blogspot

Contoh Bentuk Interaksi Dalam Lingkungan

Tahukah sobat otobiez, contoh bentuk interaksi dalam lingkungan? Ekosistem tidak lepas dari hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Dalam lingkungan alam, interaksi komponen biotik dan abiotik dapat terjadi.

Lingkungan alam adalah lingkungan yang berkembang secara alami tanpa campur tangan manusia. Lingkungan terdiri dari sungai, gunung, sawah, rawa, hutan dan sejenisnya.

Lingkungan alam terdiri dari dua komponen utama, yang pertama adalah komponen biotik. Bahan ini terdiri dari makhluk hidup di lingkungan, seperti berbagai tumbuhan dan hewan.

Komponen kedua adalah komponen abiotik. Komponen ini terdiri dari benda mati atau benda mati di lingkungan. Contohnya termasuk batu, tanah, air, udara, sinar matahari, dan sebagainya.

Contoh Bentuk Interaksi Dalam Lingkungan
googleusercontent

Contoh Bentuk Interaksi Dalam Lingkungan

Organisme disebut ekosistem dengan lingkungan alaminya. Mengutip buku Ahmad Husain Ketahanan Lingkungan Dasar, ada interaksi di lingkungan alam antara komponen abiotik dan biotik, atau sebaliknya, dan juga antara komponen yang saling mempengaruhi.

Jadi interaksi apa yang terjadi di lingkungan alam? Simak penjelasan berikut contoh bentuk Interaksi dalam lingkungan:

1. Contoh interaksi komponen abiotik yang mempengaruhi komponen biotik

  • Tanah, suhu dan curah hujan mempengaruhi jenis tumbuhan yang tumbuh di suatu daerah tertentu.
  • Adanya proses fotosintesis, sinar matahari dan karbondioksida membantu tumbuhan dalam melakukan fotosintesis.

2. Contoh interaksi komponen biotik yang mempengaruhi komponen abiotik

  1. Daerah dengan banyak vegetasi mendinginkan suhu udara.
  2. Daerah dengan banyak vegetasi dapat menyimpan lebih banyak air tanah karena tanah di bawah tanaman dapat menyerap air.

3. Contoh interaksi yang melibatkan komponen biotik

  • Berbagai jenis tumbuhan yang tumbuh di suatu daerah juga diikuti oleh berbagai jenis hewan yang hidup di daerah tersebut.
  • Ada simbiosis. Simbiosis adalah hubungan dua makhluk hidup yang berbeda untuk memenuhi kebutuhannya. Misalnya, hubungan antara lebah dan bunga. Lebah mendapatkan madu dari bunga, dan bunga diserbuki oleh lebah.

4. Contoh interaksi komponen abiotik yang mempengaruhi komponen abiotik

  • Ada pelangi. Perbedaan warna pelangi disebabkan oleh penyimpangan cahaya matahari pada jarak yang berbeda. Ini menciptakan pelangi warna.
  • Adanya puting beliung api terjadi di daerah yang ada api dan ada angin di daerah kebakaran. Angin kencang atau lambat kemudian akan mengikuti.

Perlu diperhatikan bahwa pergerakan angin yang cepat menyebabkan terjadinya angin puyuh karena pertemuan dua arah angin yang berbeda. Jika pergerakan angin ini menyentuh area yang terkena kebakaran, api akan menyebar dan mengikuti arus angin puting beliung. Tornado kemudian berubah menjadi tornado api.

Interaksi Manusia dalam Lingkungan Alam

Berawal dari buku ilmiah Modul 7, Interaksi Organisme dengan Lingkungannya yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, manusia termasuk dalam komponen biotik ekosistem. Manusia juga berinteraksi dengan komponen ekosistem hidup dan tak hidup lainnya.

Interaksi antara manusia dengan alam dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu interaksi yang beradaptasi dengan alam dan interaksi dengan alam.

Contoh interaksi yang beradaptasi dengan alam adalah masyarakat yang tinggal di dekat sumber makanannya. Dalam hal ini, waktu tanam disesuaikan dengan musim hujan.

Sementara itu, misalnya, interaksi manusia yang berlaku di alam dimiliki oleh ilmu pengetahuan dan teknologi manusia yang cenderung melakukan upaya-upaya untuk menduduki sumber daya alam. Misalnya, orang mencoba mengubah cuaca dengan mengembangkan teknologi hujan buatan.

Nah, itulah contoh bentuk Interaksi dalam lingkungan. Setiap makhluk hidup saling membutuhkan. Jadi kita harus selalu memperhatikan lingkungan alam agar kesinambungan interaksi tetap berjalan dengan baik, kan, detikers!