Pengertian Software Matlab dan Kegunaannya

Apa itu Software Matlab?

Software Matlab adalah singkatan dari MATrix LABoratory karena semua data di Software Matlab menggunakan basis matriks. Software Matlab adalah bahasa pemrograman yang canggih, tertutup dan peka huruf besar/kecil dalam lingkungan komputasi digital yang dikembangkan oleh MathWorks. Salah satu manfaatnya yang paling populer adalah kemampuan untuk membuat grafik dari gambar terbaik. Software Matrix Laboratory memiliki banyak alat yang dapat membantu dalam berbagai industri. Inilah salah satu alasan mengapa industri menggunakan Software Matrix Laboratory. Selain itu, Software Matlab memiliki banyak library yang sangat berguna untuk menyelesaikan masalah seperti merancang simulasi fungsi, model matematika, dan antarmuka pengguna grafis.

Software Matlab

Kegunaan Software Matlab

Software Matlab digunakan oleh mahasiswa, teknisi, peneliti di universitas, lembaga penelitian dan industri sebagai alat untuk melakukan perhitungan matematis untuk berbagai keperluan. Umumnya digunakan dalam penelitian, pengembangan sistem dan desain sistem. Tidak seperti bahasa pemrograman lainnya, Software Matlab merupakan bahasa pemrograman tertutup. Oleh karena itu, yang dikembangkan oleh MathWorks harus digunakan untuk mengkompilasi program Software Matlab. Selain itu, Software Matrix Laboratory mendukung pemrograman interpreter untuk mengeksekusi beberapa perintah secara langsung melalui CLI (command line interface).

Beberapa contoh aplikasi Matlab

1. Matematika

Sebagai ilmu yang disebut “mother of science”, Software Matlab tentu saja dapat membantu memecahkan masalah matematika dari perhitungan rutin, simulasi fungsi, dan pemodelan matematika.

2. Statistika

Statistika adalah cabang matematika yang mempelajari desain, pengumpulan, analisis, interpretasi, dan penyajian data. Software Matrix Laboratory juga menawarkan berbagai alat statistik, seperti deret waktu, jaringan saraf, dan banyak lagi.

3. Finansial

Software Matlab dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah keuangan seperti inflasi, suku bunga dan masalah kompleks lainnya. Banyak alat, seperti deret waktu keuangan.

4. Teknologi dan komputer

Software Matrix Laboratory dapat membantu dengan desain sistem dan analisis algoritma. Banyak alat yang tersedia, seperti Fuzzy Logic Designer, Control System Modifier, Control System Designer, Linear System Analyzer, Nervous System Fuzzy Designer, dan System Identifier.

5. Biologi

Dunia menjadi semakin maju, dua ilmu yang berbeda berdasarkan biologi dan teknologi sekarang dapat digabungkan. Memungkinkan analisis sistem organ manusia, jaringan, bahkan DNA, dan desain organ buatan. Banyak alat yang bisa digunakan, seperti Molecular Viewer, Symbiology.

6. Komunikasi dan Jaringan

Industri terbesar di seluruh dunia menggunakan Software Matlab untuk menganalisis evolusi sistem dan jaringan telekomunikasi. Banyak alat Software Matrix Laboratory untuk area ini seperti Bit Error Rate Analysis, Signal Analysis dan lain-lain.

Ruang Lingkup Penggunaan Matlab:

  • Disain matematis
  • Pemodelan sistem matematis
  • Pengolahan informasi matematis( sinyal, citra serta lain- lain)
  • Simulasi, baik yang real time ataupun tidak
  • Visualisasi 2D serta 3D
  • Tools analisis&testing

Sebab keahlian komputasi matematisnya yang besar, library program perhitungan yang lengkap, dan tools disain serta analisis matematis yang telah ada hingga Matlab begitu banyak digunakan di bidang- bidang pembelajaran serta studi riset( akademis ataupun industri) di dunia. Matrix Laboratory digunakan mulai dari mengarahkan siswa tentang matriks, grafik guna matematik, sistem kontrol, pengolahan citra, pengolahan sinyal, hingga dengan memprediksi( forecasting) harga saham dan disain persenjataan militer berteknologi besar.

Ada sebagian bidang yang sangat kerap memakai Matrix Laboratory selaku aplikasi pembantu:

  • Bidang MIPA, paling utama matematika tercantum statistik( aljabar linier, diferensial, integrasi numerik, probability, forecasting), fisika( analisis gelombang), serta hayati( computational biology, matematika genetika)
  • Bidang teknik( engineering), paling utama elektro( analisis rangkaian, sistem kontrol, pengolahan citra serta pengolahan sinyal digital), mesin( disain wujud perlengkapan/ mesin, analisis sistem kalor)
  • Bidang ekonomi serta bisnis, paling utama dalam perihal pemodelan ekonomi, analisis finansial, serta peramalan( forecasting)

Perkembangan Matlab

Sebab kebutuhan yang besar terhadap program pc yang sediakan tools komputasi, pemodelan serta simulasi dengan bermacam fasilitasnya, hingga bermacam fitur ditambahkan kepada Matlab dari tahun ke tahun. Matrix Laboratory saat ini telah dilengkapi dengan bermacam sarana ialah Simulink, Toolbox, Blockset, Stateflow, Real Time Workshop, GUIDE serta lain- lain. Tidak hanya itu hasil dari program Matlab telah bisa diekspor ke C/ C++, Visual Basic, Fortran, COM, Java, Excel, serta website/ internet. Dengan demikian hasil dari Matlab bisa dikompilasi serta jadi program yang waktu eksekusinya lebih kilat, dan dapat diakses dengan bermacam metode.

Tidak hanya Matrix Laboratory sesungguhnya telah terdapat sebagian aplikasi komputasi lain yang sejenis, tetapi tidak selengkap serta tumbuh sebagus Matlab. Tidak hanya itu Matlab ada buat bergai platform pc serta sistem pembedahan. Sampai saat ini Matlab senantiasa jadi aplikasi terbaik buat komputasi matematik, baik di dunia pc Macintosh ataupun Komputer, yang sistem operasinya Windows maupun Linux/ Unix.

Sekian artikel Apa itu Software Matlab, Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang tersayang. Terima kasih..