Cara Meredakan Batuk Secara Alami
mediasuara

Ketahui Cara Meredakan Batuk Secara Alami

Cara meredakan batuk secara alami – Batuk adalah reaksi alami tubuh terhadap zat asing yang terang atau iritasi dari tenggorokan atau saluran udara. Biasanya batuk dibagi menjadi dua jenis, yaitu batuk berlendir dan tidak berlendir.

Biasanya batuk hanya sesekali dan tidak berlangsung lama. Meskipun beberapa batuk dapat sembuh dengan sendirinya, jangan anggap enteng. Batuk harus diatasi dengan cara yang bijaksana, tidak mengganggu aktivitas sehari-hari dan tidak berkembang menjadi penyakit yang mempengaruhi kesehatan seluruh tubuh, seperti anoreksia, lemas, sakit kepala, susah tidur, sakit tenggorokan.

Cara Meredakan Batuk Secara Alami
tstatic

Penyebab dan Faktor Risiko Batuk

Batuk biasanya disebabkan oleh gangguan pernapasan, infeksi virus atau bakteri. Infeksi saluran pernapasan dan infeksi seperti faringitis, radang tenggorokan, sinusitis dan TBC sering batuk.

Selain itu, batuk mungkin disebabkan oleh iritasi pernapasan atau debu dan kontaminasi. Batuk juga bisa terjadi akibat reaksi alergi.

Siapapun bisa terkena batuk tanpa memandang usia atau jenis kelamin. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko batuk dan memperburuk batuk yang sudah ada, antara lain:

  • Memiliki kebiasaan merokok.
  • Anda pernah menderita alergi atau asma.
  • Tinggal atau tinggal di lingkungan yang kotor dengan polusi udara yang tinggi.
  • Memiliki penyakit paru-paru seperti bronkitis dan PPOK.

Cara Cepat Mengatasi Batuk

Batuk biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari tanpa perawatan khusus. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat penyembuhan, yaitu:

  • Istirahat yang cukup dan perbanyak minum air putih.
  • Minum obat batuk alami, seperti campuran jus lemon dan madu.
  • Berkumurlah secara teratur dengan air garam untuk menghilangkan dan menghilangkan lendir.
  • Letakkan beberapa bantal di bawah punggung Anda saat Anda tidur sehingga kepala Anda lebih tinggi dari tubuh Anda.
  • Jaga agar ruangan bebas dari debu dan kotoran, termasuk yang menempel pada kipas angin atau AC. Juga, jaga kebersihan barang-barang yang sering Anda sentuh, seperti ponsel.
  • Berhenti merokok dan hindari perokok pasif.
  • Kenakan masker, terutama saat bekerja di area berdebu.
  • Sering-seringlah mencuci tangan, terutama setelah batuk dan sebelum dan sesudah makan, ke toilet dan merawat orang sakit.

Untuk membuat batuk lebih cepat hilang, Anda bisa minum obat batuk tergantung jenis batuknya. Obat batuk yang mengandung difenhidramin hidroklorida dan amonium klorida dapat menjadi alternatif untuk meredakan batuk, terutama batuk yang disebabkan oleh alergi. Selain itu, kadar kedua obat ini juga dapat membantu Anda beristirahat.

Jika Anda mengalami batuk produktif, Anda bisa memilih obat batuk yang mengandung bromohexine hydrochloride dan guaifenesin. Kedua herbal tersebut berfungsi sebagai dahak yang encer, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Karena tidak menyebabkan kantuk, Anda bisa melanjutkannya dengan normal setelah minum obat batuk ini.

Anda harus waspada jika batuk terus menerus dan berlangsung lebih dari tiga minggu. Kondisi ini memerlukan penanganan segera karena batuk yang tidak kunjung reda merupakan gejala penyakit serius seperti bronkitis kronis dan batuk rejan.

Untuk menghindari efek samping yang berbahaya, Anda harus hati-hati membaca informasi penggunaan obat dalam kemasan. Jika batuk Anda memburuk, tidak membaik dalam lebih dari tiga minggu, berhubungan dengan nyeri dada, sesak napas, dan penurunan berat badan, segera hubungi dokter. Orang takut bahwa batuk adalah gejala penyakit yang membutuhkan perawatan segera.

6 Cara Meredakan Batuk Secara Alami

Ada banyak cara meredakan batuk secara alami. Batuk dapat terjadi kapan saja, bahkan jika pasien dalam kondisi baik.

Batuk adalah reaksi alami dalam tubuh untuk mengeluarkan berbagai zat asing atau sesuatu yang mengiritasi saluran pernapasan.

Biasanya batuk dibagi menjadi dua jenis, yaitu batuk berdahak dan tidak berdahak.

Nah, inilah cara meredakan batuk dengan bahan alami:

1. Teh madu

Cara meredakan batuk dengan teh yang dicampur madu sebenarnya sudah menjadi pengetahuan jangka panjang. Menurut beberapa penelitian, madu memang bisa meredakan batuk. Dalam sebuah penelitian, madu bahkan lebih efektif daripada obat batuk dekstrometorfan.

2. jahe

Selanjutnya, cara meredakan batuk secara alami dengan jahe. Jahe dapat meredakan batuk kering atau asma karena memiliki sifat anti inflamasi. Jahe juga bisa mengurangi rasa sakit dan mual.

Cara meredakan batuk dengan jahe adalah dengan merendam jahe dalam bentuk irisan segar dalam secangkir air panas. Biarkan hangat selama beberapa menit sebelum diminum.

Kemudian tambahkan madu atau jus lemon untuk meningkatkan rasa dan meredakan batuk.

3. Air panas

Hidrasi sangat penting bagi orang yang sedang batuk atau pilek. Studi menunjukkan bahwa minum air hangat dapat meredakan batuk, pilek, dan bersin.

4. Uap

Batuk basah yang menghasilkan lendir atau lendir dapat diredakan dengan uap. Nah, sauna juga merupakan obat batuk alami.

Anda bisa menggunakan mangkuk berisi air panas dan mencampurnya dengan minyak esensial seperti minyak kayu putih.

Anda dapat mengangkat kepala di atas mangkuk selama 5 menit. Tutupi kepala Anda dengan handuk untuk hasil terbaik dan tanpa membuang tenaga.

5. Berkumur dengan air garam

Cara tradisional meredakan batuk adalah berkumur dengan air garam. Obat sederhana ini adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk sakit tenggorokan dan batuk kering.

Air garam mengurangi lendir dan lendir di bagian belakang tenggorokan, yang dapat meredakan batuk.

Cara mereduksi batu dengan air garam adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat hingga larut. Biarkan larutan agak dingin sebelum digunakan untuk berkumur. Biarkan campuran duduk di tenggorokan Anda untuk sementara waktu sebelum muntah.

6. Nanas

Bromelain adalah enzim yang berasal dari nanas. Zat ini paling melimpah di jantung buah. Bromelain memiliki sifat anti-inflamasi dan mungkin juga memiliki sifat mukolitik, yang berarti dapat memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh.

Beberapa orang meminum jus nanas setiap hari untuk mengurangi dahak di tenggorokan dan meredakan batuk.

Itulah beberapa cara meredakan batuk secara alami.