gambar : cdn.utakatikotak.com

Beberapa Organ Penyusun Sistem Pencernaan Yang Benar Adalah Yuk kita bahas

Halo guys kali ini kita akan membahas Organ Penyusun Sistem Pencernaan pada manusia.Ada yang tau apa saja mari kita simak selengkapnya.

Sistem pencernaan adalah seperangkat organ dalam tubuh yang digunakan untuk mencerna makanan.

Mencerna makanan yang Anda makan adalah cara tubuh mendapatkan energi. Karena ketika makanan atau minuman tersebut dicerna, akan ada nutrisi yang menjadi energi.

Inilah sebabnya mengapa tubuh yang penuh dengan makanan atau minuman terasa lebih sehat dan dapat bergerak tanpa merasa lemas. Ini jelas berbeda jika seseorang tidak makan.

Mengutip buku harian Agustinaniati tentang sistem pencernaan makanan, proses sistem pencernaan dapat dibagi menjadi dua cara, yaitu proses mekanis dan proses kimia.

Proses mekanisnya adalah mengunyah dengan gigi menggunakan lidah dan mencubit perut.

Proses kimia adalah pembubaran dan pemecahan makanan dengan konversi molekul makanan besar menjadi molekul yang lebih kecil oleh enzim pencernaan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang sistem pencernaan, lihat organ-organ yang berperan penting dalam pencernaan manusia.

Organ penyusun sistem pencernaan

Organ Penyusun Sistem Pencernaan.
gambar : http://assets.kompasiana.com/

Mengutip Sistem Organ pada Manusia, Dr. Ramlawati, M. Ya, organ-organ yang menyusun sistem pencernaan mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Lihat penjelasan di bawah ini.

Makanan yang masuk ke mulut terlebih dahulu melewati mulut.

Mulut

Mulut ini memiliki lidah dan gigi yang mengunyah makanan menjadi potongan-potongan kecil. Ini akan membuat makanan lebih mudah dicerna.

Setelah pencernaan di mulut, makanan masuk ke

kerongkongan

Bentuk kerongkongan dianggap mirip dengan pipa air sepanjang 25-30 cm. Makanan hanya bertahan 6 detik di kerongkongan dan tidak ada proses pencernaan yang terjadi.

Namun, sebelum masuk ke kerongkongan, makanan melewati tenggorokan atau tenggorokan. Ada epiglotis di tenggorokan untuk mencegah makanan masuk ke saluran udara. Saat tertelan, epiglotis memblokir saluran udara.

Setelah kerongkongan, makanan masuk ke organ lain, yaitu lambung.

lambung

Di perut ini, makanan dicerna secara mekanis karena perut memiliki lapisan otot.

Karena adanya lapisan otot ini, perut dapat membuat kontraksi yang mencerna makanan dan, ketika dicampur dengan enzim, membentuk bubur.

Saat lambung mencerna, makanan masuk ke usus halus.

usus halus

Pada tahap ini, usus halus memiliki struktur yang disebut bulu halus. Fungsinya adalah untuk memperluas permukaan usus, meningkatkan penyerapannya.

Ada zat di usus kecil yang tidak diserap. Oleh karena itu, zat tersebut bergerak ke usus besar.

usus besar

Di usus besar, sisa makanan dipecah oleh bakteri Escherichia coli.

Juga, salah satu fungsi usus besar adalah menyerap air yang tersisa dalam makanan. Sebuah katup kemudian memastikan bahwa sisa makanan yang masuk ke usus besar tidak kembali ke usus kecil.

Di usus besar, sisa makanan menjadi feses dan masuk ke anus.

anus

Kotoran ini dikeluarkan ketika orang mengosongkannya. Proses ini juga disebabkan oleh otot-otot dinding perut.

Nah itulah sahabat urutan Organ Penyusun Sistem Pencernaan pada manusia yang bisa saya sajikan untuk sahabat semuanya,terimakasih