Gerak Semu Matahari.
sumber gambar : saatsantai.com

Gerak Semu Matahari Mengelilingi Planet Bumi

Matahari terbit adalah contoh pergerakan harian Matahari yang terlihat.Di sini saya akan menjelaskan secara singkat mengenai Gerak Semu Matahari Mengelilingi Planet Bumi
ini.Ada yang sudah tahu?bagi yang masih penasaran mari simak ulasan si bawah ini secara seksama.

Gerak semu Matahari didefinisikan sebagai Matahari yang tampak bergerak. Sedangkan di Tata Surya Matahari sebagai pusat Tata Surya tidak bergerak melainkan planet-planet yang bergerak mengelilingi Matahari.

Gerak Semu Matahari
sumber gambar : lh5.googleusercontent.com

Pergerakan Bumi menyebabkan pergerakan semu Matahari Rotasi Bumi menyebabkan pergerakan semu Matahari setiap hari Rotasi Bumi Oleh karena itu menyebabkan pergerakan semu tahunan Matahari.

Memahami geraksemu matahari

1. Gerakan semu harian

Gerakan harian Matahari yang tampak karena rotasi Bumi. Foto: Nasa
Setiap hari, gerakan semu Matahari disebabkan oleh rotasi Bumi. Kita di Bumi melihat Matahari bergerak dari timur ke barat. Faktanya, Bumi berputar dari barat ke timur.

Mengapa disebut gerakan harian semu? Karena kita para pengamat dapat melihat pergerakan Matahari yang tampak setiap hari, seolah-olah terbit di timur dan terbenam di barat.

Gerakan nyata Matahari pada siang dan malam menyebabkan Bumi. Belahan yang terkena sinar matahari mengalami siang dan belahan bumi lainnya mengalami malam.

Karena rotasi bumi yang terus menerus dari barat ke timur, menyebabkan perbedaan jam siang dan malam.

Jadi kami mengenali perbedaan waktu antar negara. Misalnya, saat Anda berada di Jakarta, jam menunjukkan pukul 08:00 WIB. Teman-teman yang ada di Tokyo, sudah pukul 10.00 WIB.

2. Gerakan semu tahunan hari ini

Gerak semu tahunan Matahari karena rotasi Bumi. Foto: Nasa
Karena gerakan tahunan Matahari yang tampak, Matahari bergerak dari utara ke selatan.

Mengacu pada seribu bulu dalam fisika, gerakan tahunan Matahari yang tampak ini disebabkan oleh rotasi Bumi mengelilingi Matahari.

Pada tanggal 21 Maret dan 23 September, Matahari berada di atas Khatulistiwa setiap tahun. Oleh karena itu, Indonesia merasa terik matahari sangat terik.

Sedangkan pada 21 Juni, posisi Matahari berada pada 23,5 derajat Lintang Selatan. Jadi pada tanggal 22 Desember posisi Matahari berada pada 23,5 derajat Lintang Utara.

Dampak gerak semu Matahari ini disebabkan oleh rotasi Bumi yang orbitnya berbentuk elips, diikuti oleh perbedaan musim di belahan bumi sepanjang tahun.

Ada empat musim di beberapa negara: musim semi, musim gugur, musim panas, dan musim dingin.

Berikut ini adalah rincian musim di belahan bumi utara dan selatan dari Bumi kita dan tata surya:

Distribusi musim di belahan bumi utara:

  • Musim Semi: 21 Maret-21 Juni
  • Musim panas: dari 21 Juni hingga 23 September
  • Musim Gugur: 23 September – 22 Desember
  • Musim Dingin: 22 Desember-21 Maret
  • Pembagian musim di belahan bumi selatan :
  • Musim Semi: 23 September-22 Desember
  • Musim Panas: 22 Desember-21 Maret
  • Musim Gugur: 21 Maret-22 Juni
  • Musim Dingin: dari 21 Juni hingga 23 September

Ini adalah penjelasan tentang gerak semu Matahari yang disebabkan oleh rotasi dan rotasi Bumi.Semoga sahabat sekalian bisa mengambil ilmu dari artikel ini ya,,terimakasih.