Software CRM

Mengenal Software CRM, Fitur, dan Manfaat serta Pilihan Software CRM

Secara bahasa, Software CRM adalah singkatan dari “Customer Relationship Management”, yang berarti sebuah aplikasi yang dirancang untuk mengelola atau mengoperasikan konsumen dari saat mereka masih menjadi pelanggan potensial, konsumen menjadi pelanggan. Dengan software CRM, kita dapat dengan mudah mengelola database pelanggan kita.

Software CRM

Fitur – Fitur Software CRM

1. Menangkap Peluang

Lead atau prospek memainkan peran yang sangat penting dalam membangun database pelanggan, semua pelanggan dimulai dengan lead. Dengan menggunakan Software Customer Relationship Management, kami dapat dengan mudah menangkap prospek masa depan pengunjung situs web dan memasukkan mereka ke dalam sistem sehingga kami dapat dengan mudah melacak, mengkategorikan, mengeluarkan peringkat, dan akhirnya mengubahnya menjadi pembeli dan kemudian mengubahnya menjadi pelanggan.

2. Email otomatis

Software Customer Relationship Management juga memudahkan pengiriman email secara otomatis saat pengunjung mengisi formulir di situs web kami. Dikombinasikan dengan “Otomasi Pemasaran” yang sudah ada di sistem ERP, itu menjadi sistem yang sangat efisien untuk menerapkan rencana pemasaran yang ditargetkan dan otomatis.

3. Mengklasifikasikan Prospek ke Calon Pembeli

Mengklasifikasikan atau mengelompokkan setiap prospek ke dalam grup tertentu, menilai dan bahkan menentukan nilai ekspektasi penjualan adalah cara paling efektif untuk mengelola efektivitas prospek. Dengan mengklasifikasikan dan mengelompokkan lead, kita dapat dengan mudah membedakan mana lead yang direkomendasikan dan mana yang tidak.

4. Jadwal Pelacakan

CRM juga menyediakan fitur yang memungkinkan Anda menjadwalkan pelacakan prospek dalam bentuk rapat, panggilan telepon, pesan teks, atau email. Beberapa Software CRM bahkan memiliki kemampuan untuk secara otomatis melacak jenis teks (SMS dan email). Dengan fitur ini, kami kehilangan lebih sedikit peluang pelacakan karena sistem Customer Relationship Management secara otomatis memberi tahu Anda jika waktu pelacakan sudah dekat. Notifikasi tersebut bisa berupa notifikasi di komputer kita atau bahkan pesan ke email kita.

5. Integrasi ke dalam email, telepon, pesan teks, obrolan

Jika sejauh ini rekaman percakapan dengan prospek telah terpecah menjadi beberapa saluran seperti email, janji temu, panggilan, ayah, dan banyak saluran lainnya, sangat mudah untuk diintegrasikan ke dalam sistem Customer Relationship Management. kepada kami karena semua log obrolan dapat digabungkan menjadi satu sistem CRM. Kami juga sangat mudah melihat capaian dari diskusi-diskusi sebelumnya.

6. Integrasi ke dalam penjualan

Setelah semua negosiasi telah dilakukan dan penjualan telah dilakukan, sistem CRM ini dengan mudah mengintegrasikan data ke dalam aplikasi penjualan. Secara otomatis membuat faktur dan juga mengonversi menjadi penjualan. Jika kita menggunakan sistem ERP, maka secara otomatis juga akan membuat jurnal di sistem akuntansi kita.

Manfaat menggunakan Software CRM

1. Membuat manajemen prospek

Menjadi mudah Kemampuan pengelompokan, integrasi, dan penjadwalan Software CRM kami membuat pengelolaan database referensi Anda menjadi sangat mudah. Kita tidak perlu lagi membuka email, chat, sms, telepon, atau melihat record secara terpisah.

2. Mengetahui lokasi calon pelanggan atau calon pembeli

Dengan menggunakan software CRM, kita juga dapat dengan mudah mengetahui lokasi calon pelanggan, membedakan mana yang menjadi prioritas dan mana tindak lanjutnya.

3. Lacak riwayat percakapan dengan mudah

Integrasi dengan email, pesan teks, telepon, dan bahkan jejaring sosial memungkinkan Anda melacak riwayat percakapan dengan pelanggan Anda.

4. Membuat lebih mudah untuk menyimpan jadwal pelacakan.

Software CRM juga sangat berguna bagi kami dalam melacak, menjadwalkan, dan mengirimkan notifikasi ke pelanggan.

5. Memfasilitasi penyediaan “after sales” yang berkualitas

Berkat sistem yang terintegrasi, tidak hanya menjadikan calon pelanggan pembeli, tetapi juga mengelola pelanggan secara optimal dan memberikan layanan berikut dengan penjualan yang berkualitas tinggi.

Pilihan Software CRM

Ada banyak pilihan Software CRM di pasar, beberapa vendor CRM utama adalah:

  • Odoo
  • Salesforce
  • Sugar CRM
  • Vtiger CRM
  • Agile CRM
  • Bitrix24
  • Capsule CRM
  • Hubspot CRM

Tips untuk memilih Software CRM

1. Ketahui kebutuhan bisnis Anda

Tidak semua jenis bisnis cocok untuk pengguna CRM, misalnya retailer sebenarnya tidak perlu menggunakan CRM, meskipun akan lebih baik jika Anda menggunakannya untuk kelompok pelanggan tertentu. Jika Anda berada di industri jasa, software CRM akan sangat membantu tim penjualan Anda.

2. Memilih Software CRM dengan Dukungan Komunitas

Ada banyak pilihan Software CRM di pasaran. Kami menyarankan Anda memilih salah satu yang memiliki komunitas besar untuk mempertahankan dukungan berkelanjutan untuk Software CRM Anda. Untuk saat ini, kami masih merekomendasikan Odoo sebagai pilihan terbaik untuk Software CRM.

3. Dukungan sistem yang baik

Pemeliharaan sistem dan peningkatan fitur adalah hal yang perlu Anda perhatikan saat menerapkan Software CRM atau bahkan sistem ERP di perusahaan Anda. Pilih perusahaan berkinerja tinggi yang menawarkan layanan terbaik.

Itu adalah pengenalan singkat tentang sistem CRM. Anda dapat menghubungi kami jika Anda masih belum sepenuhnya memahami apa yang kami jelaskan di atas. Kami juga akan terus meningkatkan kualitas artikel ini.