat penting dalam berbagai proses manajemen sumber daya. Adanya teknologi sangat membantu dalam penanganan sumber daya alam, dengan teknologi pekerjaan manusia tidak terlalu berat dan segala sesuatu menjadi mudah dengan cepat.

Inilah, faktor yang mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat. Diperlukan kesadaran untuk meningkatkan faktor-faktor tersebut agar pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat maju. Sekian pembahasan mengenai materi ini, semoga memberikan banyak manfaat.
Tautan Sponsor