Software Firewall

6 Rekomendasi Software Firewall Gratis Terbaik untuk PC Windows

Dunia maya sama komprehensifnya dengan dunia berbahaya, jadi penting untuk melindungi diri Anda secara proaktif dari semua bahaya yang menyerang Internet. Seiring dengan meningkatnya kejahatan dunia maya, pengguna online yang peduli dengan keamanan dunia maya mereka perlu menginstal perangkat lunak keamanan terbaik yang tersedia untuk menghindari menjadi korban kejahatan dunia maya yang tak berdaya. Sementara kebanyakan orang menginstal beberapa bentuk perangkat lunak antivirus di komputer mereka, hanya sedikit yang menyadari bahwa sistem keamanan jaringan juga merupakan bagian penting dari keamanan jaringan. Terlepas dari platform yang Anda gunakan, Anda harus memastikan bahwa perangkat Anda memiliki sistem keamanan jaringan aktif untuk keamanan dan privasi Anda.

Artikel berikut membahas beberapa software firewall gratis terbaik yang dapat Anda instal di komputer Windows Anda sekarang, tetapi sebelum itu, mari kita lihat apa sebenarnya sistem keamanan jaringan itu dan bagaimana menggunakannya. mengapa kita harus menggunakannya lebih serius dari biasanya.

Software Firewall

 

Apa itu Software Firewall dan mengapa itu dibutuhkan?

Software Firewall adalah sistem keamanan jaringan yang memantau lalu lintas ke dan dari perangkat dan perangkat yang terhubung ke jaringan (biasanya Internet) dan bertindak sebagai deteksi intrusi dan mekanisme ekstrusi untuk mencegah serangan. Teknologi tersebut dapat berupa paket perangkat lunak yang dapat diinstal pada perangkat komputer pribadi, atau sistem keamanan jaringan berbasis perangkat keras yang biasanya dijalankan pada sistem terpisah untuk melindungi seluruh jaringan dari peretas. Sementara yang terakhir seringkali lebih mahir dalam menghentikan upaya penyusupan, mereka juga jauh lebih mahal dan kompleks daripada sistem keamanan jaringan perangkat lunak, yang seringkali tersedia secara bebas. Untuk tujuan artikel ini, kami akan membatasi pengetahuan kami tentang Perangkat Lunak sistem keamanan jaringan gratis terbaik yang dapat Anda instal di komputer Windows Anda:

1. Firewall dasar gratis terbaik – ZoneAlarm

ZoneAlarm adalah salah satu program sistem keamanan jaringan tertua dan terpopuler di Windows, dengan dua avatar berbeda – versi gratisnya menawarkan sebagian besar fitur dasar yang Anda harapkan dari sistem keamanan jaringan modern, dan versi berbayar menawarkan lebih banyak lonceng dan peluit. Versi gratisnya memiliki kemampuan untuk menyembunyikan gerbang terbuka dan juga mengidentifikasi dan mengisolasi lalu lintas yang mencurigakan. Versi terbaru dari perangkat lunak ini juga dapat terhubung ke DefenseNet untuk menerima pembaruan keamanan waktu nyata tentang ancaman baru. Secara keseluruhan, ini adalah salah satu program sistem keamanan jaringan pihak ketiga yang paling komprehensif dan disesuaikan yang dapat Anda instal di komputer Anda.

Namun, seperti hal terindah dalam hidup, ZoneAlarm bukannya tanpa masalah. Pertama, perusahaan perlahan-lahan menghapus beberapa fitur terbaik dari program dari versi gratis, yang tidak lagi memiliki perlindungan HIPS (Server Intrusion Prevention System). Program ini juga secara tradisional memiliki konflik sesekali dengan beberapa program antivirus pihak ketiga, tetapi bekerja dengan baik dengan Windows Defender.

2. Firewall gratis terbaik dengan perlindungan HIPS – Comodo

ZoneAlarm sangat bagus dalam hal ini, dan sudah ada selama beberapa dekade. Namun, jika Anda menginginkan sistem keamanan jaringan berfitur lengkap dengan perlindungan HIPS gratis, Comodo sistem keamanan jaringan adalah opsi yang perlu Anda pertimbangkan. Perangkat lunak ini dilengkapi dengan pemantauan aktif ‘Defense +’, yang merupakan bahasa Comodo untuk perlindungan HIPS. Comodo juga memungkinkan pengguna untuk mengontrol program mana yang dapat mengakses Internet dan mana yang tidak, dan dilengkapi dengan “firewall memori” yang mencoba melindungi dirinya dari serangan buffer overflow. Program ini juga menyediakan perlindungan kotak pasir, pemblokiran iklan, dan server DNS terpisah.

Comodo Firewall, mungkin sistem keamanan jaringan gratis terbaik dan paling serbaguna yang dapat Anda gunakan di komputer Anda saat ini, tetapi pastikan untuk memilih “instalasi manual” daripada instalasi default untuk mencegah penginstalan perangkat lunak tambahan. program.

3. Firewall Gratis Terbaik untuk Pembagi File – PeerBlock

PeerBlock adalah program sistem keamanan jaringan yang bekerja dengan memblokir lalu lintas ke dan dari alamat IP yang telah ditentukan. Program memblokir koneksi keluar dan masuk, tetapi pengguna memiliki hak untuk menentukan zona IP mana yang diblokir dan mana yang tidak. Anda dapat menggunakan banyak daftar publik I-Blocklist yang tersedia secara bebas, atau bahkan membuat daftar muslia IP Anda sendiri yang kemudian dapat Anda gunakan untuk memblokir lalu lintas.

Setelah instalasi, Anda akan diminta untuk mengonfigurasi perangkat lunak agar dapat mengunduh berbagai daftar alamat IP dari vendor adware, pengecer spyware, lembaga pemerintah, atau organisasi anti-p2p yang terkenal. Setelah Anda memilih kategori, daftar akan diunduh dan alamat IP Anda akan masuk daftar hitam dan diperbarui secara otomatis tanpa tindakan apa pun dari Anda.

Meskipun program itu sendiri tidak lagi dalam pemeliharaan aktif, versi terbaru stabil, kompatibel dengan Windows 10, dan dapat memperbarui daftar filter secara teratur. Karena sensitivitas protokol peer-to-peer, Anda tetap harus mendaftar ke layanan VPN jika Anda adalah pengunduh torrent yang berat.

4. Firewall Ringan Terbaik – Tinywall

USP TinyWall sejauh ini merupakan program yang paling intensif sumber daya, menghabiskan lebih dari 1 MB ruang disk selama instalasi. Sorotan, bagaimanapun, adalah bahwa itu bukan sistem keamanan jaringan yang terpisah, karena perangkat lunak ini dirancang untuk bekerja dengan Windows Firewall bawaan untuk mengontrol beberapa fiturnya. Tidak seperti beberapa perangkat lunak lain dalam daftar ini, TinyWall tidak menggunakan pop-up, yang sering mengganggu alur kerja Anda.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan TinyWall, kecuali bahwa tidak ada pembicaraan tentang dialog yang sebenarnya. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, semua pengaturan dan konfigurasi dapat diakses dari menu pop-up, yang mungkin memerlukan waktu untuk membiasakan diri, bahkan jika itu tidak mengganggu Anda.

5. Anak baru di blok – GlassWire

Sementara sistem keamanan jaringan lain dalam daftar adalah nama-nama yang telah ada selama lebih dari satu dekade, GlassWire baru muncul beberapa tahun yang lalu. Memang untuk sebagian besar alat pemantauan jaringan, tetapi memungkinkan Anda untuk secara manual memblokir lalu lintas masuk atau keluar yang Anda anggap mencurigakan. Meskipun ini tentu saja bukan solusi keamanan yang lengkap, masih berguna untuk melihat aplikasi atau layanan mana yang menelepon ke rumah tanpa izin Anda dan seberapa sering.

GlassWire merekam aktivitas jaringan pada komputer klien dan dengan mudah membuat bagan terstruktur yang dikategorikan berdasarkan jenis lalu lintas, aplikasi, dan lokasi geografis. Meskipun ini adalah alat kecil yang hebat untuk memantau koneksi Anda untuk kontrol yang lebih tepat, itu tentu saja bukan sistem keamanan jaringan berfitur lengkap dan pada kenyataannya, itu bergantung pada Windows sistem keamanan jaringan, yang melakukan semua pemblokiran.

Tentu saja, GlassWire memiliki level gratis, jika tidak maka tidak akan ada dalam daftar “Firewall Gratis Terbaik” kami, tetapi ia juga memiliki tiga opsi berbayar yang berbeda (Basic, Pro & Elite) yang dilengkapi dengan lonceng dan peluit. Bahkan jika Anda tidak memilih versi berbayar, versi gratisnya pasti patut dicoba jika hanya salah satu presentasi lalu lintas visual terbaik yang pernah kami lihat.

6. Solusi Dalam – Windows Firewall

Banyak dari Anda mungkin tidak mengetahui hal ini, tetapi Anda telah menginstal sistem keamanan jaringan bawaan Microsoft pada instalasi Windows Anda. Meskipun Windows sistem keamanan jaringan adalah lelucon sepanjang masa di masa Windows XP, perangkat lunak telah berkembang secara signifikan selama dekade terakhir dan sekarang menjadi salah satu firewall paling kuat dan paling tidak invasif yang tersedia pada sistem berbasis Windows. Di sisi positifnya, perangkat lunak ini dikatakan lulus semua tes login dan port tersembunyi dan tidak mengganggu pengguna dengan banyak peringatan pop-up, tidak seperti banyak firewall “lengkap”.

Perlindungan keluarnya, di sisi lain, sering dipertanyakan, tetapi kecuali Anda memiliki komputer yang penuh dengan malware yang menyebabkan segala macam koneksi tidak sah memakan bandwidth Anda dan berpotensi membahayakan perangkat Anda, Windows Firewall adalah segalanya. Anda butuhkan.

Software Firewall gratis terbaik untuk PC Windows

Firewall adalah bagian penting dari keamanan komputer Anda, dan bila digunakan dengan benar bersama dengan perangkat lunak anti-malware, dapat melindungi perangkat Anda dari banyak situasi yang berpotensi berbahaya. Oleh karena itu, perlindungan terbaik yang bisa Anda dapatkan di dunia maya adalah akal sehat Anda sendiri.

Bagaimanapun, kami sekarang telah membawakan Anda daftar perangkat lunak sistem keamanan jaringan Windows PC gratis terbaik. Anda dapat mencoba beberapa di antaranya jika Anda tidak puas dengan sistem keamanan jaringan Windows default Anda. Atau apakah Anda menggunakan sesuatu yang sangat Anda sukai dan menurut Anda seharusnya ada dalam daftar di atas? Tinggalkan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah karena kami akan senang mendengar dari Anda.