Atom dan Ion
slidesharecdn

Perbedaan Atom dan Ion Serta Molekul Berikut Contohnya

Atom dan Ion Serta Molekul – Semua bahan di dunia ini mengandung partikel yang lebih kecil. Komposisi suatu zat mengandung atom dan ion, serta molekul.

Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian atom dan ion, serta molekul, serta perbedaan atau persamaan antara ketiga unsur tersebut.

Pengertian Atom dan Ion serta Molekul

Atom dan Ion
blogspot

A. Atom

Filsuf Yunani Leukippos dan Democritus pertama kali menemukan atom sekitar 450 SM.

Menurut mereka, atom adalah partikel yang sangat kecil yang membentuk partikel yang tidak dapat dibagi lagi.

Atom berasal dari kata Yunani Atomos, yang berarti “nol,” dan tomos, “terbagi.”

John Dalton menyatakan pada tahun 1808:

Setiap elemen terdiri dari partikel terkecil yang tidak terbagi yang disebut atom.

– Semua atom dari unsur yang sama memiliki ukuran dan massa yang sama. Atom-atom dari unsur yang berbeda memiliki massa yang berbeda.

– Atom tidak dapat dimusnahkan, dimusnahkan atau diciptakan melalui reaksi kimia.

– Atom-atom pereaksi kimia tersusun dalam suatu tatanan baru dan saling mengikat dalam proporsi tertentu (model atom Dalton).

B. Molekul

Molekul adalah kombinasi dari dua atau lebih atom dari unsur yang sama atau berbeda. Jika atom-atom dari unsur yang sama terikat satu sama lain, mereka disebut molekul unsur (contoh: O 2 atau oksigen).

Ketika atom dari unsur yang berbeda terikat satu sama lain, itu disebut molekul senyawa (contoh: CO2 atau karbon dioksida).

Jika partikel terkecil dari unsur logam adalah atom, partikel terkecil dari unsur nonlogam dapat berupa atom atau molekul.

Misalnya, gas mulia (VIIIA) terdiri dari partikel atom. Unsur-unsur golongan halogen (VIIA) terdiri dari molekul-molekul unsur.

C. Ion

Meskipun Dalton mengklaim pada awal abad ke-19 bahwa partikel terkecil dalam materi adalah atom, sebuah penelitian pada pertengahan abad ke-19 menunjukkan bahwa sebagian besar materi tidak terdiri dari atom tetapi partikel bermuatan yang disebut ion.

Ion memiliki ukuran yang mirip dengan atom dan molekul. Contohnya adalah adanya ion dalam muatan listrik yang dapat mengalir melalui larutan garam dan air. Dalam larutan garam meja atau garam cair, ion negatif dan positif memiliki muatan listrik.

Berbeda dengan arus yang melewati logam, elektron dalam logam membawa arus.

Logam membentuk ion bermuatan positif yang disebut kation. Ion-ion unsur non-logam sebagian besar membentuk ion atau anion bermuatan negatif.

Atom dan Ion, Serta Molekul Dalam Kehidupan Sehari-hari

menurut halaman bsd. Pendidikan.id, partikel materi dapat berbentuk atom, molekul, atau ion, sehingga tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang sehari-hari.

Misalnya, dalam pembuatan larutan gula dan garam, partikel gula dan garam menyebar ke seluruh kaca saat dicampur sampai tidak lagi terlihat dengan mata telanjang.

Meski esensi gula dan garamnya tidak terlihat, namun tidak hilang dan bisa dirasakan di lidah. Partikel gula asin yang larut disebut molekul gula karena tidak kehilangan sifat aslinya.

– Atom

Sangat mudah untuk membuktikan bahwa ada atom dalam kehidupan sehari-hari. Coba gosokkan balon berisi udara ke sweter. Setelah dipijat, balon bisa menempel di langit-langit untuk sementara waktu.

Ini karena permukaan yang mengkilap menarik listrik ke rajutan karena gesekan elektron negatif. Balon menempel pada langit-langit karena langit-langit memiliki muatan positif, sehingga menarik elektron negatif dari balon.

Hal yang sama dapat dilakukan dengan penggaris yang bila digosokkan ke rambut menyebabkan kertas lengket karena mengandung elektron.

Segala sesuatu yang ada adalah kumpulan dari milyaran atom. Misalnya, udara adalah kumpulan atom oksigen, seperti halnya zat lainnya. Garam yang merupakan kumpulan atom natrium dan klorida. Air, yang merupakan kumpulan atom H dan O.

– Ion

Meskipun ion tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, mereka ada dan membentuk segalanya. Misalnya dalam bahasa Inggris adalah garam MgSO4, yang membentuk ion Mg2+ dan ion SO4 yang dilarutkan dalam air. Garam NaCl yang dapat dimakan dilarutkan dalam air dan diubah menjadi ion Na + dan ion Cl.

Tubuh manusia membutuhkan jenis ion tertentu, seperti ion besi, untuk membentuk hemoglobin dalam darah. Proses metabolisme dalam tubuh berlangsung dalam bentuk ion dan dengan bantuan ion.

Ion Na + dan K + sangat penting untuk pengangkutan zat antar organ dalam tubuh secara terus menerus.

Baterai dan akumulator dapat bekerja karena ada arus listrik dalam reaksi kimia. Larutan elektrolit yang digunakan adalah larutan yang terionisasi, yang pada akhirnya dapat menimbulkan arus listrik. Minuman isotonik mengandung jutaan ion yang dibutuhkan oleh tubuh.

– Molekul

Molekul sangat umum dalam kehidupan sehari-hari. Contoh molekul unsur adalah gas oksigen (O2), gas nitrogen (N2), gas hidrogen (H2), gas klorin (Cl2) dan lain-lain.

Contoh molekul rekombinan adalah air (H2O), karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), amonia dalam urin (NH3), dan lain-lain.