sumber gambar : 2.bp.blogspot.com

6 Makna Unik Rumah Joglo Penuh Filosofi Jawa

Salah satu rumah adat yang paling terkenal di Jawa Tengah adalah Casa Joglo. Makna Unik Rumah Joglo tidak hanya indah dan banyak filosofisnya, namun keunikannya juga menjadi daya tarik tersendiri.

Joglo berasal dari kata Tajug Loro (Juglo) yang berarti dua gunung. Kedua gunung ini terlihat jelas dari bentuk atap rumah Joglo. Namun seiring perkembangannya, penyebutan kata Juglo berubah menjadi Joglo, seperti yang dikenal Detikers saat ini.

Rumah Joglo merupakan rumah adat yang bahan utamanya adalah kayu jati. Joglo biasanya dibangun oleh orang-orang dengan status sosial tinggi, seperti bangsawan atau bangsawan, karena membutuhkan biaya yang besar.

Namun seiring berjalannya waktu, rumah joglo dapat dibangun oleh berbagai kalangan dan sering digunakan di gedung atau perkantoran pemerintahan.

Rumah Joglo awalnya berbentuk bujur sangkar, namun terus berkembang dan dimodifikasi dengan penambahan ruangan. Akhirnya penambahan tersebut menjadi beberapa tipe rumah Joglo baru seperti Joglo Jompongan, Joglo Ceblokan, Joglo Pengrawit, Joglo Mangkurat dan lain-lain.

Lalu apa Makna Unik Rumah Joglo? Berikut ulsannya

Makna Unik Rumah Joglo
sumber gambar ; www.rumahjoglosambolo.com

1. Arsitektur dan atap yang unik

Rumah Joglo terlihat unik dari atapnya. Karena di bagian tengah rumah terdapat 4 tiang yang lebih tinggi untuk menopang atap.

Keempat pilar ini disebut pilar guru. Filosofi empat pilar adalah gambaran kekuatan empat arah penting. Oleh karena itu, masyarakat percaya bahwa mencari tempat berteduh di Rumah Joglo dapat menghindari bencana.

Bahan yang digunakan untuk membuat atap biasanya terbuat dari genting. Namun sebelum menggunakan genteng, atap rumah Joglo dibuat dari anyaman alang-alang. Bahan alami asli ini membuat rumah Joglo sejuk dan segar.

Sementara itu, ruangan yang berbeda di dalam rumah juga menjalankan fungsi yang berbeda. Bangunan rumah Joglo juga menggunakan nilai filosofi Jawa di semua bagian.

2. Pintu utama ada di tengah rumah

Selain itu, bagian unik lainnya dari rumah Joglo adalah pintunya. Rumah Joglo memiliki tiga pintu, satu di tengah pintu utama dan pintu lainnya di kedua sisi (kiri dan kanan) di lantai bawah.

Penataan pintu ini melambangkan kupu-kupu yang tumbuh subur dan berjuang dalam sebuah keluarga besar. Selain itu, filosofi setengah pintu adalah keterbukaan dan kedekatan dengan penghuni dan tamu rumah.

3. Memiliki teras yang luas

Keunikan lain dari rumah Joglo adalah terasnya yang agak besar. Teras yang luas ini memiliki fungsi tersendiri, seperti halnya rumah-rumah adat lainnya di Jawa Tengah. Fungsi teras yang luas adalah untuk menjalin hubungan sosial, seperti silaturahim antara penghuni rumah dengan masyarakat lainnya.

Keunikan Casa Joglo yang kaya akan filosofi Jawa bisa diakses dengan klik disini

4. Ruangan khusus yang disebut Gedongan

Ruangan ini digunakan sebagai tempat berlindung, tempat kepala keluarga mencari ketenangan batin, tempat beribadah atau tempat kegiatan sakral lainnya.

Gedongan juga bisa digunakan sebagai tempat istirahat. Terkadang ruangan ini juga digunakan sebagai ruangan untuk pengantin baru yang dirajut.

5. Dihiasi dengan jendela besar

Di rumah Joglo, penyidik menemukan belasan jendela besar. Bentuk jendela besar ini merupakan peninggalan kolonial Belanda, namun jendela Rumah Joglo dibuat dengan kombinasi arsitektur Jawa.

6. Memiliki pagar

Di rumah Joglo, pagarnya tidak terbuat dari bilah bambu. Pager ini berasal dari semak yang tingginya kurang dari satu meter. Tujuan penggunaan pagar adalah untuk memudahkan interaksi antar tetangga atau masyarakat.

Rumah Joglo yang luas tidak hanya unik, tetapi juga memiliki beberapa bagian ruangan, yaitu:

itu. bangunan paviliun

Di depan rumah Joglo terdapat tempat untuk menerima tamu, mengadakan pertemuan penting atau kegiatan sosial lainnya.

B. tinggi

Bangunan yang menghubungkan bangunan paviliun dengan bangunan rumah. Bagian ini biasanya digunakan untuk menerima kerabat dekat.

Selain itu, bangunan ini juga cocok untuk ringgit yang artinya wayang atau wayang golek.

C.di rumah

Bangunan utama kompleks Joglo merupakan tempat berkumpulnya keluarga kecil. Rumah bagian dalam dibagi menjadi beberapa ruangan atau ruangan.

D. Senhong

Bagian belakang rumah Joglo, yang biasanya memiliki tiga buah kaset audio. Bangsal memiliki tempat tidur, pantry untuk makanan dan ruang di tengah untuk menyimpan benda-benda suci.

Setelah mengetahui berbagai rumah unik Joglo, apakah Anda menemukannya di sekitar tempat tinggal Anda?