Siapa Pelukis Mona Lisa? Mari Simak Fakta Uniknya Tentang Monalisa

Leonardo Da Vinci tumbuh dalam lingkaran artistik di Italia. Banyak lukisannya telah menjadi sejarah seni. Beliau juga merapakan Pelukis Mona Lisa yang melegenda.

Leonardo Da Vinci adalah salah satu pelukis paling terkenal di dunia. Pelukis, pematung, arsitek, dan insinyur Italia ini lahir tepat hari ini, 15 April 1452.

Mari Simak tentang Pelukis Mona Lisa yang melegenda itu

Pelukis Mona Lisa
sumber gambar : static.republika.co.id

Pelukis Mona Lisa itu lahir dari Ser Piero dan Caterina. Ayahnya adalah seorang notaris dan tuan tanah di Florence. Tumbuh dalam keluarga ayahnya, ia menerima pendidikan dasar seperti anak lainnya.

Kecenderungan artistiknya muncul sejak usia dini. Ayahnya mengajak Leonardo Da Vinci, berusia 15 tahun, untuk bertemu dengan seniman Andrea del Verrocchio. Pengenalan ini membawa Leonard untuk berlatih seni lukis, patung, dan seni lainnya.

Dia kemudian bekerja di bengkel seniman Leonardo Da Vinci Antonio Pollaiuolo. Pada 1472 ia diterima di Ordo Pelukis Florentine. Namun, ia bekerja di bengkel seniman senior selama lima tahun lagi, secara mandiri hingga 1481.

Dia pindah ke Milan pada 1482 dan tinggal di sana selama 17 tahun. Dia sangat dihormati dan selalu sibuk sebagai pelukis, pematung dan perencana pesta istana. Ia juga sering berkonsultasi sebagai konsultan teknis di bidang arsitektur, perbentengan dan ketentaraan.

Selama periode ini, Britannica akan menghasilkan enam karya, termasuk lukisan The Virgin of the Rocks (1483-86) dan salah satu lukisannya yang paling terkenal, The Last Supper (1495-1498).

Tidak hanya Leonardo pada saat itu memiliki beberapa siswa dan peserta pelatihan, seperti Giovanni Antonio Boltraffio, Ambrogio de Predis, Bernardino de ‘Conti, Francesco Napoletano, Andrea Solari, Marco d’Oggiono dan Salai.

“Salvator Mundi”, lukisan karya Leonardo Da Vinci

Dia meninggalkan kota pada akhir 1499 atau awal 1500 dan tinggal untuk waktu yang singkat di Venesia sebelum kembali ke Florence. Pada tahun yang sama ia diangkat sebagai arsitek komisi untuk menilai kerusakan pada fondasi dan struktur gereja San Francesco al Monte.

Pada 1503 Leonardo menerima komisi berharga untuk melukis mural di ruang dewan Palazzo Vecchio di Florence, dua kali ukuran Perjamuan Terakhir. Pada tahun yang sama ia mulai melukis Mona Lisa (1503-19).

Peristiwa politik pengusiran sementara Prancis dari Milan pada tahun 1513 memaksa Leonardo, yang saat itu berusia 60 tahun, untuk pindah ke Roma. Dia dan murid-muridnya seperti Melzi dan Salai berharap mendapatkan pekerjaan. Mereka tinggal di sana selama tiga tahun.

Pada tahun-tahun terakhir hidupnya, Leonardo diundang ke Prancis oleh Raja Francis I. Namun, pada tahun 1516, ia meninggalkan Italia selamanya bersama Melzi, muridnya yang paling setia.

Leonardo menghabiskan tiga tahun terakhir hidupnya di kediaman kecil Cloux (kemudian dikenal sebagai Clos-Lucé), dekat kediaman musim panas raja di Amboise di Loire.

Ia bangga menyandang gelar Premier Peintre, Architecte et méchanicien du Roi (pelukis, arsitek, dan insinyur pertama raja).

Pelukis Mona Lisa itu meninggal pada 2 Mei 1519 di Cloux dan beristirahat di gereja Istana Saint-Florentine. Sayangnya gereja dihancurkan selama Revolusi Perancis dan benar-benar dihancurkan pada awal abad ke-19. Jadi makam Leonardo tidak dapat ditemukan.

10 fakta tentang Mona Lisa, lukisan paling populer di dunia

Siapa yang tidak mengenal Mona Lisa? Lukisan wanita cantik ini sangat populer di seluruh dunia dan menjadi salah satu lukisan yang banyak menarik perhatian.

Mona Lisa dilukis oleh Leonardo da Vinci pada abad ke-16. Di balik popularitas lukisan tersebut, ternyata ada fakta menarik tentang Mona Lisa.

Beberapa fakta menarik tersebut dirangkum Suara.com mengutip Mental Floss.

  • Mona Lisa bukanlah nama wanita dalam lukisan tersebut, namun ada yang mengatakan wanita di dalamnya adalah Lisa Gherardini. Seorang wanita dengan suaminya yang kaya, Francesco del Giocondo. Terjemahan Mona Lisa (atau Mona Lisa seperti yang disukai orang Italia) adalah “My Lady Lisa”. Leonardo da Vinci sepertinya tidak pernah selesai melukis. Ketika dia meninggal pada tahun 1519, dia menyerahkannya kepada asistennya.
  • Napoleon jatuh cinta dengan Mona Lisa. Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte menggantung Mona Lisa di kamar tidur istana Tuileries selama sekitar empat tahun. Ketertarikannya pada lukisan tersebut konon menginspirasi seorang cantik Italia bernama Teresa Guadagni, yang sebenarnya adalah keturunan Lisa Gherardini.
  • Dimensi lukisan Mona Lisa tidak begitu besar, seringkali dikira lukisan Mona Lisa berukuran besar. Padahal, lukisan Mona Lisa hanya memiliki berat sekitar 75 cm x 52,5 cm dan beratnya sekitar 8 kg.
  • Alis yang kontroversial Leonardo da Vinci dikatakan telah melukis alis pada Mona Lisa secara detail. Pada saat dia menemukan pindaian digital lukisan itu pada tahun 2007, alisnya telah memudar, membuatnya menjadi bahan kontroversi.
  • Banyak yang patah hati karena Mona Lisa. Lukisan Mona Lisa pertama kali dipamerkan di Louvre pada tahun 1815. Saat itu, banyak pria mengagumi keindahan Mona Lisa dan melakukan hal-hal aneh. Banyak yang menulis surat cinta sementara Louvre membuat kotak surat cinta untuk Mona Lisa. Namun, tidak satupun dari mereka berakhir dengan wanita dalam lukisan itu.
  • Seorang pria meninggal di Mona Lisa Pada tahun 1852, seorang seniman bernama Luc Maspero diduga melompat dari lantai empat sebuah hotel di Paris dan meninggalkan catatan bunuh diri yang berbunyi: “Saya telah berjuang sampai mati dengan senyuman selama bertahun-tahun. Saya . ‘Saya lebih baik mati.
  • Pada tahun 1910, seorang penggemar terpesona berhenti di depan sebuah lukisan yang menggambarkan Mona Lisa dan, segera setelah dia melihatnya, dia menembak dirinya sendiri.
  • 7. Mona Lisa sangat dilindungi Mona Lisa tergantung di tengah Galeri Agung Louvre. Selain itu, potongan itu dikemas dalam kaca antipeluru untuk menghindari ancaman dan cedera.
  • Lukisan Mona Lisa Diserang Siku kiri lukisan Mona Lisa terluka. Cedera ini disebabkan oleh fakta bahwa pada tahun 1956 sebuah batu Bolivia dilemparkan ke lukisan itu. Juga, lukisan Mona Lisa disiram dengan asam, yang menghantam dasar batu. Karena itu, lukisan itu diletakkan di atas kaca antipeluru.
  • Pablo Picasso diduga mencuri lukisan Mona Lisa. Pablo Picasso diinterogasi karena sebelumnya kedapatan membeli barang curian dari Louvre. Karena itu, ketika Mona Lisa hilang, dia dicurigai. Pencurinya, bagaimanapun, adalah seorang karyawan Louvre, Vincenzo Peruggia, yang berkebangsaan Italia. Dia menyembunyikan lukisan itu di bajunya karena dia merasa itu milik tanah airnya dan da Vinci, bukan Prancis.
  • Senyum Mona Lisa berubah saat melihatmu. Sering dikatakan bahwa orang melihat senyum Mona Lisa berubah. Namun, senyumnya tetap sama. Pada tahun 2000, ahli saraf Harvard Dr. Margaret Livingstone menerapkan metode ilmiah mengapa senyum Mona Lisa berubah. Hal ini disebabkan konsentrasi seseorang dan reaksi otak. Makanya ada yang bilang senyum Mona Lisa berubah.

Nah itu lah sahabat sekelumit kisah dari sang Pelukis Mona Lisa yang telah menjadi legenda dunia.Semoga ini dapat menambah pengetahuan kalian ya,terimakasih