Pengertian PHP X-Ray Cloudlinux

Pengertian PHP X-Ray Cloudlinux, Manfaat, dan Cara Menggunakan di cPanel

Apakah Anda sudah melakukan berbagai metode optimasi, tetapi website Anda masih berjalan lambat? Mungkin ada yang salah dengan situs Anda. Tapi, dari mana? Jadi daripada mencoba mencari tahu alasannya, coba gunakan PHP X-Ray Cloudlinux. Otobiez kali ini akan membahas Pengertian PHP X-Ray Cloudlinux, Manfaat, dan Cara Menggunakan di cPanel.

PHP X-Ray Cloudlinux merupakan fitur cPanel yang dapat digunakan untuk mengetahui penyebab website lambat. Dari sana, Anda dapat menyelesaikan masalah dengan cepat dan mudah.

Mari kita lihat lebih dekat Pengertian PHP X-Ray Cloudlinux, apa itu, manfaatnya untuk situs web, dan cara menggunakannya di cPanel. Baca terus, oke!

Pengertian PHP X-Ray Cloudlinux

 

Pengertian PHP X-Ray Cloudlinux

Pengertian PHP X-Ray Cloudlinux adalah fitur yang khusus untuk Cloudlinux, sistem operasi khusus server. PHP X-Ray Cloudlinux memiliki fitur yang mengoptimalkan kecepatan situs CMS berbasis PHP. Misalnya WordPress, Drupal dan Joomla.

PHP bekerja dengan memantau kinerja dan masalah situs web. Nah, hasil pelacakan diperlakukan sebagai laporan yang menyertakan faktor-faktor yang membuat situs web Anda lambat. Anda kemudian dapat segera mengoptimalkan situs Anda berdasarkan analisis sinar-X.

Dengan begitu, Anda tidak perlu menebak apa alasan sebenarnya. Anda bahkan tidak perlu meminta bantuan dari forum komunitas atau dukungan pengembang. Karena hasil analisis sistem operasi khusus untuk server sudah cukup membantu Anda menyelesaikan penyebab masalah website Anda dengan cepat dan akurat.

Nah, bagi kamu yang ingin menggunakan fitur yang satu ini bisa langsung menemukannya di halaman utama cPanel hosting. Tapi sebelumnya, ketahui dulu semua keunggulan PHP!

Manfaat Fitur PHP X-Ray Cloudlinux

Secara umum, sistem operasi khusus untuk server angat berguna untuk mempercepat kinerja sebuah website. Anda dapat merasakan ini setelah Anda memperbaiki masalah dengan situs web, menurut laporan X-Ray.

Misalnya, sistem operasi khusus untuk server Cloudlinux melaporkan bahwa salah satu plugin yang diinstal memengaruhi pemuatan situs web. Dari sana, Anda dapat segera menonaktifkan ekstensi.

Selain itu juga mampu mendeteksi perintah database yang memperlambat sebuah website. Misalnya, perintah menampilkan statistik pengunjung untuk situs web. Dengan begitu Anda tidak hanya menunjukkan statistik ini.

Tidak hanya itu, sistem operasi khusus untuk server dapat mengonfigurasi permintaan eksternal dan fungsi sistem lainnya. Jika sesuatu terbukti memperlambat situs Anda, Anda dapat menonaktifkannya kecuali benar-benar diperlukan.

Nah, ternyata sistem operasi khusus untuk server memiliki banyak manfaat untuk situs CMS. Selanjutnya, ikuti tutorial penggunaan fitur ini di cPanel!

Cara Menggunakan PHP X-Ray di cPanel

Selain Pengertian PHP X-Ray Cloudlinux diatas, kalian wajib tahu cara menggunakannya di cPanel. Untuk menggunakan PHP X-Ray Cloudlinux di cPanel, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Persiapan
  2. Buka cPanel
  3. Setup X-Ray App
  4. Tunggu Proses Tracking
  5. Periksa Analisa X-Ray
  6. Lakukan Optimasi Website

Yuk simak penjelasan tiap langkahnya!

Langkah 1: Persiapan

Sebelum Anda mempraktekkan tutorial PHP X-Ray di cPanel, Anda perlu mempersiapkan dua hal:

  • PHP X-Ray didukung oleh layanan hosting seperti Unlimited Enterprise Hosting dan paket Niagahoster Cloud Hosting.
  • Situs dengan sistem manajemen konten berbasis PHP seperti WordPress, Joomla, Drupal, Magento dan OpenCart.

Pada artikel ini, kita akan menggunakan Cloud Hosting dan CMS WordPress.

Langkah 2: Buka cPanel

  • Setelah kedua hal diatas sudah anda siapkan, langkah selanjutnya adalah pindah ke cPanel. Caranya adalah login dulu ke member area Niagahoster.
  • Gulir ke bawah Area Anggota untuk menemukan layanan. Kemudian klik Kelola Penyimpanan.
  • Pada halaman Pengaturan Hosting, pilih cPanel > Semua Properti.

Langkah 3: Setup X-Ray App

Di cPanel, gulir ke bawah ke menu Perangkat Lunak. Jika sudah, klik Aplikasi X-Ray.

  • Pada halaman PHP X-Ray, klik tombol Mulai Pelacakan.
  • Jendela pop-up Mulai Pelacakan muncul. Masukkan URL situs web di kolom kiri. Kemudian isi kolom yang benar dengan subdomain website Anda. Jika tidak ada subdomain, gunakan ‘/’. Kemudian klik Jalankan.
  • Anda akan kembali ke halaman sebelumnya. Ketuk Pembaruan otomatis untuk memperbarui informasi pelacakan Anda secara otomatis.

Langkah 4: Tunggu Proses Tracking

Selanjutnya, PHP X-Ray Cloudlinux mengumpulkan informasi tentang semua aktivitas yang terjadi di situs web. Waktu yang diperlukan untuk melacak bervariasi tergantung pada jumlah fitur di situs Anda.

Namun, sebaiknya tunggu setidaknya dua hingga tiga jam untuk mendapatkan hasil analisis web yang akurat.

Langkah 5: Periksa Analisa X-Ray

Setelah menunggu proses tracking, kembali ke halaman PHP. Kemudian klik icon mata pada kolom Actions untuk melihat hasil analisa jaringan.

Anda akan diarahkan ke halaman Sesi Tersimpan. Ini menunjukkan jumlah sesi yang berhasil dilacak oleh fitur.

Contoh ini menunjukkan bahwa sesi memperlambat situs.

Untuk mengetahui apa yang terjadi selama sesi, klik kolom merah di dalam rincian.

Anda dapat melihat laporan analisis web di bawah PHP X-Ray Cloudlinux.

Langkah 6: Lakukan Optimasi Website

Berdasarkan hasil analisis X-Ray, ekstensi All in One SEO dan Elementor benar-benar memperlambat situs. Sekarang saatnya untuk menonaktifkan keduanya.

  • Anda harus terlebih dahulu masuk ke dashboard WordPress Anda. Cara termudah adalah melalui halaman Pengaturan Arsip di Member Area. Kemudian klik Kelola WP > Login WordPress.
  • Anda akan dibawa ke Dashboard WordPress. Klik Plugin> Plugin Terpasang di sini.
  • Temukan plugin SEO All in One. Kemudian klik Nonaktifkan untuk menonaktifkan plugin.
  • Kemudian temukan ekstensi Elementor dan lakukan hal yang sama.

Selamat! Anda telah berhasil menyelesaikan penggunaan PHP X-Ray di cPanel. Kini performa website Anda jauh lebih cepat dari sebelumnya.

Yuk Gunakan PHP X-Ray Cloudlinux!

PHP X-Ray adalah fitur dari sistem operasi Cloudlinux yang sangat berguna untuk memonitor kinerja sebuah website. Dari ekstensi pihak ketiga, perintah database hingga fungsi sistem lain yang diterapkan di situs. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengoptimalkan situs Anda untuk kecepatan.

Bagi Anda yang ingin mencoba ini, Anda dapat menemukannya di cPanel hosting Niagahoster. Ada paket Business Unlimited Hosting atau Niagahoster Cloud Hosting yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain PHP X-Ray, fitur lain yang ditawarkan cukup lengkap. Dari server web LiteSpeed untuk akses situs web ultra-cepat, Advance for Web Developer untuk pengelolaan situs web yang mudah, malware, dan keamanan DDoS untuk keamanan situs web.

Demikian artikel kali ini, mengenai Pengertian PHP X-Ray Cloudlinux, Manfaat, dan Cara Menggunakan di cPanel, semoga bermanfaat. Jika Anda masih memiliki pertanyaan, tulis di kolom komentar. Sampai jumpa lagi!