sumber gambar : informazone.com

Rotasi Bumi Mengakibatkan Beberapa Fenomena Unik di Muka Bumi

Hai sahabat dalam kesempatan kali ini saya akan menyajikan mengenai bab rotasi bumi.Apakah kalian tahu bahwa rotasi bumi mengakibatkan beberapa fenomena unik.
Agar kalian tidak penasaran mari simak beberapa fenomena yang di akibatkan oleh rotasi bumi.

Bumi tempat kita tinggal berputar pada porosnya dari barat ke timur. Rotasi bumi adalah 23 jam 56 menit 4 detik atau sehari. Karena gravitasi, manusia tidak secara langsung merasakan rotasi bumi.

Rotasi Bumi Mengakibatkan Beberapa Fenomena Unik,apa sajakah itu? simak selengkapnya

Rotasi Bumi Mengakibatkan
sumber gambar : www.caraprofesor.com

Terjadi sepanjang hari

Seperti pada ulasan sebelumnya, rotasi bumi dapat menyebabkan siang dan malam. Hal ini dapat terjadi karena bumi memiliki dua bagian. Bagian bumi yang menghadap matahari akan mengalami sinar matahari. Sedangkan bagian bumi yang jauh dari matahari tinggal malam.

Perbedaan kecepatan gravitasi bumi

Hasil rotasi bumi selanjutnya adalah perbedaan percepatan gravitasi bumi, seperti dikutip dari Ruangguru. Perbedaan percepatan gravitasi disebabkan oleh kenyataan bahwa bentuk Bumi tidak standar di kedua kutub dan mengembang di khatulistiwa. Hal ini menyebabkan perbedaan diameter kutub bumi dan diameter ekuator, sehingga percepatan gravitasi kutub-kutub tersebut lebih besar daripada di wilayah ekuator.

Pergerakan matahari Beberapa orang mungkin berpikir bahwa matahari berputar mengelilingi Bumi. Memang anggapan ini salah lho, sahabat. Faktanya, Bumilah yang berputar mengelilingi Matahari. Nah, berkat rotasi ini, Matahari memiliki gerakan pseudo-harian yang membuat Matahari seolah-olah berada di orbit mengelilingi Bumi.

Departemen Zona Waktu

Tidak hanya pergantian siang dan malam, tetapi juga rotasi bumi menyebabkan pembagian zona waktu. Berbicara tentang zona waktu, ada 24 zona waktu di Bumi. Pusat waktu itu sendiri terletak di Greenwich, Inggris, pada 00. bujur.

Ada perbedaan satu jam untuk setiap perbedaan panjang 150. Bagian bumi di sebelah timur Greenwich lebih cepat dari Greenwich. Sedangkan barat lebih lambat, sahabat.

Pembelokan arus laut

Akibat dari rotasi bumi selanjutnya adalah penyimpangan arah arus laut atau efek Coriolis. Arah arus laut di belahan bumi selatan searah jarum jam. Sedangkan arah arus laut di belahan bumi utara berlawanan arah jarum jam.

Perbedaan ketebalan atmosfer

Rotasi bumi menyebabkan perbedaan ketebalan atmosfer bumi. Perbedaan ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti kondisi iklim antara zona kutub dan ekuator. Lapisan atmosfer bumi terdiri dari stratosfer, troposfer, mesosfer, ionosfer, termosfer, dan eksosfer.

Efek jetlag duduk di pesawat

Siapa yang pernah mengalami jet lag setelah naik pesawat? Scientif melaporkan bahwa jet lag adalah kondisi psikologis akibat perubahan ritme sirkadian karena perjalanan di meridian dan panjang hari yang bervariasi. Nah, alasan utamanya adalah rotasi Bumi, sehingga banyak orang mengalami jet lag setelah penerbangan jarak jauh dengan penundaan waktu yang signifikan. Misalnya, perjalanan dari Indonesia ke Amerika.

Ada Kehidupan di Bumi

Ternyata, rotasi Bumi erat kaitannya dengan keberadaan kehidupan di Bumi lho, sahabat. Saat Bumi berputar, kehidupan di bumi terus berlanjut. Sebaliknya, jika tidak ada rotasi, Bumi akan panas pada siang hari selama 6 bulan. Begitu pula dengan flu pada malam hari, yang terjadi 6 bulan yang lalu.

Inilah delapan efek rotasi bumi yang memiliki efek menguntungkan bagi kehidupan manusia. Tanpa rotasi, organisme dan tumbuhan sulit berkembang secara optimal.

Rotasi Bumi Mengakibatkan Beberapa Fenomena Unik di Muka Bumi yang sudah saya jelaskan di atas semoga bisa menambah wawasan kepada sahabat sekalian ya,jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentarnya,,terimakasih.